Pengertian Sel (Artikel Lengkap Biologi)

loading...
Sel adalah unit fungsional, biologis, dan struktural dasar dari setiap makhluk hidup. Jika disederhanakan, maka sel adalah bagian terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Makhluk hidup memiliki jumlah sel yang beragam, mulai dari jutaan sampai hanya satu sel. Dalam bahasa Inggris, “sel” disebut cell.
Bagian dari: Sel (Artikel Lengkap)
Pengertian Sel
Ilustrasi sel hewan.
1. Asal Mula Kata Sel
Etimologi istilah sel merupakan kata serapan dari bahasa Inggris cell yang berasal dari bahasa Latin cella yang berarti “ruangan kecil”. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Robert Hooke dalam bukunya yang berjudul Micrographia (1665). Istilah tersebut awalnya ia gunakan untuk menyebut “sel” pada gabus.
2. Arti Kata Sel
Kata “sel” merupakan nomina (kata benda). Istilah “sel” memiliki beberapa arti, tidak hanya terbatas di bidang biologi saja, melainkan juga pada bidang kimia dan bahkan lembaga pemasyarakatan. Berikut adalah arti kata sel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):
  1. Bagian atau bentuk terkecil dari organisme, terdiri atas satu atau lebih inti, protoplasma, dan zat-zat mati yang dikelilingi oleh selaput sel.
  2. Bilik kecil dan sempit (contoh penggunaan kata: sel penjara).
  3. Petak pada alat penghasil tenaga listrik dengan reaksi kimia, biasanya pada baterai.
  4. Tempat yang memuat elektrolis yang dapat menghasilkan arus listrik atau digunakan di elektrolisis.
3. Pengertian Sel Menurut Para Ahli
Beberapa sumber ternama telah memberikan definisi sel. Berikut adalah beberapa pengertian sel menurut para ahli:
  1. Menurut Robert Hooke, sel adalah ruangan-ruangan kecil yang dibatasi oleh dinding.
  2. Menurut Campbell, sel adalah unit terkecil organisasi yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologi.


Referensi:
  1. Pengertian Sel Menurut Ahli Biologi (http://artikel-biologi-populer.blogspot.co.id/2013/08/pengertian-sel-menurut-ahli-biologi.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment