9 Alat Pencernaan pada Manusia

loading...

9 alat pencernaan pada manusiaSistem pencernaan pada manusia terdiri dari beberapa alat atau organ pencernaan. Alat tersebut berfungsi sebagai alat pencerna makanan, penyerap sari-sari makanan, dan pembuang sisa-sisa makanan. Sistem tersebut saling berkaitan membentuk sebuah sistem organ. Apa sajakah alat-alat pencernaan yang ada pada manusia? Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Organ Pada Sistem Pencernaan Manusia (Artikel Ringkasan)

1. Gigi

Gigi adalah bagian keras yang terdapat dalam rongga mulut dan berfungsi untuk memotong dan menghaluskan makanan. Bagian-bagian gigi adalah lapisan email, tulang gigi, pulpa, dan akar gigi.

Baca juga: Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

2. Lidah

Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian bawah rongga mulut yang berfungsi sebagai alat bantu mengunyah dan menelan. Fungsi lidah sebagai alat pencernaan adalah sebagai pengecap rasa makanan, memindah-mindahkan makanan agar mudah dikunyah, membantu menelan makanan, dan membersihkan mulut setelah makan.

3. Kelenjar Ludah

Baca juga: Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia

Kelenjar ludah adalah kelenjar yang menghasilkan ludah. Fungsi air ludah adalah untuk membantu menelan, pelindung rongga mulut, dan mencerna makanan dengan enzim. Terdapat tiga pasang saluran kelenjar ludah yaitu glandula parotis di dekat telinga, glandula submaksilaris di rahang atas, dan glandula sublingualis di bawah lidah.

4. Kerongkongan

Kerongkongan adalah saluran pencernaan yang merupakan penghubung antara rongga mulut dan lambung. Kerongkongan juga disebut esofagus. Di dalam kerongkongan, makanan akan turun ke lambung dengan gerakan peristaltik.

5. Lambung

Baca juga: Proses Pencernaan Kimiawi di Lambung

Lambung adalah adalah kantung besar yang terletak di sebelah kiri rongga perut sebagai tempat terjadinya sejumlah proses pencernaan. Lambung juga disebut ventrikulus atau “perut besar”. Di lambung, makanan akan dilumatkan kembali dengan bantuan berbagai macam getah lambung. Getah lambung terdiri dari beberapa enzim, hormon, asam klorida. Dinding lambung dilindungi oleh lapisan epitel.

6. Usus Halus

Baca juga: Lemak Dicerna Secara Kimiawi di Usus Halus Dengan Cara Apa?

Usus halus adalah alat pencernaan yang paling panjang yakni sekitar 8,5 meter. Usus ini melipat-lipat di perut kita. Usus halus terdiri dari tiga bagian yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap. Fungsi usus halus adalah untuk menyerap sari-sari makanan. Pada usus dua belas jari, terdapat beberapa jenis enzim yang berguna untuk membantu proses pencernaan.

7. Usus Besar

Usus besar adalah lanjutan dari usus halus. Usus besar berfungsi untuk menyerap air dan garam mineral. Usus besar terdiri dari usus besar naik, usus besar datar, dan usus besar turun. Di usus besar juga terdapat bakteri E.coli yang berfungsi sebagai sumber vitamin K dan membantu proses pembusukan makanan.

8. Rektum

Rektum adalah tempat penampungan feses untuk sementara sebelum dibuang ke anus. Jika kapasitas di dalam rektum berlebih, maka akan terjadi kontraksi yang membuat kita merasa ingin buang air besar.

Baca juga: 6 Organ Pencernaan Manusia dan Bagian-Bagiannya

9. Anus

Anus adalah alat pembuangan sisa-sisa makanan yang berupa feses. Ketika kita buang air besar, maka otot spinkter yang mengatur anus untuk terbuka dan tertutup akan terbuka sehingga feses bisa keluar.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment