Jelang Ulangan Umum

Ulangan umum sudah dekat! Banyak teman-teman SD saya yang takut menghadapi ulangan umum (sebenarnya saya juga agak takut sih). Tapi saya tidak menyerah karena saya sudah belajar dengan sangat giat sejak 3 bulan sebelumya dan sekarang saya tinggal belajar beberapa mata pelajaran yang kurang saya pahami sebelum hari yang menakutkan itu tiba. Saya belajar 1 jam per mata pelajaran dan istirahat sebentar 15 menit sekali tapi sepulang sekolah saya mengerjakan PR dan tugas yang diberikan tadi di sekolah dulu baru saya belajar. Mengapa setiap 15 menit saya istirahat sejenak? Karena setahu saya kemampuan kosentrasi manusia rata-rata hanya 15 menit setelah itu langsung buyar pikirannya, jadi saya berfikir kalau istirahat 1 sampai 2 menit bisa mengembalikan konsentrasi saya. Dan mengapa saya belajar 1 jam per mata pelajaran? Karena saya pikir dengan belajar 1 jam per mata pelajaran saya lebih fokus dan mantap dalam memahami mata pelajaran yang saya pelajari itu.

Saya mulai belajar tidak menentu. Kadang jam 6, 7, bahkan jam 8 dan berakhir pada jam 10 malam. Mengapa? Masih ingatkah anda dengan 1 jam per pelajaran dan istirahat 1 menit per 15 menit belajar? Nah jika ada 4 pelajaran besok, maka 10-4 =6. Maksudnya adalah 10 itu adalah jam kita selesai belajar dan 4 adalah jumlah pelajaran besok. Jadi dengan 10 dikurangi 4 sama dengan 6 maka kita tahu jam berapa kita harus mulai belajar. Nah kalo besok ada 3 pelajaran tinggal 10-3 =7. Kalo 2 tinggal 10-2 =8. Kalo tidak ada pelajaran besok? Jangan belajar : ) tapi tetaplah ingat sistem 1 menit istirahat per 15 menit untuk menambah konsentrasimu. Jadi saya selesai belajar juga tidak tentu. Kadang jam 10 lebih 6, 7, 4 dst.

Semoga dengan cara belajar ini clam menambah prestasi saya dan para pembaca setia saya di sekolah. Kalau ada kata-kata yang tidak dimengerti, silahkan berkomentar di bawah ini yah.... Nantikan artikel saya yang lain ya....

No comments:

Post a Comment