Pengertian Ekosistem (Artikel Lengkap)

Dalam biologi, ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan fisik di sekitarnya. Ekosistem merupakan penggabungan dari tiap-tiap unit biosistem di suatu lingkungan sehingga aliran energi mengarah ke struktur biotik tertentu yang mengakibatkan terjadinya siklus materi antara organisme dengan anorganisme. Organisme akan beradaptasi dengan lingkungan fisik, tetapi dapat juga organisme yang mempengaruhi lingkungan fisik tersebut. Dalam bahasa Inggris, ekosistem disebut ecosystem.

Pengertian ekosistem
1. Asal Mula Kata Ekosistem
Etimologi kata ekosistem merupakan kata serapan dari bahasa Inggris ecosystem yang mungkin diciptakan istilahnya oleh ekolog Inggris Sir Arthur George Tansley (1871-1955). Kata ecosystem berasal dari kata eco dan system. Kata eco merupakan elemen pembentuk kata yang merujuk pada lingkungan dan hubungan manusia. Sedangkan kata system berasal dari bahasa Latin systema yang berarti “susunan”. Jadi, secara harfiah ekosistem berarti susunan terhadap lingkungan.
Baca juga: Pengertian Sistem (Artikel Lengkap)
2. Sejarah Istilah Ekosistem
Istilah ekosistem pertama kali diperkenalkan oleh seorang ekolog Inggris yakni Sir Arthur George Tansley pada tahun 1935 dalam tulisannya yang berjudul The Use and Abuse of Vegetational Concept and Terms yang diterbitkan dalam jurnal Ecology Volume 16 Nomor 3. Meskipun sebelumnya telah ada sebuah istilah bernama biocoenosis yang diperkenalkan oleh Karl Mobius dan istilah “mikrokosm” yang diperkenalkan oleh S.A. Forbes pada tahu 1887 yang juga memiliki makna yang sama dengan ekosistem.
3. Arti Kata Ekosistem
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ekosistem merupakan nomina (kata benda) yang berarti:
  • Sistem kehidupan dalam suatu lingkungan tertentu, terdiri atas komunitas dan faktor abiotik.
4. Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli
Berikut adalah beberapa pengertian ekosistem menurut para ahli:
  1. Menurut Soemarwoto (1983), ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
  2. Menurut Arthur George Tansley (1935), ekosistem adalah suatu unit ekologi yang di dalamnya terdapat struktur dan fungsi.
  3. Menurut Kuswata Kartawinata (2010), ekosistem adalah keseluruhan formasi makhluk hidup beserta tempat hidupnya.
  4. Menurut Angus Woodbury (1954), ekosistem adalah tatanan kesatuan secara kompleks di dalamnya terdapat habitat, tumbuhan, dan binatang yang dipertimbangkan sebagai unit kesatuan secara utuh, sehingga semuanya akan menjadi bagian mata rantai siklus materi dan aliran energi.
  5. Menurut Pudyo Susanto (2000), ekosistem adalah suatu unit lingkungan hidup yang di dalamnya terdapat hubungan fungsional yang sistematik antara sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan komponen lingkungan abiotik.
5. Pengertian Ekosistem Secara Umum
Ekosistem tidak hanya terbatas pada lingkungan biologi saja, tetapi dapat digunakan secara umum atau lebih luas. Dalam arti umum, ekosistem adalah jaringan yang kompleks dan saling terhubung. Contoh adalah pada kata “ekosistem iOS dan Android”.

No comments:

Post a Comment