7 Pertanyaan yang Membuat Blog Anda Dibanjiri Pengunjung

Pasti anda tahu kan cara membuat blog? Kita sering membuat blog dan kita tulis artikel yang banyak, lalu mengapa blog yang anda buat sepi pengunjung dan bahkan tidak ada pengunjungnya? Kalau begitu, anda perlu menjawab 7 pertanyaan yang perlu anda terapkan di blog anda yang akhirnya akan membuat blog anda diserbu banyak pengunjung. Nah, tanpa basa-basi lagi mari kita simak ketujuh pertanyaan berikut:>
  1. Apakah tampilan blog anda professional/menarik?
  2. Apakah anda tidak memasang widget yang tidak dibutuhkan & berlebihan oleh pembaca anda?
  3. Apakah anda sudah menerapkan teknik SEO?
  4. Apakah navigasi di blog anda bagus?
  5. Apakah isi artikel anda dibutuhkan oleh pembaca?
  6. Apakah loading blog anda cepat?
  7. Apakah anda tidak memasang iklan di blog anda secara berlebihan?
Setelah itu yuk, kita simak semua pertanyaan itu:

1. Apakah blog anda professional/menarik?

Nah, inilah hal yang utama dalam sebuah blog. Yaitu tampilan, jika kita memilih template jangan terlalu mencolok misalnya menggunakan background merah atau background hitam dan warna fontnya putih. Jika anda menggunakan backgroundnya seperti yang telah saya sebutkan tadi pasti pengunjung anda langsung kabur. Juga jangan menggunakan template professional tapi loadingnya berat. Hal yang perlu diperhatikan saat memilih template blog adalah:
  1. Background
  2. Tata letak
  3. Navigasi
  4. Paduan warna
  5. Dan yang terpenting ukuran loading templatenya

2. Apakah anda tidak memasang widget yang tidak dibutuhkan & berlebihan oleh pembaca anda?

Ini juga lumayan penting. Memang dengan memasang widget blog akan membuat tampilan blog anda menjadi lebih professional dan canggih. Tapi disarankan untuk memasang widget jangan berlebihan dan seperlunya saja. Memasang widget yang berlebihan dapat membuat loading blog anda menjadi lebih berat. Nah berikut adalah 4 jenis widget yang perlu dipertimbangkan sebelum dipasang di blog anda:
  1. Widget jam dan kalender, untuk apa memasang widget ini? Kan sudah ada jam di pojok kanan bawah Windows.
  2. Widget Alexa, PR dan statistik, jika blog anda memiliki Alexa, Page Rank dan statistik blog yang bagus silahkan pasang untuk membuktikan bahwa blog anda berkualitas namun jika tidak. Jangan dipasang karena akan membuat pengunjung blog anda berfikir bahwa blog anda ‘banyak hantunya’ alias tidak ada pengunjung.
  3. Widget IP Dan Negara asal pengunjung, sebaiknya jangan dipasang karena pengunjung akan merasa dimata-matai.
  4. Widget Shoutbox, mungkin jika blog anda memiliki komunitas besar. Sebaiknya pasang.

3. Apakah anda sudah menerapkan teknik SEO?

Ini yang terpenting dalam meningkatkan pengunjung blog. SEO, ya jika anda telah menguasai tips SEO maka otomatis anda akan mendapatkan pengunjung yang berlipat ganda.

4. Apakah navigasi di blog anda bagus?

Navigasi juga mempengaruhi jumlah pengunjung, jika pengunjung menemukan sebuah artikel blog anda melalui Search Engine dan membacanya kemudian blog anda tidak memiliki related article (artikel yang berhubungan) maka pengunjung blog anda hanya mengunjungi artikel tersebut dan tidak membaca artikel lain.

5. Apakah isi artikel anda dibutuhkan oleh pembaca?

Content Is The King! Artinya isi artikel adalah elemen terpenting yang dibutuhkan oleh pengunjung. Maka dari itu buatlah artikel yang berguna bagi pengunjung blog anda.

6. Apakah loading blog anda cepat?

Saya sudah menjelaskannya tadi. Bahwa jika loading blog anda cepat plus artikel anda berguna/menarik, maka pengunjung blog itu pasti ingin mengunjungi blog anda lagi. Jika loading blog anda lemot/ukuran blognya gede. Pengunjung blog anda akan malas menunggu dan akan keluar dari blog anda untuk mencari artikel di blog lain. Jika loading blog Anda lambat, cobalah simak artikel berikut: Cara Mempercepat Loading Blog.

7. Apakah anda tidak memasang iklan di blog anda secara berlebihan?

Ini yang terakhir. Pasanglah iklan jika pengunjung blog anda ramai dan disarankan jangan memasang iklan yang berupa gambar dan menggunakan Google Adsense. Karena para pengunjung blog anda pasti tahu bahwa gambar adalah elemen blog terberat dan akan diblokir menggunakan alat pemblokir iklan gambar (seperti AdBlock). Rugi khan jika anda memasang iklan tidak ada yang mengkliknya/diblok oleh pengunjung blog anda?
Nah itulah 7 Pertanyaan yang Membuat Blog Anda Dikunjungi Banyak Orang. Jika blog anda telah memenuhi kriteria itu tidak mungkin pengunjung anda sepi. Silahkan berkomentar tapi jangan nyepam ya….

10 comments:

  1. wah blog ane kira2 bagaimana ya di mata pengunjung...semoga baik dan bagus di mata pengunjung..amiin

    ReplyDelete
  2. teman, kunjungi blog gw jg dunk,,
    jngn lupa di follow ya,, nnti gw followback,,thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. okee sobat (y) blog anda bagus yaa ;)

      Makasii | Tetap Semangat!

      Delete
  3. Good job... Thank Infonya.... sangat berguna bagi pemula seperti saya

    ReplyDelete
  4. wah mantep nih terimakasih mas saya jadi sedikit paham gimana biar blog Resep Masak Dan Kue saya jadi lebih terkenal nantinya

    ReplyDelete
  5. Mantap dan menarik, perlu di coba juga agar blog saya. Salam kenal dan terima kasih

    ReplyDelete