Pengertian Psikologi (Artikel Lengkap)

loading...

Psikologi adalah ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari pikiran, mental, dan tingkah laku manusia secara ilmiah. Orang yang memiliki keahlian akademik di bidang psikologi disebut psikolog. Psikologi juga disebut ilmu jiwa. Dalam bahasa Inggris, psikologi disebut psychology.

Bagian dari: Psikologi (Artikel Lengkap)

1. Asal Mula Kata Psikologi

Etimologi kata psikologi merupakan kata serapan bahasa Inggris psychology yang berasal dari bahasa Yunani ψυχή (psukhē) yang berarti “napas, batin, dan jiwa” dan mendapat akhiran –λογία (-logia) yang berarti “studi” atau “penelitian”. Sehingga secara harfiah, psikologi berarti studi tentang psikis atau jiwa. Kata Latin psychologia pertama kali digunakan oleh seorang humanis Kroasia-Latin Marko Marulić dalam bukunya yang berjudul Psichiologia de ratione animae humanae antara akhir abad ke-15 masehi sampai awal abad ke-16 masehi. Referensi tertua saat ini yang menuliskan kata psychology pada bahasa Inggris adalah yang ditulis oleh Steven Blankaart pada tahun 1694 yang berjudul The Physical Dictionary. Di dalam buku tersebut tertulis “Anatomi memperlakukan tubuh, dan psikologi memperlakukan jiwa.”

2. Sejarah Pengertian Psikologi

Pada tahun 1890, William James mengartikan psikologi sebagai “ilmu tentang mental makhluk hidup, termasuk fenomenanya dan kondisinya”. Defini tersebut diterima selama beberapa dekade. Namun, pengertian tersebut tergantikan oleh definisi psikologi menurut John Watson pada tahun 1913 yaitu disiplin psikologi sebagai pengambilan informasi yang berguna untuk mengendalikan tingkah laku.

3. Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian psikologi menurut beberapa ahli psikologi bisa berbeda-beda karena menyangkut kejiwaan manusia. Selain pengertian psikologi di atas, berikut adalah beberapa contoh lainnya:

  1. Crow & Crow: Psikologi adalah tingkah laku manusia dan interaksi manusia dengan dunia sekitarnya.
  2. Chaplin (1972): Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.
  3. Richard Mayer (1981): Psikologi adalah analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.


Sumber:

  1. Psychology (https://en.wikipedia.org/wiki/Psychology)
  2. PENGERTIAN PSIKOLOGI (https://annissayudhakusuma.wordpress.com/2014/06/03/pengertian-psikologi/)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment