Letak Ginjal Manusia (Artikel Lengkap)

loading...
Ginjal adalah organ berbentuk seperti kacang yang memiliki peran penting dalam sistem ekskresi pada manusia. Manusia memiliki sepasang ginjal. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah dan mengeluarkannya dari tubuh dalam bentuk urin. Berikut adalah letak ginjal pada manusia dengan dua contoh gambar.


Pada manusia, ginjal terletak di bagian belakang atas rongga perut, pada salah satu sisi tulang punggung, di dalam ruang retroperitoneal (area di belakang peritoneum, tudung dari usus), dengan posisi yang sedikit miring. Letak kedua ginjal yang asimetris pada rongga perut disebabkan oleh posisi hati (liver) yang membuat ginjal kanan terletak sedikit lebih rendah dan berukuran lebih kecil daripada ginjal kiri, serta terletak lebih tengah dibandingkan ginjal kiri. Ginjal kiri terletak di sekitar tulang belakang level T12 sampai L3, dan ginjal kanan sedikit lebih rendah. Ginjal kiri berada di bawah diafragma dan bagian posterior limpa. Di atas masing-masing ginjal terdapat kelenjar adrenalin. Bagian atas ginjal sebagian dilindungi oleh tulang rusuk ke-11 dan ke-12.
Letak ginjal manusia pada rangka

Gambar visualisasi x-ray diatas menunjukkan letak ginjal manusia bersama dengan rangka-rangka di sekitarnya. Dari gambar diatas terlihat bahwa ginjal terletak di antara rongga dada dan rongga perut. Ginjal dikelilingi oleh tulang rusuk bagian bawah. Di antara ginjal terdapat aorta dan pembuluh vena besar.
Letak ginjal manusia pada organ lain

Sedangkan gambar visualisasi x-ray diatas menunjukkan letak ginjal manusia bersama dengan organ-organ vital lain di sekitarnya. Dari gambar diatas terlihat bahwa ginjal terletak di antara hati dan usus. Terdapat gambar lambung disana, sebenarnya ginjal terletak di belakang lambung. Gambar diatas juga memperlihatkan hubungan posisi hati (liver) terhadap letak kedua ginjal yang tidak simetris.



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment