10 Nasehat Dari Orang Terkaya Ke-2 di Dunia

loading...

Nasehat Dari Orang Terkaya Ke-2 di DuniaBerikut adalah tips dan nasehat dari orang terkaya nomor 2 di dunia. Beliau bernama Warren Buffet. Beliau adalah CEO Berkshire Hathaway yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang investasi dan asuransi. Selain itu, beliau juga berinvestasi di banyak bidang yang dianggap menguntungkan olehnya. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Jauhkan Dirimu dari Pinjaman Bank atau Kartu Kredit

Berhati-hatilah ketika Anda berhutang kepada bank atau kartu kredit. Apalagi berhutang hanya untuk membeli kebutuhan tersier. Sementara kartu kredit—dengan promo yang terlihat menguntungkan—bukannya menguntungkan, tapi malah membuat Anda terjebak dalam menggunakan kartu kredit. Anda akan selalu tergiur dengan diskon dan promo yang ditawarkan oleh kartu kredit tersebut.

Jika Anda ingin sebuah tablet PC misalnya, lebih baik kita menabung mulai dari sekarang. Dengan menabung, kita akan mendapatkan bunga bank sekaligus kita juga mendapatkan tablet PC keluaran terbaru dan tercanggih saat waktunya. Sementara itu, gunakan kartu kredit hanya untuk menggantikan uang tunai yang ada bukan untuk menggantikan uang tunai yang tidak ada.

2. Berinvestasilah dengan Apa yang Kau Miliki

Daripada kita menghabiskan uang yang kita miliki, lebih baik kita menginvestasikan uang milik kita untuk mendapatkan lebih banyak lagi uang. Investasi itu bisa berupa properti, franchise, reksa dana, saham, dll. Lebih baik investasikan disana daripada menabung di bank. Karena bunga yang diberikan bank lebih rendah daripada laju inflasi.

Jika Anda tidak memiliki uang, jangan khawatir! Masih banyak hal yang bisa kita investasikan. Misalnya jika kita memiliki sebuah kamar yang tidak terpakai, sewakan kamar tersebut. Jika Anda memiliki ide yang cemerlang, jadikan itu sebagai ide bisnis Anda. Jika Anda memiliki sampah yang banyak, jadikan kerajinan atau pupuk kompos. Jika Anda memiliki sebuah konsol game, bukalah sebuah usaha rental konsol game. Jangan sia-siakan segalanya yang Anda miliki. Investasikanlah!

3. Uang Tidak Menciptakan Manusia, Manusialah yang Menciptakan Uang

Sejujurnya saya kurang paham dengan maksud kalimat ini. Apa ada yang memahaminya? Silakan jelaskan lewat kolom komentar dibawah artikel ini.

4. Hiduplah Sederhana Sebagaimana Dirimu Sendiri

Janganlah menganggap diri Anda adalah yang paling sempurna. Anda hanyalah satu dari sekian milyar orang di dunia ini. Entah itu berguna atau tidak. Anda sesungguhnya adalah manusia yang sederhana. Janganlah melebih-lebihkan dirimu dengan bermewah-mewahan. Kita masih bisa makan dengan nasi dan garam kok. Jadi, hidup sederhana tidak akan pernah membunuh Anda.

Lihatlah orang kaya disana, dia akan terus tidak puas dengan segalanya yang dia miliki meskipun itu sudah segalanya. Ketika dia tidak puas, segala cara bisa dihalalkannya. Misalnya dengan membunuh pengusaha kompetitornya atau dengan korupsi. Namun, walau sekaya apapun dia, dia tetaplah tidak akan bahagia. Selain itu, dia tidak akan siap jika nanti dia jatuh miskin dan harus hidup sederhana.

5. Jangan Melakukan Apapun yang Dikatakan Orang, Dengarkan Mereka Tapi Lakukan Apa yang Baik Saja

Jaman sekarang, tidak ada orang yang benar-benar bisa kita percaya. Karena pada jaman ini setiap orang di dunia lebih mementingkan diri sendiri. Jangan mudah terhasut dengan janji-janji palsu yang ditawarkan orang kepada Anda. Sebaiknya ketika dia bicara atau ceramah dengan Anda, dengarkan dan ambil yang baik-baik saja. Selain Anda telah mendapatkan teman baru, Anda juga telah mendapatkan saran-saran yang baik darinya.

6. Jangan Memakai Merek, Pakailah yang Benar-Benar Nyaman untuk Anda

Merek yang terkenal belum tentu kualitasnya lebih baik dibandingkan merek yang tidak begitu terkenal. Mereka hanya mengikuti tren saja. Jika Anda selalu mengikuti tren, maka uang Anda akan terbuang sia-sia hanya untuk itu. Sebaiknya beli sebuah produk yang benar-benar dibutuhkan, nyaman dipakai, dan awet. Jangan membeli produk (terutama elektronik) yang harganya mahal dan memiliki banyak fitur tapi semua fitur itu tidak pernah Anda gunakan atau hanya sebagai ajang pamer belaka.

7. Jangan Habiskan Uang untuk Hal-Hal yang Tidak Benar-Benar Penting

Jangan pernah membeli barang baru sementara barang lama masih bisa dipakai dengan baik. Lebih baik Anda menabung untuk membeli barang lain yang lebih penting. Sekali lagi, jangan mengikuti tren. Sangat memboroskan jika Anda selalu membeli produk edisi terbaru. Pikirkan juga semua hal yang hendak Anda beli apakah itu benar-benar penting atau tidak.

8. Dengan Uang…

Dengan uang Anda bisa membeli tempat tidur, tetapi tidak bisa membeli tidur. Anda bisa membeli posisi, tetapi tidak dapat membeli kepedulian. Anda bisa membeli jam, tetapi Anda tidak dapat membeli waktu. Anda dapat membeli buku, tetapi tidak dapat membeli pengetahuan. Anda bisa membeli darah, tetapi Anda tidak bisa membeli nyawa. Jadi, carilah kebahagiaan dalam hidup Anda. Jangan menyia-nyiakan waktu Anda hanya untuk mencari uang. Gunakan waktu Anda itu untuk membuat Anda dan keluarga Anda bahagia.

Tapi ingat, itu bukan berarti Anda mesti santai dan bermalas-malasan. Tidak seperti itu yang saya maksudkan. Orang yang selalu menggunakan waktunya untuk mencari uang contohnya adalah karyawan. Carilah pendapatan pasif sebanyak-banyaknya sehingga Anda tetap bisa santai meskipun Anda tidak perlu bekerja lagi.

9. Jika Itu Telah Berhasil dalam Hidupmu, Berbagilah dan Ajarkanlah pada Orang Lain

Jika semua tips itu berhasil Anda terapkan dan ternyata berhasil meningkatkan derajat hidup Anda. Maka sudah saatnya Anda harus mengajarkan itu kepada orang lain. Ini adalah tugas yang sangat mulia dan bisa dibilang beramal. Pahala yang akan Anda dapatkan pasti sangat besar.

10. Sebuah Kalimat Mutiara

“Orang yang berbahagia bukanlah orang yang hebat dalam segala hal, tapi orang yang bisa menemukan hal sederhana dalam hidupnya dan mengucapkan syukur.”


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment