2 Gambar Sel Tumbuhan Beserta Penjelasan Bagian-Bagian

Sel tumbuhan adalah sel eukariotik yang memiliki dinding sel. Adanya dinding sel membuat sel tumbuhan memiliki struktur yang lebih kaku dibandingkan sel hewan. Sel tumbuhan juga memiliki vakuola yang besar untuk mengatur tekanan turgor. Sel tumbuhan terdiri dari beberapa jenis yaitu parenkim, kolenkim, sklerenkim, xilem, floem, dan epidermis.
Baca juga: 2 Gambar Sel Hewan Beserta Penjelasan Bagian-Bagian
Gambar dibawah adalah gambar sel tumbuhan tanpa petunjuk organelnya:
Gambar sel tumbuhan

Berikut adalah gambar sel tumbuhan lengkap dengan penunjuk organel atau bagian-bagiannya:
Gambar sel tumbuhan

Berikut adalah penjelasan tiap bagian sel tumbuhan:
  1. Plasmodesmata adalah saluran sempit pada dinding sel tumbuhan yang menjadi jembatan antar sel yang bersebelahan untuk kepentingan komunikasi dan transportasi bahan antar sel.
  2. Sitoskeleton adalah jaring protein yang menjadi kerangka sel untuk mendukung struktur dan aktivitas dalam sel.
  3. Vesikel bermembran adalah ruang pada sel yang dikelilingi membran sel. Fungsi vesikel bermembran adalah sebagai tempat penyimpanan makanan.
  4. Retikulum endoplasma halus adalah jaringan membran dalam bentuk tubulus yang permukaannya tidak diselimuti ribosom. Fungsi retikulum endoplasma halus adalah untuk sintesis karbohidrat dan lipid, detoksifikasi, dan pembentukan glikogen.
  5. Ribosom adalah organel berukuran kecil dan padat yang menjadi tempat utama sintesis protein. Jumlahnya banyak di setiap selnya dan tersebar di sitoplasma dan retikulum endoplasma kasar.
  6. Nukleus atau inti sel adalah organel yang mengandung materi genetik seperti DNA dan RNA. Fungsi inti sel adalah untuk mengatur seluruh aktivitas sel dengan mengatur ekspresi gen. Berdasarkan gambar di atas, nukleus terdiri dari pori nukleus, selubung nukleus, dan nukleolus.
  7. Retikulum endoplasma kasar adalah jaringan membran berbentuk seperti labirin tiga dimensi yang permukaannya diselimuti ribosom. Fungsi retikulum endoplasma kasar adalah melakukan sintesis protein dan terlibat dalam sintesis lipid.
  8. Badan Golgi adalah organel yang terdiri dari serangkaian kantung pipih bertumpuk yang disebut cisternae. Fungsi badan golgi adalah mengemas protein ke dalam vesikel sebelum dikirim ke tujuan.
  9. Vesikel Golgi adalah organ yang terdiri dari cairan tertutup membran lipid bilayer. Fungsi vesikel Golgi adalah sebagai alat transportasi yang mengantar protein dan lemak dari retikulum endoplasma (RE) ke badan Golgi.
  10. Sitoplasma adalah zat semi cair yang berada di antara membran sel dan inti sel. Cairan itu 70-90% terdiri dari air. Fungsi sitoplasma adalah sebagai tempat terjadinya berbagai reaksi di dalam sel.
  11. Peroksisom adalah organel tertutup membran lipid tunggal yang mengandung protein reseptor. Fungsi peroksisom adalah untuk metabolisme lemak, asam amino, dan biosintesis plasmanogen.
  12. Mitokondria adalah organel yang menjadi tempat berlangsungnya respirasi sel untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP.
  13. Vakuola adalah organel berupa rongga yang berisi cairan dan diselimuti selaput membran yang disebut tonoplas. Fungsi vakuola adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dalam sel. Vakuola pada tumbuhan berukuran cukup besar hingga mendominasi sel itu sendiri.
  14. Kloroplas adalah organel bermembran dan berwarna hijau karena mengandung klorofil. Fungsi kloroplas adalah sebagai tempat terjadinya fotosintesis.
  15. Dinding sel adalah lapisan luar sel yang kaku dan keras. Fungsi dinding sel adalah untuk menjaga bentuk sel dan membatasi ukuran sel agar tidak terlalu besar.
  16. Membran sel adalah lapisan luar sel yang tersusun atas senyawa lipoprotein. Fungsi membran sel adalah melindungi sel dan melakukan seleksi terhadap zat yang akan keluar/masuk sel.

3 comments: