6 Perubahan Wujud Benda dan Contohnya

Perubahan wujud benda adalah proses yang terjadi pada suatu benda yang menyebabkan benda tersebut mengalami perubahan bentuk. Perubahan tersebut terjadi di antara wujud padat, cair, dan gas. Perubahan wujud ini bisa terjadi karena adanya peristiwa pelepasan atau penyerapan kalor. Semua zat dapat mengalami perubahan wujud zat, perbedaannya terletak pada titik beku dan titik didihnya. Berikut adalah contoh perubahan wujud benda. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: 3 Perbedaan Perubahan Fisika dan Kimia
Perubahan wujud benda dan contohnya

  1. Mencair, adalah perubahan wujud dari zat padat menjadi zat cair. Contohnya es batu yang mencair menjadi air.
  2. Membeku, adalah perubahan wujud dari zat cair menjadi zat padat. Contohnya adalah air yang membeku menjadi es batu.
  3. Menguap, adalah perubahan wujud dari zat cair menjadi zat gas. Contohnya adalah air yang menguap menjadi uap air ketika dipanaskan.
  4. Mengembun, adalah perubahan wujud dari zat gas menjadi zat cair. Contohnya adalah peristiwa embun pagi dan bagian luar gelas yang basah ketika diisi minuman dingin.
  5. Menyublim, adalah perubahan wujud dari zat padat menjadi zat gas. Contohnya adalah kapur barus yang semakin hari semakin berkurang ukurannya hingga habis.
  6. Mengkristal atau menghablur, adalah perubahan wujud dari zat gas menjadi zat padat. Contohnya adalah terbentuknya embun beku pada musim dingin.

No comments:

Post a Comment