12 Bagian-Bagian Jantung Manusia Beserta Fungsinya

Jantung adalah organ muskular pada manusia yang berfungsi memompa darah melalui pembuluh darah dalam sistem sirkulasi darah manusia. Bentuknya seperti buah pir terbalik dengan ukuran setara dengan kepalan orang dewasa. Fungsi jantung sangatlah vital karena jantung menjaga darah agar tetap mengalir dan membawa oksigen serta sari-sari makanan ke dalam setiap sel tubuh. Jantung terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah bagian-bagian jantung manusia beserta fungsinya lengkap beserta gambar anatomi jantung. Langsung saja kita simak yang pertama:

anatomi jantung manusia

1. Aorta

Aorta adalah arteri terbesar dalam tubuh. Letaknya di bagian atas jantung. Fungsi aorta adalah untuk membawa darah yang mengandung oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.

2. Vena Kava Superior

Vena kava superior (vena cava) adalah vena besar dalam tubuh. Letaknya juga di bagian atas jantung. Fungsi vena kava superior adalah untuk membawa kembali darah kaya karbon dioksida dari seluruh tubuh bagian atas ke jantung.

3. Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis adalah arteri yang mengangkut darah dari jantung ke paru-paru. Fungsi arteri pulmonalis adalah untuk mengganti karbon dioksida dan uap air yang ada di dalam darah dengan oksigen.

4. Katup Aorta

Katup aorta adalah katup yang memisahkan ventrikel kiri dengan aorta. Perubahan tekanan darah pada kedua sisi katup menyebabkan katup dapat terbuka dan tertutup. Fungsi katup aorta adalah untuk mencegah darah mengalir ke arah yang salah.

5.  Atrium

Atrium adalah bentuk jamak dari atria yang sama artinya dengan serambi. Terdapat dua atrium yaitu atrium kiri (serambi kiri) dan atrium kanan (serambi kanan). Atrium dua ruangan teratas dari empat ruang utama pada jantung. Fungsi atrium kiri adalah adalah menerima darah dari paru-paru yang kaya oksigen dan membawanya ke ventrikel kiri. Sedangkan fungsi atrium kanan adalah menerima darah dari seluruh tubuh yang kaya akan karbon dioksida kemudian membawanya ke ventrikel kanan.

6. Vena pulmonalis

Vena pulmonalis adalah vena yang membawa darah kaya oksigen dari paru-paru ke jantung tepatnya di atrium kiri. Ukurannya lebih kecil dari vena cava dan terdiri dari vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri. Fungsi vena pulmonalis adalah untuk membawa darah kaya oksigen kembali ke jantung untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

7. Katup Trikuspidalis

Katup trikuspidalis atau katup trikuspid adalah katup yang terdiri dari dari tiga daun katup. Katup ini dapat terbuka jika sistole berkontraksi dan dapat menutup kembali. Fungsi katup trikuspidalis adalah untuk memisahkan atrium kanan dan ventrikel kanan dan membantu mengalirkan darah miskin oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

8. Katup Mitral

Katup mitral atau bicuspid adalah katup yang memisahkan atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini dapat terbuka saat darah kaya oksigen di atrium kiri hendak mengalir ke ventrikel kiri. Fungsi katup mitral adalah untuk mencegah darah yang telah berada di ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.

9. Ventrikel

Ventrikel adalah dua ruang kosong dari empat ruang di bagian bawah jantung. Ventrikel juga disebut bilik. Ada dua macam ventrikel, yaitu ventrikel kiri (bilik kiri) dan ventrikel kanan (bilik kanan). Fungsi ventrikel adalah untuk menerima darah dari atrium kemudian membawanya keluar dari jantung. Fungsi ventrikel kiri adalah menerima darah dari atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh. Fungsi ventrikel kanan adalah menerima darah dari atrium kanan dan membawanya ke paru-paru.

10. Vena Kava Inferior

Vena kava inferior atau vena cava inferior adalah vena terbesar dalam tubuh manusia. Fungsi vena kava inferior adalah membawah darah dari bagian bawah tubuh ke atrium kanan jantung.

Selain bagian-bagian yang disebutkan dalam gambar anatomi di atas, berikut adalah beberapa bagian lain jantung manusia:

11. Katup Atrioventrikular

Katup atrioventrikular atau katup atrioventrikuler adalah katup yang terletak di antara atrium dan ventrikel. Fungsi katup atrioventrikular adalah untuk membuat darah hanya dapat mengalir dari atrium ke ventrikel.

12. Dinding Jantung

Dinding jantung adalah bagian terluar yang melapisi jantung. Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu endokardium (terdalam), miokardium (bagian tengah), dan epikardium (terluar). Endokardium terdiri dari epitel pipih selapis. Miokardium terdiri dari otot kardiak (otot jantung). Epikardium adalah sebuah membran fibrosa. Fungsi dinding jantung adalah membuat jantung berdetak dan mencegah supaya jantung tidak bocor.


Sumber:

  1. Bagian-Bagian Jantung dan Fungsinya (http://idpengertian.com/2015/04/bagian-bagian-jantung-manusia.html)
  2. Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri) (http://www.artikelsiana.com/2014/12/pengertian-fungsi-jenis-ciri-pembuluh-nadi.html)
  3. Katup jantung )https://id.wikipedia.org/wiki/Katup_jantung)
  4. Apa Perbedaan Atrium dan ventrikel Jantung (http://www.sridianti.com/apa-perbedaan-atrium-dan-ventrikel-jantung.html)
  5. Apakah fungsi Atrium kanan dan kiri (http://budisma.net/2015/01/apakah-fungsi-atrium-kanan-dan-kiri.html)
  6. Katup-katup pada jantung (http://adyantavitrie.blogspot.com/2012/04/katup-katup-pada-jantung.html)
  7. Bagian-bagian jantung dan fungsinya (http://kliksma.com/2015/03/bagian-bagian-jantung-dan-fungsinya.html)
  8. Perbedaan Antara Vena Cava superior dan Inferior (http://www.sridianti.com/perbedaan-antara-vena-cava-superior-dan-inferior.html)
  9. kardoivaskuler (http://saproll-welcome.blogspot.com/2009/09/kardoivaskuler.html)
  10. Bagian-bagian Jantung Manusia dan fungsinya (http://www.sridianti.com/bagian-bagian-jantung-manusia.html)
  11. Heart (https://en.wikipedia.org/wiki/Heart)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

28 comments:

  1. Terimakasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas artikelnya untuk menambah ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  3. Makasih banget ya. Lengkap dan jelas. Sangat bermanfaat untuk menghadapai TO, UN, US, dll

    ReplyDelete
  4. minta tolong beri penjelasan tentang masalah jantung bawaan lahir?? kenapa baru bisa diketahui ada kelainan pada saat umur 23 tahun?? kan bawaan lahir??

    ReplyDelete
  5. Mau tanya hilus pulmonalis dong kak

    ReplyDelete
  6. Postingan yg sangat bermanfaat..sukses slalu.mksh

    ReplyDelete
  7. thnks..sangat membantu dan membangun..mantaap

    ReplyDelete
  8. Thank you for the info :)

    ReplyDelete
  9. Trmksh penjelasannya....
    Sangat membantu :)

    ReplyDelete