Apa Saja yang Termasuk Energi Alternatif?

loading...
Energi alternatif adalah energi yang dapat menggantikan bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara. Tujuan penggunaan energi alternatif adalah untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang jumlahnya kian menipis dan juga untuk melestarikan lingkungan karena sebagian energi alternatif adalah energi bersih. Saya akan menjawab soal sebutkan dan jelaskan macam-macam energi alternatif? Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: 8 Macam Sumber Energi (Artikel Lengkap)
Yang Termasuk Energi Alternatif

1. Hidrogen

Hidrogen adalah unsur gas yang paling sederhana dimana setiap atomnya hanya memiliki satu proton. Meskipun demikian, kadar hidrogen di muka bumi adalah yang tertinggi dibandingkan kadar gas lain. Hidrogen berpotensi menjadi bahan bakar di masa depan karena jumlahnya melimpah, memiliki kandungan energi tertinggi (jika dibandingkan beratnya), produk sampingannya hanyalah uap air, dan ada dimana saja. Berikut adalah persamaan reaksi hidrogen sehingga dapat menghasilkan energi:
H2+ 1/2O2→H2O+ Energi
Saat ini telah dikembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen.

2. Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh pembelahan inti melalui reaksi fisi atau penggabungan beberapa inti melalui reaksi fusi. Meskipun penggunaan energi nuklir dapat menghasilkan energi dalam jumlah besar dan sedikit menimbulkan polusi, namun radiasi yang dihasilkan sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar. Jika ada kebocoran karena kesalahan teknis atau bencana alam, bisa sangat fatal akibatnya. Sejak peristiwa gempa dan tsunami Jepang yang membuat reaktor nuklir Fukushima bocor, beberapa negara maju seperti Jerman mulai mengurangi ketergantungannya pada energi nuklir.

3. Tenaga Angin

Energi tenaga angin adalah energi yang dihasilkan oleh tiupan angin dan menggunakan kincir angin untuk mendapatkan energinya. Sejak dahulu, orang Belanda kerap menggunakan kincir angin untuk membantu irigasi atau menumbuk hasil pangan. Hal tersebut juga termasuk salah satu pemanfaatan tenaga angin. Pembangkit listrik tenaga angin sangat bersih karena sama sekali tidak mengeluarkan residu yang membahayakan lingkungan. Selain itu, tenaga angin adalah energi yang dapat diperbaharui.

4. Biogas Dari Sisa Pencernaan

Energi alternatif juga dapat berasal dari gas metana yang dihasilkan oleh kotoran hewan (terutama hewan ternak). Gas metana yang telah dimurnikan dapat dimanfaatkan menjadi alternatif pengganti LPG. Dengan demikian, peternak dapat mengurangi timbunan kotoran hewan ternak dan menghemat penggunaan LPG di rumah.

5. Panel Surya

Panel surya adalah alat untuk mengubah paparan sinar matahari menjadi energi listrik. Dasarnya adalah teori fotolistrik. Energi ini sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan residu, masa pakai yang lama, dan perawatan yang mudah. Namun harga panel surya saat ini masih cukup mahal dan industri panel surya justru sangat merusak lingkungan.

6. Tenaga Air (Hydropower)

Arus air sungai yang dibendung juga dapat menghasilkan energi yang cukup besar. Energi tersebut diproduksi di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Energi ini tidak akan habis karena siklus air akan selalu berlangsung. Selain itu, energi ini juga ramah lingkungan.


Referensi:
  1. Pengertian Energi Angin Beserta Contoh Pemanfaatannya (http://benergi.com/pengertian-energi-angin-beserta-contoh-pemanfaatannya)
  2. Energi alternatif (https://id.wikipedia.org/wiki/Energi_alternatif)
  3. BIOGAS (http://www.litbang.esdm.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=76:biogas&catid=80:ketenagalistrikan-dan-ebtke&Itemid=93)
  4. Keunggulan dan Kelemahan Panel Surya (http://www.indoenergi.com/2012/04/keunggulan-dan-kelemahan-panel-surya.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment