Pengertian Domestikasi (Artikel Lengkap)

Domestikasi adalah pengadopsian tumbuhan dan hewan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan manusia. Dapat dikatakan, domestikasi adalah suatu “penjinakan” terutama terhadap hewan liar. Domestikasi melibatkan populasi hewan liar tersebut. Hewan tersebut akan mengalami seleksi, pemuliaan (perbaikan keturunan), dan perubahan sifat dan perilaku hewan. Anjing dan domba merupakan hewan pertama yang mengalami domestikasi. Dalam bahasa Inggris, domestikasi disebut domestication.
Pengertian domestikasi

1. Asal Mula Kata Domestikasi
Etimologi kata “domestikasi” merupakan kata serapan dari bahasa Inggris domestication yang muncul pada tahun 1774, yang berasal dari kata kerja domesticate, yang berasal dari bahasa Latin Pertengahan domesticatus, yang merupakan bentuk past participle dari domesticare yang berarti “menjinakkan” atau secara harfiah “untuk tinggal di rumah”
2. Arti Kata Domestikasi
Dalam KBBI versi e-book terdapat arti kata domestik yang merupakan adjektiva (kata sifat) yang salah satunya berarti:
  1. Binatang piaraan; binatang jinak.
Sedangkan dalam KBBI versi kbbi.web.id dan jagokata.com terdapat arti kata domestikasi yang merupakan nomina (kata benda) yang berarti:
  1. Penjinakan hewan liar atau hewan buas dan sebagainya.
3. Pengertian Domestikasi Dalam Evolusi
Domestikasi adalah suatu budi daya yang menyebabkan perubahan genetika pada tumbuhan ataupun hewan yang dilakukan oleh manusia. Proses ini membutuhkan waktu bertahun-tahun. Domestikasi bisa disebut sebagai bentuk evolusi akibat proses adaptasi dari lingkungan liar ke lingkup kehidupan sehari-hari manusia. Oleh karena itu, spesies hasil domestikasi akan memiliki karakter yang berbeda dengan nenek moyangnya.

No comments:

Post a Comment