10 Tips Cara Menabung yang Baik

10 Tips Cara Menabung yang BaikKita semua pasti pernah diajarkan pepatah “hemat pangkal kaya” sejak SD. Walaupun hal itu tidak sepenuhnya benar karena investasilah yang pangkal kaya, tetapi kita tidak akan punya uang yang cukup untuk investasi jika kita tidak menabung sejak dini kan? Nah itulah pentingnya menabung. Nah berikut adalah 10 tips cara menabung yang baik dan benar. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Sisihkan Pendapatan Anda

Setelah Anda mendapat gaji. Mungkin karena gajinya cukup banyak maka mungkin saja Anda akan membelanjakannya sebagian untuk keperluan pribadi. Namun, tanpa disadari kita telah menghabiskan kurang lebih 25% gaji kita dalam satu hari saja. Nah, untuk mengantisipasi kejadian tersebut, kita harus menyisihkan pendapatan kita untuk ditabung. Bukanlah cara yang benar jika kita menabung sisa gaji kita di akhir bulan. Cara yang paling baik adalah setelah mendapatkan gaji, segeralah simpan seperempat gaji kita di bank. Lebih baik daripada kita habiskan sendiri bukan? Ingat juga dengan keluarga kita.

2. Hemat

Hidup hematlah, jangan boros dalam menggunakan barang atau jasa. Supaya kita tidak ke dokter, jagalah kesehatan dan kebersihan. Matikan lampu dan alat listrik lainnya bila tidak digunakan, hematlah dalam penggunaan air, cucilah baju ketika jumlah cucian telah cukup banyak, usahakan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, belanja di pasar tradisional terdekat, makanlah masakan ibu/istri (bukan makan di warteg), kurangi bermain di Facebook, Twitter, BB, dll, dan masih banyak lagi. Nah selain menghemat biaya tagihan, Anda juga akan lebih sehat dan membantu menyelamatkan lingkungan.

3. Jangan Menggunakan Kartu Kredit

Jangan sekali-kali menggunakan kartu kredit apalagi ketika berbelanja di mall. Karena dengan menggunakan kartu kredit, kita tidak akan merasa bahwa jumlah uang kita sedikit dan kita akan merasa bebas belanja tanpa takut kehabisan uang. Memang nyaman dan mudah, tetapi ingatlah dengan tagihan hutang Anda di akhir bulan. Menggunakan kartu kredit itu bagaikan ‘ngutang’ dan sangat ‘mematikan’ finansial Anda. Jadi gunakanlah kartu kredit Anda dengan bijak.

4. Membuat Skala Prioritas

Skala prioritas sangatlah penting untuk mengetahui dan menentukan mana kebutuhan yang sangat-sangat penting dan mendesak dan mana yang tidak. Cobalah untuk menuliskan semua kebutuhan dan keinginan Anda secara terpisah. Kemudian buatlah daftar seperti yang ada di artikel memanajemen kebutuhan. Kemudian gunakanlah daftar tersebut sebagai pedoman untuk belanja secara lebih bijak. Belanjalah mulai dari kebutuhan yang memang benar-benar dibutuhkan.

5. Jangan Terlalu ‘Stay Updated’

Jangan terlalu update jadi orang. Misalnya, ketika kita telah memiliki sebuah gadget (entah itu smartphone atau tablet) yang kategori terbaru dan terbaik di tahun 2012. Ketika ada gadget yang baru dateng di tahun 2013, jangan sampai kita tergiur untuk membelinya. Padahal gadget lama kita masih bisa digunakan dengan baik. Gunakanlah gadget lama Anda selama masih bisa digunakan. Nanti jika telah rusak barulah kita beli yang terbaru pada saat itu.

6. Sesuai Kebutuhan

Sesuai dengan kebutuhan pokok kita aja lah. Kita membandingkan antara feature phone (handphone standar) dan smartphone. Pastilah lebih baik dan lebih banyak fitur yang ada di dalam smartphone. Namun, apakah Anda adalah seorang pebisnis yang menggunakan semua fitur di dalam smartphone tersebut (termasuk pemantau harga saham)? Berpikirlah lebih bijak. Jika kita menggunakan aplikasi saham, pemantau cuaca, berita online, jejaring sosial, dll. Cobalah untuk membeli handphone biasa yang terdapat fitur 3G dan internetnya (harganya umumnya dibawah satu juta rupiah). Dijamin gak ada bedanya deh sama smartphone. Hanya saja desain smartphone itu lebih elegan dan mewah.

7. Jika Kita Masih Bisa Meminjam, Kenapa Harus Membeli?

Saya baru saja mendapatkan tips ini sejak saya mengetahui perpustakaan daerah. Saya memang pecinta buku dan sering membeli buku di toko buku. Hal itulah yang membuat uang saya selalu habis setiap bulannya. Nah, sejak saya tahu perpustakaan, saya tidak perlu lagi ke toko buku dan membeli buku karena di perpustakaan lebih lengkap dan gratis apalagi. Nah, sekarang saya setiap minggu meminjam buku disana dan menjadi inspirasi dalam setiap artikel saya. Jadi, jika kita masih bisa meminjam, kenapa harus membeli?

8. Tetap Pilih Yang Berkualitas

Berhemat bukan berarti kita harus mengorbankan kualitas apalagi kesehatan. Lebih baik kita membeli laptop yang sedikit lebih mahal namun lebih awet dan berkualitas. Lebih baik bukan kita membeli laptop dengan harga 4 juta namun bisa awet selama 3 tahun daripada membeli laptop 3 juta namun hanya awet selama 1 tahun? Think smart!

9. Tetap Dermawan

Sosok Mr. Krabs dalam serial Spongebob Squarepants memang orang yang hemat dan sangat menghargai uang. Namun dia orangnya sangat pelit dan serakah. Nah, pada akhirnya dia tidak akan kaya walaupun dia sangat pelit dalam menggunakan uangnya. Lihatlah rumahnya yang berbentuk seperti jangkar dan restorannya, sangat sederhana dibandingkan dengan kekayaannya kan? Nah, dalam hidup kita perlu dermawan supaya Tuhan tetap memudahkan rejeki mengalir kepada kita. Coba lihat orang-orang yang dermawan, pasti orang itu kaya dan rumahnya terlihat mewah. Jadi, orang dermawan itu adalah orang kaya.

10. Menabung Bukan Untuk Menjadi Kaya

Untuk apa kita menabung jika kita tidak pernah menggunakan uang kita atau hanya sebagai alat untuk mengumpulkan kekayaan? Ingatlah hari tua kita. Kita pastilah akan menggunakan uang tersebut untuk biaya berobat kita dan memastikan kita akan tetap menikmati hidup tua yang indah dan tenang nanti. Ketahuilah bahwa orang kaya itu belum tentu sejahtera. Lihatlah anak orang kaya yang dijemput sopirnya dengan mobil mewah tetapi merasa iri ketika melihat seorang anak yang miskin tetapi diantar jemput oleh ibu kandungnya dan juga bisa makan bersama keluarganya. Orangtua si kaya pastilah sangat sibuk untuk menambah kekayaannya sehingga tidak memiliki waktu untuk anaknya. Maka dari itu, kebersamaan dengan keluarga jauh lebih berharga dibandingkan kekayaan.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

28 comments:

  1. Thank you. I love this article....

    ReplyDelete
  2. Mkin kalau untuk pembahsan si bisa2 aja, itukan cuma cetusan mulut saja, untuk dilapangan atau di kehidupannya apa bisa..

    ReplyDelete
  3. Gk Nyambung Sebagian,, Malah jd cerahah,,,,

    ReplyDelete
  4. Ngomong sih gampang,coba klo di kenyataan nya.. gak semudah omongan mu itu lho... dan satu lagi ini tips tapi ko kaya ceramah yah ??

    ReplyDelete
  5. kalau saya sebagai mahasiswa, menabung itu harus dipaksakan di awal bulan hehehe. kalau tidak ya nggak bakal bisa punya tabungan. hehehe

    ReplyDelete
  6. manusia memang punya hawa nafsu tersendiri, jadi boros atau enggaknya itu tergantung manusia itu sendiri

    So The Future Is In You Hand

    ReplyDelete
  7. Terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali..
    Selain cara diatas masih ada lhooo cara menabung dengan benar dan mudah untuk menabung. Cek disini yaaa http://penulispro.com/cara-mudah-untuk-menyimpan-uang-alias-menabung/20398/

    ReplyDelete
  8. Terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali..
    Selain cara diatas masih ada lhooo cara menabung dengan benar dan mudah untuk menabung. Cek disini yaaa http://penulispro.com/cara-mudah-untuk-menyimpan-uang-alias-menabung/20398/

    ReplyDelete
  9. Yang pada ngecam, kenapa nggak berfikir dahulu sebelum ngomong? Ini teori cong, kalo bisa melakukan apa enggak, tergantung iman kalian sendiri! Btw makasih tips-nya (y)

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah, terimakasih atas tips nya..

    ReplyDelete
  11. artikelnya bermanfaat gan :-)
    thank you so much

    ReplyDelete
  12. Saya stuju dgn pndpat ygyg(anomy..)jdi kita ga perlu mngkritik sgmpang ucap nhomong(si blog ini kan cuma ngasih cara cara nya)kalian yg ngecam udah mah main liat blog eh mlah ga ada tolransi nya,,,manusia apa bukan om,,?

    ReplyDelete
  13. sangat bermanfaat terima kasih

    ReplyDelete
  14. Kereeen, ide seperti ini yang saya mau, makasih atas idenya gan sangat bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  15. kalo saya nabung pasti diawal bulan, tapi belom sampai di awal bulan biasanya di akhir bulan udah kepake lagi :(

    ReplyDelete
  16. Sebelumnya saya tidak bisa mengelola gaji saya dengan benar dan jadi cepat habis. Tetapi karna saya membaca tips ini, saya perlahan-lahan untuk mencoba mengelola uang dengan benar. Terima Kasih 😊

    ReplyDelete