9 Ciri Khusus Kelelawar

Kelelawar adalah hewan mamalia yang lengannya beradaptasi membentuk sayap. Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang benar-benar dapat terbang (tidak hanya melayang di udara). Mamalia juga memiliki kemampuan ekolokasi yang membuatnya mampu terbang di malam hari tanpa menabrak benda di sekitar. Pada umumnya kelelawar memakan buah dan serangga kecil. Berikut adalah ciri khusus kelelawar. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: 20 Ciri Khusus Hewan dan Manfaatnya
Ciri khusus kelelawar

  1. Mampu terbang dengan sayap yang merupakan selaput kulit tipis dan kuat yang membentang di sepanjang sisi tubuh dari lengan hingga kaki serta ditopang oleh tulang jari yang mengalami perpanjangan.
  2. Merupakan hewan nokturnal, yakni tidur pada siang hari dan mencari makan pada malam hari.
  3. Memiliki kemampuan ekolokasi, yakni menggunakan pantulan gelombang suara yang mereka keluarkan sebagai alat bantu penglihatan saat terbang di malam hari.
  4. Tinggal di dalam gua yang gelap.
  5. Memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Fungsinya adalah untuk mendeteksi makanan.
  6. Memiliki tulang jari yang sangat panjang. Fungsinya adalah untuk menopang sayapnya.
  7. Memiliki kebiasaan tidur yang unik yakni dengan cara menggantungkan dirinya dengan terbalik. Kakinya mencengkeram dinding gua atau ranting pohon.
  8. Dapat mengalami hibernasi pada musim dingin.
  9. Kelelawar betina dapat menunda proses pembuahan dengan cara menyimpan sperma kelelawar jantan pada sistem reproduksinya.

No comments:

Post a Comment