13 Permasalahan Ekonomi di Indonesia

(Merupakan bagian dari materi lengkap tentang Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, dan Kebijakan Ekonomi)

Permasalahan ekonomi yang terjadi di suatu negara dapat memperlambat laju pertumbuhan ekonomi. Di Indonesia permasalahan ekonomi dapat menghambat terwujudnya dan kesejahteraan masyarakat. Beberapa permasalahan ekonomi Indonesia sebagai berikut.

1. Rendahnya Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi suatu negara merupakan salah satu indikasi yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan pembangunan negara tersebut. Pertumbuhan ekonomi dapat dilihat melalui tingkat produksi barang dan jasa yang dapat dihasilkan selama satu periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi negara berkembang seperti Indonesia sering terkendala masalah modal dan investasi. Indonesia masih bergantung pada modal dari investasi pihak asing untuk menunjang kegiatan ekonominya.
Lambatnya pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi naiknya harga minyak dunia. Kenaikan harga minyak dunia merupakan akibat langkanya minyak mentah. Kelangkaan disebabkan menipisnya cadangan minyak serta terhambatnya distribusi minyak. Kenaikan harga minyak menyebabkan harga barang pokok lain ikut naik. Akibatnya, daya beli masyarakat menjadi berkurang dan terjadi penurunan kegiatan ekonomi masyarakat.

2. Kemiskinan

Kemiskinan merupakan keadaan masyarakat yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup meliputi makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan sebagai akibat berkurangnya pendapatan masyarakat secara riil. Masyarakat mengalami penurunan daya beli barang-barang kebutuhan pokok secara umum. Akibatnya, masyarakat tidak dapat hidup secara layak sehingga taraf hidupnya menurun.
Berdasarkan data BPS bulan Maret 2012 jumlah penduduk yang berada dalam garis kemiskinan berjumlah sekitar 29,13 juta orang (11,96%). Jumlah ini berkurang sebanyak 0,89 juta orang dari periode yang sama tahun sebelumnya. Menurunnya angka kemiskinan ditunjang adanya penurunan harga komoditas makanan sedikit lebih besar dibandingkan peranan komoditas bukan makanan.

3. Pengangguran

Secara umum pengangguran diartikan sebagai angkatan kerja yang tidak bekerja. Pengangguran merupakan rantai masalah yang dapat menimbulkan beberapa permasalahan pada suatu negara. Pengangguran disebabkan jumlah angkatan kerja yang tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja/kesempatan kerja. Akibatnya, banyak angkatan kerja yang tidak dapat terserap dalam lapangan pekerjaan sehingga menimbulkan pengangguran.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah angkatan kerja di Indonesia tahun 2012 mencapai 120,4 juta jiwa. Sementara itu, jumlah pengangguran pada bulan Februari 2012 sebanyak 7,61 juta jiwa turun dari tahun sebelumnya sebanyak 7,7 juta jiwa. Hal ini diharapkan sebagai indikasi yang baik mengenai perbaikan keadaan ketenagakerjaan di Indonesia. Untuk mencapai harapan tersebut, pemerintah perlu mengusahakan kebijakan di bidang ketenagakerjaan, misalnya perbaikan kualitas tenaga kerja / sumber daya manusia, menciptakan lapangan pekerjaan, mendorong tumbuhnya investasi dan modal, menyediakan informasi lapangan pekerjaan, serta memberikan pelatihan dan keterampilan bagi tenaga kerja.

4. Kesenjangan Penghasilan

Penghasilan digunakan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Dalam masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Dalam masyarakat terdapat kelompok masyarkat dengan penghasilan tinggi dan kelompok masyarakat dengan penghasilan rendah. Masyarakat yang memiliki penghasilan tinggi mampu memenuhi kebutuhan hidupnya mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Sementara itu, kelompok masyarakat yang memiliki penghasilan rendah tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya meskipun kebutuhan yang paling dasar.
Perbedaan kelompok masyarakat dengan penghasilan tertentu menimbulkan permasalahan kesenjangan penghasilan. Oleh karena itu, diperlukan peran pemerintah dalam memeratakan penyaluran distribusi pendapatan. Hal ini dilakukan untuk meratakan kemampuan masyarakat dalam menikmati hasil pembangunan. Selain itu, upaya pemerintah dalam meratakan penghasilan bertujuan untuk mengurangi kesenjangan dan kecemburan sosial masyarakat.

5. Inflasi

Berdasarkan data BPS, inflasi Indonesia pada tahun 2011 sebesar 3,79%. Inflasi yang terjadi di Indonesia disebabkan tingginya permintaan agregat, sementara permintaan barang dan jasa tidak diimbangi dengan kemampuan produksi dan kenaikan biaya produksi. Inflasi ditandai oleh kenaikan harga barang dan jasa secara keseluruhan. Hal ini akan menimbulkan penurunan daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa. Inflasi berdampak pada lesunya kegiatan perekonomian, kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, melemahnya nilai rupiah, dan ketidakstabilan perekonomian negara. Berdasarkan sumbernya inflasi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu inflasi tarikan permintaan dan inflasi dorongan biaya.
 

6. Hutang Luar Negeri

Indonesia memiliki hutang luar negeri yang sangat banyak yakni lebih dari USD 100 miliar. Setiap kementerian mempunyai hutang. Indonesia adalah negara dengan hutang luar negeri terbesar ke-3 di dunia setelah Brazil dan Meksiko. Hutang yang terus menumpuk tersebut menyebabkan terjadinya berbagai masalah perekonomian seperti nilai mata uang Rupiah yang terus menurun.

7. Defisit Anggaran

APBN Indonesia selalu mengalami defisit. Defisit adalah saat ketika anggaran belanja lebih tinggi dari anggaran pendapatan. Itulah salah satu alasan kenapa hutang negara kita terus menumpuk. Penyebab utamanya adalah korupsi, perilaku pemerintah yang sangat boros anggaran, dan subsidi yang tidak tepat sasaran.

8. Ketidakmampuan Industrial

Industri di Indonesia kebanyakan hanya merakit barang saja. Kalaupun ada industri besar, industri tersebut pasti milik asing. Perindustrian masih sangat bergantung pada ekonomi, bahan baku, dan teknologi asing. Padahal kita memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sangat besar. Namun karena kita tidak dapat mengelolanya dengan baik, maka kita harus meminta bantuan asing. Akibatnya, sebagian keuntungan dibawa ke luar negeri sedangkan Indonesia hanya mendapatkan pendapatan dari pajak dan upah buruh saja.

9. Ketidakmampuan Mengelola Sumber Daya Manusia

Walaupun penduduk Indonesia terbanyak ke-4 di dunia, namun kualitasnya masih sangat buruk. Sehingga Indonesia selalu kekurangan para ahli dan harus mendatangkannya dari luar negeri. Sedangkan kebanyakan orang Indonesia yang bekerja di luar negeri hanya bisa menjadi pembantu saja.

10. Penguasaan Iptek yang Kurang

Penguasaan iptek di Indonesia juga masih sangat kurang. Ini disebabkan karena jumlah tenaga ahli di Indonesia masih sangat sedikit. Kalaupun ada, mereka lebih memilih untuk bekerja di luar negeri karena penghasilannya jauh lebih tinggi. Penguasaan iptek yang kurang menyebabkan Indonesia tidak bisa mengelola kekayaan alamnya sendiri.

11. Korupsi

Korupsi menjadi masalah serius di negeri ini. Hampir di semua bidang terjadi korupsi dan suap-menyuap baik itu “kelas teri” maupun “kelas kakap”. Akibatnya bermacam-macam, mulai dari program pemerintah yang menjadi kacau, penegakan hukum menjadi lemah, dan pemborosan anggaran.

12. Masalah Pangan

Ketidakmampuan pemerintah dalam mengendalikan harga pangan membuat harga pangan terus meroket terutama sembako. Ditambah lagi dengan semakin sempitnya lahan pertanian akibat alih fungsi lahan. Sangat ironis memang mengingat Indonesia adalah negara agraris yang sangat subur. Kesejahteraan petani yang kurang diperhatikan menjadi salah satu penyebabnya. Untuk memenuhi kebutuhan pangan saat ini, pemerintah harus mengimpornya dari luar negeri.

13. Pembangunan yang Cenderung Tersentralisasi

Indonesia memang sedang pesat-pesatnya membangun. Tetapi yang disayangkan adalah kenapa hanya kawasan tertentu saja yang dibangun sedangkan daerah lain ditinggalkan begitu saja. Hal ini menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dan daerah perkotaan menjadi semakin padat. Jika pemerintah melakukan pembangunan secara merata, maka setiap daerah akan berkembang lebih cepat dan itu juga bisa mempercepat kemajuan Indonesia.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

104 comments:

  1. izin copy artikelnya gan.. buat tugas..
    Nice post. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. IZIN UNTUK NGOPY EA

      Delete
    2. IZIN UNTUK mengcopy permasalahan ekonomi yg ada indonesia

      Delete
    3. Anda dibebaskan untuk menggunakan seluruh isi artikel saya untuk tujuan apapun. Namun saya sarankan untuk senantiasa mencantumkan sumber untuk menghargai jasa penulis :)

      Delete
  2. rata rata ulangan ekonomi SMA soalnya mencakup ini .. thx infonya bro

    ReplyDelete
  3. izin copas buat ngerjain tugas di skul.. thanxs

    ReplyDelete
  4. izin TEMPEL kang.. buat tugas filsafat Kuliah nih.. :)

    ReplyDelete
  5. Ijin Tempel Juga kang :) buat berbagi ilmu :) terima kasih kang sebelumnya

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. thanks,,, sangat membantu bnget

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Aku baca dan pinjam untuk dicopy, terima kasih.

    ReplyDelete
  10. asalamuallaikum afwan sebelumnya..
    izin copas ya sob,,buat materi ujian kuliah,,, syukron

    ReplyDelete
  11. Izin copy ya dek mw ngerjain tugas thnx

    ReplyDelete
  12. izin copas yah buat tugas ekonomi besok

    ReplyDelete
  13. Syukron :) sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  14. ijin copas ya buat tugas

    ReplyDelete
  15. makasih :)

    Izin Copast

    ReplyDelete
  16. izin copy ya, utk tugas. trims

    ReplyDelete
  17. Izin copas buat kerjakan tugas ya min :)

    ReplyDelete
  18. makasih atas artikelnya gan,,, izin copy buat tugas,, dan salam kenal

    ReplyDelete
  19. Saya setuju dengan postingan yang anda berikan... kesimpulan yang dapat saya ambil adalah di dalam mewujudkan perekonomian yang baik adalah dengan menguji atau menggali kemampuan kita sehingga kita dapat menciptakan lapangan usaha sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, sebenarnya kita tidak perlu mengeluh dan menyalahkan pemerintah. Di Indonesia terdapat banyak sekali peluang usaha. Selain kita juga untung, kita juga berkontribusi mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

      Terima kasih atas komentarnya :)

      Delete
  20. Izin copas. Terimakasih sukses selalu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan. Sama-sama dan senang bisa membantu Anda :)

      Delete
  21. Maaf izin copy , artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan,, senang bisa membantu Anda :)

      Delete
    2. Terimakasih postingan ini membantu saya dalam mengerjakan UAS :)

      Delete
  22. makasih kak buat bahan speech contest thanks banget

    ReplyDelete
  23. Izin nyalin pak untuk tugas ips dasar. Terima kasih ilmunya

    ReplyDelete
  24. sebenarnya kita tidak bisa hanya mengharapkan semua dari pemerintah, kita juga harus ikut membantu memajukan indonesia agar indonesia kita lebih maju dan sejahtera dan juga diharapkan revolusi mental dari para pemimpin pemimpin negri ini agar tidak melakukan korupsi yang merugikan negara yang kita cintai ini..

    ReplyDelete
  25. indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia sebaik nya pemerintah menggalakkan tenaga kerja yang berkualitas agar kmiskinan tidak menjadi permasalahan yang kompleks dan membangun infrastuktur yang memadai agar masyarakat semaikn sejahtera

    ReplyDelete
  26. semoga indonesia menjadi negara yang yang maju dan memanfaatkan sdm sebaik mungkin

    ReplyDelete
  27. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia sebaik nya pemerimtah menggalak kan tenaga kerja yang berkualitas agar kemiskinan tidak menjadi permasalam yang kompleks dan membangun infrastruktur yang memadai agar masyarakat semakin sejahtera dan korupsi tidak lagi terjadi

    ReplyDelete
  28. you're rock!! :D izin copy ya buat tugas skolah, terimakasih!!

    ReplyDelete
  29. izin copy buat materi kelas 8..terimakasih..

    ReplyDelete
  30. Izin copy ka.. untuk tugas kuliah.
    saya setuju dengan artikel diatas bahwasanya kita tdk hrus selalu mengandalkan pemerintah untuk diadakan.ny lpangan kerja yang banyak.tapi sekarang saat.nya kita untuk menciptakan lapangan kerja yang baru / membuat usaha baru demi trcipta.ny lapangan kerja untuk semua yang membutuhkan pekerjaan
    #semangatt

    ReplyDelete
  31. Ada artikel yang membahas tentang cara mengatasi permasalahan ekonomi yang di atas g?

