Duramater (Artikel Lengkap)

loading...

duramaterDuramater (atau sering disebut durameter) adalah lapisan terluar dari tiga lapisan meninges yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Sementara dua lapisan lainnya adalah piamater (piameter) dan arachnoid. Fungsi duramater adalah sebagai pelindung otak dan sumsum tulang belakang karena sifatnya yang sangat padat, keras, dan menyatu dengan tulang tengkorak. Duramater juga disebut pacymeninx.

1. Struktur Duramater

Duramater dibentuk dari jaringan ikat fibrous (terdiri dari serabut kolagen) yang tebal dan kuat. Pada duramater terdapat serabut elastis, fibrosit, saraf, pembuluh darah, dan limfe. Di bagian tertentu terdapat rongga yang disebut sinus longitudinal superior yang berisi darah vena dari otak.

Duramater terdiri dari dua lapis yaitu lapisan endosteal (menyatu dengan tengkorak sebagai endostium) dan lapisan meningeal (duramater yang sesungguhnya yang mudah dilepaskan dari tulang kepala). Kedua lapisan ini dipisahkan oleh sinus vena dural. Sinus ini mengalirkan darah dan cairan serebrospinal dari otak dan bermuara di vena jugularis interna. Di antara tulang kepala dengan duramater terdapat rongga epidural.

Lapisan meningeal membentuk empat septum yang berfungsi untuk menahan pergeseran otak dan membagi rongga kranium menjadi ruang-ruang yang saling berhubungan.

Lapisan duramater merupakan lapisan yang memiliki banyak ujung-ujung saraf sensorik yang peka terhadap rangsangan. Jika ada rangsangan pada bagian ini dapat menimbulkan sakit kepala yang hebat. Saraf inilah yang bertanggung jawab terhadap beberapa jenis sakit kepala.

2. Arti Kata Duramater

Etimologi kata “duramater” berasal dari bahasa Latin yang berarti “ibu yang tangguh”. Kata tersebut merupakan terjemahan dari bahasa Arab أم الدماغ الصفيقة (umm al-dimāgh As-ṣafīqah) yang berarti “ibu otak yang tebal” atau “matriks otak”. Duramater juga disebut pachymeninx (jamak: pachymeninges). “Dura” telah diartikan sebagai “tidak fleksibel” dan “seperti kulit”.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Pengertian Duramater http://www.artidefinisi.com/2012/07/pengertian-duramater.html
2. Meninges dan Cerebrospinal Fluid http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/2044/1/09E01466.pdf
3. Otak Manusia http://www.pustakasekolah.com/otak-manusia.html
4. Sistem Saraf Pusat http://bebas.vlsm.org/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0085%20Bio%202-9d.htm
5. Meninges http://id.wikipedia.org/wiki/Meninges
6. Penjelasan Lapisan Membran Meninges: Durameter, Arachnoidea mater, Piameter http://www.blopress.com/2013/10/penjelasan-lapisan-membran-meninges-durameter-arachnoidea-mater-piameter.html
7. Dura mater http://en.wikipedia.org/wiki/Dura_mater
8. Dura mater http://www.healthline.com/human-body-maps/dura-mater


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment