10 Bagian-Bagian Otak Manusia Beserta Fungsinya

loading...

Otak manusia adalah pusat sistem saraf pada manusia. Letaknya di dalam kepala dan dilindungi oleh tulang tengkorak. Struktur otak manusia secara umum sama seperti otak hewan mamalia lainnya namun memiliki korteks serebri yang lebih berkembang. Hewan berukuran besar seperti paus dan gajah memiliki otak yang berukuran lebih besar, tetapi jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, perbandingannya lebih kecil dari perbandingan ukuran otak manusia dengan manusia. Otak manusia yang berukuran besar tersebut terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah bagian-bagian otak manusia beserta fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 3 Susunan Saraf Pusat (Artikel Lengkap)

anatomi otak manusia

1. Korteks Serebri

Korteks serebral adalah bagian terluar otak besar, sehingga disebut juga korteks otak besar. Warnanya lebih gelap dibandingkan bagian dalam otak besar (daerah putih) sehingga disebut daerah abu-abu. Karena cukup tebal dan terlipat-lipat, korteks serebri mendominasi volume otak besar. Bagian ini juga memiliki neuron. Fungsi korteks serebri adalah untuk mengatur kegiatan sensorik, motorik, dan asosiatif.

2. Otak Besar

Otak besar (cerebrum/serebrum) adalah bagian terbesar dalam otak. Otak besar terbagi menjadi empat lobus dan terdapat dua bagian. Fungsi otak besar adalah untuk mengatur indera dan otot.

3. Basal Ganglia

Basal ganglia atau ganglia dasar adalah materi abu-abu di bagian dalam belahan otak. Fungsi basal ganglia adalah untuk mengontrol kognisi, melakukan koordinasi gerakan, dan pengaturan gerakan tak sadar. Kerusakan pada basal ganglia dapat menyebabkan terjadinya penyakit Wilson dengan gejala sering melakukan kegiatan motorik yang tidak diinginkan.

4. Diensefalon

Baca juga: 8 Penyakit yang Menyerang Kepala Manusia

Diensefalon (diencephalon) adalah bagian dalam otak yang terdiri dari pretalamus, zona limitans intrathalamica, talamus, hipotalamus, epitalamus, dan pretektum. Fungsi diensefalon adalah mengendalikan pola makan, defekasi, menghubungkan komunikasi antar belahan otak besar, mengatur waktu biologis, dan mengatur sekresi hormon.

5. Otak Kecil

Otak kecil atau cerebellum/serebelum adalah bagian otak yang berada di bawah lokus oksipital serebrum, memiliki struktur mirip otak besar, dan berukuran jauh lebih kecil dari otak besar. Fungsi otak kecil adalah sebagai pusat keseimbangan, mengatur sebagian gerak motorik, dan koordinasi antar otot.

6. Kelenjar Pituitari

Kelenjar pituitari atau kelenjar hipofisis adalah kelenjar utama (master of gland) yang menghasilkan berbagai macam hormon. Fungsi kelenjar pituitari adalah untuk mensekresikan berbagai macam hormon dan sebagai pengendali kelenjar lain di dalam tubuh manusia.

7. Talamus

Talamus adalah bagian diensefalon yang memiliki panjang sekitar satu inci dan berada di bagian sentral otak. Fungsi talamus adalah sebagai penerima informasi sensorik dari panca indera yang kemudian diteruskan ke korteks serebri.

8. Hipotalamus

Hipotalamus adalah bagian dari diensefalon yang merupakan bagian utama dalam sistem hormon pada manusia. Fungsi hipotalamus adalah mengkaji impuls yang datang dari seluruh tubuh, menjaga kestabilan suhu tubuh, mengendalikan takanan darah, mengatur keseimbangan cairan, menghubungkan sistem hormon dengan sistem saraf, dan mengatur pola tidur.

9. Pons

Baca juga: Otak Kanan dengan Pikiran Positif. Apa Hubungannya?

Pons adalah bagian yang sangat kecil dengan panjang hanya 2,5 cm. Meskipun kecil, fungsi pons sangatlah penting yaitu sebagai penghubung banyak impuls (rangsangan) dengan otak. Itu dikarenakan terdapat banyak sinapsis yang terhubung dengan pons.

10. Batang Otak

Batang otak adalah bagian posterior (belakang) otak yang merupakan sebutan untuk kesatuan medula oblongata, pons, dan mesencphalon. Fungsi batang otak adalah untuk meneruskan impuls ke cerebrum dan menyilang serat kortokospinal. Penyilangan tersebut membuat tubuh kanan dikendalikan oleh otak kiri dan sebaliknya.


Sumber:

  1. Human brain (https://en.wikipedia.org/wiki/Human_brain)
  2. Perbedaan serebrum dan Korteks serebral (http://budisma.net/2015/01/perbedaan-serebrum-dan-korteks-serebral.html)
  3. Otak (https://id.wikipedia.org/wiki/Otak)
  4. Anatomi Otak : Basal Ganglia (http://pelajaribiologi.blogspot.com/2012/05/basal-ganglia.html)
  5. Anatomi Fungsi Otak kecil (http://www.sridianti.com/anatomi-fungsi-otak-kecil.html)
  6. Kelenjar Pituitari (Kelenjar Hipofisis) (http://www.psychologymania.com/2012/05/kelenjar-pituitari-kelenjar-hipofisis.html)
  7. Lokasi dan fungsi Talamus (http://kliksma.com/2015/04/lokasi-dan-fungsi-talamus.html)
  8. Dua Pemimpin Tubuh Kita: Kelenjar Hipotalamus Dan Kelenjar Pituitari (http://id.harunyahya.com/id/Buku/4734/keajaiban-hormon/chapter/10372)
  9. Fungsi Pons (http://gardamd.blogspot.com/2011/01/fungsi-pons.html)
  10. Batang otak (https://id.wikipedia.org/wiki/Batang_otak)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment