2 Gambar Aliran Darah pada Manusia (Beserta Penjelasan)

loading...
Darah adalah cairan di dalam tubuh yang mengangkut substansi penting seperti nutrien dan oksigen ke sel dan mengangkut limbah metabolisme yang berasal dari sel yang sama. Pada manusia, darah terdiri dari sel darah (trombosit, leukosit, dan eritrosit) dan plasma darah.
Bagian dari: Sistem Peredaran Darah pada Manusia (Artikel Lengkap)
Aliran darah manusia
Darah pada manusia mengalir di dalam pembuluh darah dan diedarkan dengan bantuan jantung. Jantung memompa darah ke paru-paru untuk melepas sisa metabolisme dan mengambil oksigen, kemudian kembali ke jantung untuk dipompa ke seluruh tubuh. Sistem peredaran darah seperti ini disebut sistem peredaran darah tertutup. Berikut adalah 2 gambar aliran darah pada manusia lengkap dengan penjelasannya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Ilustrasi alur aliran darah manusia

Gambar di atas adalah alur bagaimana darah mengalir ke seluruh tubuh. Diawali dari jantung yang memompa darah ke paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme dan menyerap oksigen. Setelah itu kembali ke jantung memompa darah ke seluruh organ/sel tubuh melalui arteri.

Disana terlihat hati (liver) memiliki spesialisasi, yakni menerima darah tidak hanya dari arteri hepar, tetapi juga dari vena porta hepar. Vena porta adalah vena yang berasal dari usus. Fungsi vena porta adalah membawa sari-sari makanan yang diserap di usus untuk diolah di hati.

Setelah oksigen dan sari-sari makanan dikirim ke seluruh sel tubuh dan terjadi proses metabolisme, maka limbah metabolisme seperti karbon dioksida dan air di keluarkan oleh sistem ekskresi pada manusia seperti paru-paru, ginjal, hati, dan kulit.

Gambar aliran darah manusia

Gambar kedua di atas saya anggap sebagai “peta buta” sistem peredaran darah pada manusia. Gambar ini cukup berguna dalam pembelajaran. Tanda panah berwarna hitam adalah darah yang mengandung karbon dioksida, sedangkan tanda panah berwarna biru adalah darah yang mengandung oksigen. Berikut adalah penjelasan nomor-nomornya:
  1. Serambi kanan adalah bagian pojok kanan (jika dilihat dari belakang tubuh) atas jantung yang menerima darah dari seluruh tubuh kemudian memompanya ke bilik kanan.
  2. Serambi kiri adalah bagian pojok kiri atas jantung yang menerima darah dari paru-paru kemudian memompanya ke bilik kiri.
  3. Bilik kanan adalah bagian pojok kanan bawah jantung yang menerima darah dari serambi kanan kemudian memompanya ke paru-paru.
  4. Bilik kiri adalah bagian pojok kiri bawah jantung yang menerima darah dari serambi kiri kemudian memompanya ke seluruh tubuh.
  5. Vena (pembuluh balik) adalah pembuluh yang mengalirkan darah menuju jantung.
  6. Arteri (pembuluh nadi) adalah pembuluh darah berotot yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.
  7. Tubuh adalah keseluruhan bagian tubuh di bawah jantung.
  8. Paru-paru adalah organ utama pada sistem pernapasan pada manusia yang melepaskan karbon dioksida dan air (dalam bentuk uap) dan menyerap oksigen yang diperlukan dalam proses metabolisme.
  9. Kepala dan tangan (bagian atas jantung kecuali paru-paru)
  10. Arteri pulmonalis adalah pembuluh darah yang membawah darah yang kurang oksigen dan kaya karbon dioksida dari ventrikel kanan jantung.
  11. Vena pulmonalis (vena paru-paru) adalah pembuluh darah yang banyak mengandung oksigen dari paru-paru menuju ke atrium (serambi) kiri jantung.
  12. Aorta adalah arteri terbesar dalam tubuh yang muncul dari bilik kiri.


Referensi:
  1. Alat -alat Peredaran Darah Manusia - Pembuluh Darah (https://belajar.kemdikbud.go.id/SumberBelajar/tampilajar.php?ver=12&idmateri=46&lvl1=3&lvl2=2&lvl3=0&kl=8)
  2. Pembuluh Nadi(Arteri) (http://biologipedia.blogspot.co.id/2010/10/pembuluh-nadiarteri.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment