6 Negara Maju di Asia (Beserta Penjelasan)

loading...
Negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Sedangkan Asia adalah sebuah benua terluas dan terbanyak penduduknya di dunia. Asia merupakan benua dengan perekonomian tertinggi kedua di dunia setelah Eropa. Asia memiliki sejumlah negara maju yang menjadi kekuatan ekonomi utama di benua ini. Berikut adalah daftar negara maju di Asia beserta penjelasannya. Langsung saja kita simak yang pertama:
Bagian dari: Negara Maju (Artikel Lengkap)
Negara Maju di Asia
Salah satu sudut kota Tokyo, Jepang, yang merupakan salah satu negara maju di Asia.
Sebenarnya, negara seperti Tiongkok, India, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan Malaysia hampir dapat dikatakan sebagai negara maju karena perkembangannya yang sangat pesat. Tiongkok sudah menjadi negara industri nomor satu di dunia. India memiliki banyak SDM handal di bidang teknologi. Malaysia bersama Singapura menjadi pemimpin di kawasan Asean. Hanya saja tingkat kemakmuran masyarakat dan kualitas SDM disana belum merata. Untuk Uni Emirat Arab, Qatar, dan Bahrain pendapatannya masih sangat bergantung pada minyak bumi, namun mereka sudah mulai mengembangkan sektor pariwisata.

Masih belum jelas apakah Hong Kong dan Taiwan merupakan sebuah negara atau negara bagian.

1. Jepang

Jepang bisa dikatakan sebagai negara superpower di kawasan Asia. Jepang sangat maju dari hampir segala lini seperti kendaraan, perfilman, industri kreatif, dan produk teknologi lainnya. Semua sektor dapat diandalkan, termasuk pertanian. Sumber daya manusia disana juga sudah sangat terampil dan memiliki tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi. Pendapatan orang Jepang bisa dikatakan tinggi dan merata. Semua itu membuat Jepang menjadi negara paling maju di Asia.

2. Singapura

Selengkapnya: Singapura (Artikel Lengkap)
Singapura adalah negara transit paling populer di Asia. Hampir semua kapal barang singgah di negeri singa ini. Hal itu dikarenakan letak Singapura yang strategis, yakni berada di jalur silang pelayaran internasional. Namun, Singapura tidak hanya bergantung pada sektor pelabuhan. Sejak dahulu, Singapura telah mengembangkan sektor pariwisata, industri, dan SDM. Singapura menyumbang sekitar 30% dari hasil industri semikonduktor. Sektor pariwisata disana juga sangat maju dan menjadi salah satu destinasi wisata utama di Asean.

3. Hong Kong

Hong Kong adalah sebuah teritori khusus di Tiongkok. Hong Kong menjadi salah satu pusat keuangan di Asia. Hong Kong dikenal memiliki pelabuhan besar dan sangat banyak memiliki gedung pencakar langit. Hong Kong juga menjadi salah satu destinasi pariwisata utama di Asia.

4. Korea Selatan

Korea Selatan sudah dapat menyamai Jepang dalam berbagai hal seperti hiburan, teknologi, dan pariwisata. Korea Selatan merupakan salah satu pemimpin perekonomian di kawasan Asia. Korea Selatan pada awalnya bukanlah negara maju, mengingat negara ini pernah dijajah Jepang dan setelah Perang Dunia II kawasan semenanjung Korea dibagi dua oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet, menghasilkan Korea Utara dan Korea Selatan. Budaya pop Korea Selatan menjadi budaya yang digemari di banyak negara termasuk Indonesia. Dan beberapa merek ternama berasal dari Korea Selatan seperti Samsung dan Hyundai.

5. Israel

Israel adalah sebuah negara di Timur Tengah. Dibalik kontroversinya dengan teritori Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza, tidak bermaksud berpihak pada Israel, tetapi harus diakui bahwa Israel merupakan sebuah negara maju. PDB nominal per kapita Israel tergolong tinggi yakni sekitar $35.905. IPM Israel tertinggi ke-18 di dunia. Standar hidup di Israel merupakan yang tertinggi di Timur Tengah dan tertinggi ke-4 di Asia. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Israel sangatlah pesat tidak hanya di bidang militer, tetapi juga bidang lainnya. Terbukti dari rasio jumlah ilmuwannya yang terbanyak di dunia dari berbagai bidang. Selain itu, Israel merupakan negara yang tidak hanya khusus untuk kaum Yahudi, terdapat sekitar 20,8% kaum Arab dan 4,4% kaum bangsa lain di negara ini.

6. Taiwan

Taiwan merupakan sebuah negara pulau di Timur daratan Tiongkok yang diakui oleh 21 negara anggota PBB dan Vatikan. Taiwan memiliki pertumbuhan ekonomi dan tingkat industrialisasi yang tinggi. Taiwan termasuk salah satu dari Empat Macan Asia. Industri berteknologi tinggi membuat Taiwan bisa memainkan peran di perekonomian dunia. Taiwan memiliki beberapa perusahaan teknologi ternama di dunia seperti Asus, HTC, Acer, dan Foxconn.


Referensi:
  1. CIRI-CIRI NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG (https://raraslarasa12.wordpress.com/tugas-tugas/data-data-ips/geografi/ciri-ciri-negara-maju-dan-berkembang/)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment