18 Jenis-Jenis Nilai Sosial (Materi Lengkap | Sosiologi)

Jenis-Jenis Nilai SosialNilai Sosial adalah segala sesuatu yang dianggap berharga oleh masyarakat. Pengertian nilai sosial juga merupakan anggapan masyarakat tentang sesuatu yang diharapkan, indah, dan benar. Apa sajakah macam-macam nilai sosial? Langsung saja kita simak yang pertama:
Jenis-jenis nilai sosial menurut Prof Dr.Notonagoro adalah sebagai berikut:
  • Nilai material adalah nilai yang meliputi berbagai konsepsi mengenai segala sesuatu yang berguna bagi jasmani manusia. Salah satu contoh nilai material adalah sandang dan pangan.
  • Nilai vital adalah nilai yang meliputi berbagai konsepsi yang berkaitan dengan segala sesuatu yang berguna bagi manusia dalam melaksanakan berbagai aktivitas. Salah satu contoh nilai vital adalah buku pelajaran yang berguna bagi siswa saat belajar.
  • Nilai kerohanian adalah nilai yang meliputi berbagai konsepsi yang berkaitan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan rohani manusia. Salah satu contoh nilai kerohanian adalah beribadah.
Nilai kerohanian dibedakan lagi menjadi 4 macam yaitu:
  • Nilai kebenaran (kenyataan) yang bersumber dari unsur akal manusia (ratio, budi, cipta). Contoh nilai kebenaran: Bumi itu bentuknya bulat, garam rasanya asin, gula rasanya manis, matahari adalah bintang, manusia bernapas dengan oksigen, dll.
  • Nilai keindahan, yang bersumber dari unsur rasa manusia (perasaan, estetis). Contoh: Tari-tarian, lukisan, patung, perhiasan, dll.
  • Nilai moral (kebaikan) yang bersumber dari unsur kehendak atau kemauan (karsa, etika). Contoh: norma dalam masyarakat, larangan, aturan, adat istiadat, dll.
  • Nilai religious yang merupakan nilai ketuhanan, kerohanian yang tertinggi dan mutlak. Contoh: Ritual-ritual keagamaan.
Selain itu, ada juga nilai sosial yang dilihat dari sifat, ciri, dan tingkat keberadaannya. Berikut adalah jenis-jenis nilai sosial dilihat dari sifatnya:

  1. Nilai Kepribadian adalah nilai-nilai yang membentuk kepribadian (karakter) seseorang. Contoh nilai kepribadian adalah lingkungan, emosi, kreativitas, gagasan, ide, dll.
  2. Nilai kebendaan adalah nilai yang dapat diukur dari kegunaannya sehari-hari. Contoh nilai kebendaan adalah meja, alat tulis, dll.
  3. Nilai biologis adalah nilai yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Contoh nilai biologis adalah olahraga dan menjaga kesehatan.
  4. Nilai hukum adalah nilai yang harus dipatuhi oleh setiap orang tanpa kecuali Contoh nilai hukum adalah undang-undang, pidana, dan perdata.
  5. Nilai pengetahuan adalah nilai yang didapat dari pengalaman atau proses belajar. Contoh nilai pengetahuan adalah ilmu dan buku pengetahuan.
  6. Nilai agama adalah nilai yang erat hubungannya dengan ketuhanan. Nilai ini disesuaikan dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Contoh nilai agama adalah kitab suci, cara beribadah, dan upacara adat.
  7. Nilai keindahan adalah nilai yang mencerminkan estetika dan kebudayaan. Contoh nilai keindahan adalah lukisan, tarian, patung, perhiasan, dekorasi, dll.
Berikut adalah jenis-jenis nilai sosial berdasarkan cirinya:

  1. Nilai yang tercernakan atau mendarah daging adalah nilai yang telah mendarah daging dalam manusia menjadi kepribadian dan naluri. Contohnya adalah rasa ingin menolong.
  2. Nilai dominan adalah nilai yang dianggap lebih penting dibandingkan nilai-nilai yang lain. Banyak faktor yang menjadikan nilai tersebut dominan seperti jumlah penganut, usia, dan kedudukan nilai tersebut.
Berikut adalah jenis-jenis nilai sosial berdasarkan tingkat keberadaannya:

  1. Nilai yang berdiri sendiri adalah nilai yang sudah ada di dalam manusia atau suatu hal sejak pertama kali diciptakan. Contohnya emas yang berkilau, manusia yang tampan atau cantik, dan pemandangan yang asri.
  2. Nilai yang tidak berdiri sendiri adalah nilai yang diperoleh manusia atau suatu hal karena usaha atau bantuan dari pihak lain. Contohnya kepandaian, keterampilan, dan keindahan pada suatu hasil kerajinan.
Sumber:
1. JENIS-JENIS NILAI SOSIAL (id.shvoong.com)
2. Nilai Sosial dan Norma Sosial (sosiologipendidikan.blogspot.com)
3. macam-macam nilai sosial? (id.answers.yahoo.com)

Artikel bermanfaat lainnya:


Selamat belajar, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

14 comments:

  1. Replies
    1. Permintaan Anda sudah kami konfirmasi. Makasii dan maaf atas ketidaklengkapan artikel ini :)

      Delete
  2. Replies
    1. wkwkwk di kata kunci apa? :D

      coba juga cek "seni rupa" di Google :D

      Delete
  3. lengkap dari mana coy????

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, apa yang Anda butuhkan? Apa ada masukkan? :)

      Delete
  4. Sangat membantu sekali :)

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu bagi saya
    FB : Yohan HadiNata
    twitter : @YohanHadinata
    THANK'S

    ReplyDelete
  6. Maaf itu contoh Nilai Keindahan sama Nilai Moral itu sama ? Apa memang sifatnya sama jadi contohnya juga sama ?

    ReplyDelete
  7. hmm bagus sih tapi kurang memuaskan gan :)
    @abd_beatbox

    ReplyDelete
  8. membantu makalah saya,,
    thanks yaa

    ReplyDelete