8 Fungsi Hidung

loading...
Hidung adalah tonjolan pada wajah yang berisi sepasang lubang hidung dan di dalamnya terdapat rongga hidung. Hidung merupakan bagian dari sistem pernapasan pada manusia yakni sebagai penghubung antara dunia luar tubuh dengan sistem pernapasan dan bagian dari alat indera pada manusia yakni indera penciuman. Fungsi utama hidung adalah sebagai tempat masuk keluarnya udara dan sebagai indera penciuman. Berikut adalah beberapa fungsi lain dari hidung manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:
Bagian dari: Hidung Manusia (Artikel Lengkap)
Fungsi hidung
  1. Sebagai pintu masuk dan keluar udara dari dan menuju paru-paru.
  2. Menyaring debu dan kotoran yang berasal dari udara luar dengan menggunakan bulu hidung atau selaput lendir pada hidung.
  3. Berperan dalam resonansi suara. Operasi hidung dapat menyebabkan suara Anda berubah.
  4. Sebagai indera penciuman (pembauan).
  5. Mengatur suhu udara yang akan masuk ke sistem pernapasan.
  6. Mengatur kelembaban udara yang akan masuk ke sistem pernapasan.
  7. Mencegah benda asing masuk ke dalam sistem pernapasan. Struktur lubang hidung yang menghadap ke bawah membuat benda asing sulit masuk ke dalam rongga hidung secara tidak disengaja.
  8. Mencegah partikel asing berbahaya masuk ke dalam sistem pernapasan dengan cara bersin.


Referensi:
  1. Nose (https://en.wikipedia.org/wiki/Nose)
  2. Hidung: Anatomi Dan Bagian Bagian Hidung Beserta Fungsinya (http://belajarbiologi.com/2015/05/hidung-anatomi-dan-bagian-bagian-hidung-fungsinya.html)
  3. Human nose (https://en.wikipedia.org/wiki/Human_nose)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment