Pengertian Ekspektasi (Artikel Lengkap)

Ekspektasi adalah suatu harapan atau keyakinan yang diharapkan akan menjadi kenyataan di masa depan pada situasi tertentu. Ekspektasi dibuat atas dasar perhitungan rasional atau hanya sekedar angan-angan. Ekspektasi umumnya menimbulkan upaya untuk mewujudkan harapan tersebut. Hasilnya berupa realita atau kenyataan yang bisa sama atau berbeda dari ekspektasi. Dalam bahasa Inggris, “ekspektasi” disebut expectation yang berarti “harapan”.
1. Asal Mula Kata Ekspektasi
Etimologi kata ekspektasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris expectation yang berasal dari bahasa Latin expectationem yang berarti “antisipasi” atau “penantian”. Istilah tersebut pertama kali diadopsi ke bahasa Inggris pada tahun 1530-an.
2. Arti Kata Ekspektasi
Tidak ada arti kata ekspektasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
3. Pengertian Ekspektasi Menurut Para Ahli
  1. Menurut Anderson dan Chambers (1985), ekspektasi adalah segala sesuatu yang diyakini konsumen tentang apa yang akan didapatkannya terkait dengan suatu kinerja produk atau pelayanan tertentu.
  2. Menurut Fleming dan Levie (1993), ekspektasi adalah segenap keinginan, harapan, dan cita-cita terhadap sesuatu hal yang ingin diraih dengan tingkah laku serta tindakan yang nyata.
  3. Menurut Boeree (2005), ekspektasi adalah suatu harapan yang bersifat kesenangan yang tidak konstan, yang mana harapan tersebut dapat timbul dari berbagai macam gagasan tentang suatu hal yang ingin terjadi atau ingin dicapai di masa yang akan datang atau di masa depan.
  4. Menurut Kartini Kartono dan Dali Gulö (1987), ekspektasi adalah kecondongan yang dipelajari dimana suatu organisme dapat memperkirakan situasi tertentu akan timbul dengan memberi respon terhadap suatu stimulus.
  5. Menurut Sutisna (2001), ekspektasi adalah suatu kepercayaan atau keyakinan individual sebelumnya tentang berbagai hal yang seharusnya terjadi pada situasi tertentu.
4. Sinonim Ekspektasi
  1. Harapan
  2. Sangkaan
  3. Prediksi
  4. Ambisi
  5. Angan-angan
  6. Impian

No comments:

Post a Comment