    ReplyDelete
  32. izin copy artikel nya gan, buat tugas

    ReplyDelete
  33. Ijin copy bos... Saya terima kasih banget sama info ini Siip dah yang buat

    ReplyDelete
  34. ijin copy kaka buat tugas sekolah

    ReplyDelete
  35. sumber infonya dari mana itu min? ada link atau daftar pustaka ga?

    ReplyDelete
  36. Sangat bermanfaat!!
    izin copy yaa :)) terimakasih

    ReplyDelete
  37. terimakasih, atas artikelnya ?

    ReplyDelete
  38. izin copas kang, saya pasti sertakan link nya kok

    ReplyDelete
  39. Jawabannya simpel, hanya satu masalah negri ini yaitu pendidikan, alokasikan biaya pendidikan di seluruh NKRI secara merata, supsidikan sekolah dari tingkat dasar sampai universitas dengan kualitas baik, apalagi sistem negara demokrasi pasti negara kita negara kaya raya, seruruh negara dengan Jona wilayah yang tropis potensi besar negara negara makmur utama pangan itu pasti tercukpi, bayangkan kita diturunkan di wilayah salju dengan pendidikan minimal, pasti hancur negara' negara subur pendidikan terbaik,Indonesia nomor satu didunia.

    ReplyDelete
  40. Sangat informatif dan edukatif, smoga kita bisa berkontribusi banyak unt mengentaskan / mencari solusi trbaik dan bijak bagi permasalahan tsb diatas,,,

    ReplyDelete
  41. Lumayan tpi kurang banyak

    ReplyDelete
  42. izin copy artikelnya buat tugas...thanks

    ReplyDelete
  43. izin copy..
    terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Vira Yusniar NIngsih
      Izin copy ka.. untuk tugas kuliah.
      saya setuju dengan artikel diatas bahwasanya kita tdk hrus selalu mengandalkan pemerintah untuk diadakan.ny Lapangan kerja yang banyak.tapi sekarang saat.nya kita untuk menciptakan lapangan kerja yang baru / membuat usaha baru demi trcipta.ny lapangan kerja untuk semua yang membutuhkan pekerjaan

      Delete
    2. Saya Vira Yusniar Ningsih
      Izin Saya Kak Mengambil Tugas Permasalahan Ekonomi Untuk Tugas Saya Untuk Bisa Di Terima DI Menjadi Laporan :)

      Delete
  44. semoga indonesia menjadi negara yang lebih maju dan memanfaatkan sumber daya alam sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  45. Saya Vira Yusniar Ningsih
    Izin copy ka.. untuk tugas kuliah.
    saya setuju dengan artikel diatas bahwasanya kita tdk hrus selalu mengandalkan pemerintah untuk diadakan.ny lpangan kerja yang banyak.tapi sekarang saat.nya kita untuk menciptakan lapangan kerja yang baru / membuat usaha baru demi trcipta.ny lapangan kerja untuk semua yang membutuhkan pekerjaan

    ReplyDelete
  46. Cara mengatasi inflasi dengan adanya Kebijakan moneter adalah segala bentuk kebijakan yang diambil pemerintah di bidang moneter (keuangan) yang tujuannya untuk menjaga kestabilan moneter agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.#STIALKDUMAI

    ReplyDelete
  47. Kebijakan moneter adalah segala bentuk kebijakan yang diambil pemerintah di bidang moneter (keuangan) yang tujuannya untuk menjaga kestabilan moneter agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.#STIALKDUMAI

    ReplyDelete
  48. Nama Saya Vira Yusniar Ningsi Izin Copy Paste Tentang Permasalahan Ekonomi Untuk Tugas Kuliah Saya
    saya setuju dengan artikel diatas bahwasanya kita tdk hrus selalu mengandalkan pemerintah untuk diadakan.ny lpangan kerja yang banyak.tapi sekarang saat.nya kita untuk menciptakan lapangan kerja yang baru / membuat usaha baru demi trcipta.ny lapangan kerja untuk semua yang membutuhkan pekerjaan

    ReplyDelete
  49. Panjang teuing euy lieur ningalina, terlu panjang dan susah di ingat.

    ReplyDelete
  50. Terimakasih kak...sangat bermanfaat sekali untuk saya 😊

    ReplyDelete
  51. saya suka dengan gaya berpikir anda, cukup solutif. thumbs up

    ReplyDelete
  52. Izin copy ya buat project Sosiologi... Terima kasih

    ReplyDelete
  53. Izin copas kang, buat tugas sekolah

    ReplyDelete
  54. Izin coppy ya infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete