7 Keadaan Bumi pada Masa Paleozoikum

loading...
Paleozoikum adalah masa paling awal dari era geologi panerozoikum dan berlangsung antara 541 sampai 252 juta tahun lalu. Masa paleozoikum dibagi menjadi enam sub periode geologis (dari yang tertua ke termuda): cambrian (kambrium), ordovician, silurian (silur), devonian (devon), carboniferous (karbon), dan permian (perm). Zaman ini juga disebut zaman primer. Berikut adalah penjelasan keadaan bumi pada masa paleozoikum. Langsung saja kita simak yang pertama:
Bagian dari: Perkembangan Kehidupan di Bumi
ilustrasi keadaan bumi masa paleozoikum
  1. Pada masa paleozoikum terjadi perubahan secara geologis, klimatologis, dan evolusionis secara dramatis. Iklim masih belum stabil.
  2. Pada masa cambrian terjadi diversifikasi kehidupan dengan sangat cepat dan tersebar luas dalam sejarah bumi.
  3. Pada masa ini beberapa hewan seperti ikan, arthropoda, dan amfibi mulai muncul. Kehidupan dimulai di lautan namun pada akhirnya berpindah ke daratan.
    Baca juga: Ciri-Ciri Kehidupan Zaman Paleozoikum
  4. Pada masa akhir paleozoikum, terdapat berbagai bentuk organisme.
  5. Hutan yang berisi tanaman primitif menutupi benua, kebanyakan diantaranya membentuk batu bara di sekitar Eropa dan Amerika Utara bagian timur.
  6. Masa ini diakhiri dengan kepunahan massal terbesar dalam sejarah bumi. Hal tersebut membutuhkan waktu 30 juta tahun untuk pemulihan, sedangkan di laut lebih cepat.
  7. Curah hujan sangat tinggi.


Referensi:
  1. Keadaan Alam dan Perkembangan Makhluk Hidup pada zaman purba (http://auliakusuma123456.blogspot.co.id/2013/04/keadaan-alam-dan-perkembangan-makhluk.html)
  2. Paleozoic (https://en.wikipedia.org/wiki/Paleozoic)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment