6 Penyakit Yang Dapat Menyebabkan Sakit Kepala

loading...

Sakit kepala adalah penyakit yang ditandai dengan rasa sakit yang teramat sangat di otak. Sekitar 90% sakit kepala disebabkan oleh panas dan kondisi yang buruk yang disebut sakit kepala primer. Sedangkan sisanya disebabkan oleh penyakit lain. Sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit lain disebut sakit kepala sekunder. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sakit kepala. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 8 Penyakit yang Menyerang Kepala Manusia
  1. Meningitis adalah radang pada meninges. Peradangan tersebut dapat menyebabkan demam, leher kaku, dan sakit kepala.
  2. Hemorrhagia intrakranial adalah pendarahan di dalam otak. Pendarahan ini sangat berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini dapat menyebabkan sakit kepala, mual, muntah, menurunnya kesadaran, dan tekanan darah tinggi.
  3. Hemorrhagia subarachnoid adalah pendarahan di bagian ruang subarachnoid. Ruang subarachnoid terletak di antara arachnoid dan piamater yang mengelilingi otak. Pendarahan ini dapat terjadi secara spontan dan dapat menyebabkan sakit kepala.
  4. Tumor otak juga dapat menyebabkan sakit kepala. Namun penderita akan mengalami mual dan muntah terlebih dahulu selama berminggu-minggu sebelum sakit kepala dimulai.
  5. Temporal arteritis adalah penyakit inflamasi pada pembuluh darah (terutama arteri besar dan sedang) di kepala. Biasanya terjadi pada orang berusia antara 70 tahun. Penyakit ini dapat menyebabkan demam, sakit kepala, dan kehilangan berat badan.
  6. Glukoma akut adalah penyakit yang ditandai dengan adanya peningkatan tekanan pada bola mata. Penyakit ini juga dapat menyebabkan sakit kepala yang diawali dengan sakit pada bagian mata dan pandangan kabur.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment