118 Unsur Kimia Berdasarkan Nomor Atom Beserta Penjelasan

Unsur kimia adalah spesies atom atau zat kimia yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil. Unsur kimia inilah yang menyusun seluruh materi di alam semesta. Unsur tersebut dikelompokkan dan disusun dalam bentuk tabel yang disebut tabel periodik. Berikut adalah daftar unsur kimia berdasarkan nomor atom lengkap dengan masing-masing penjelasan. Daftar ini adalah yang terbaru (per Agustus 2017). Unsur kimia yang tercantum hanya yang sudah diberi nama (tidak berisi awalan “unu-“ contoh: ununennium). Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Tabel Periodik dan Penjelasan Keterangan Lengkap

Tabel periodik unsur kimia

1. Hidrogen

Hidrogen adalah unsur kimia dengan simbol H dan nomor atom 1. Hidrogen merupakan unsur paling ringan dalam tabel periodik dan paling berlimpah di alam semesta. Hidrogen juga dipercaya sebagai unsur yang pertama kali tercipta setelah big bang. Hidrogen menjadi unsur utama di bintang dan menjadi sumber energi untuk pencahayaan bintang. Tiap molekul air juga berisi dua atom hidrogen. Manfaat hidrogen bagi manusia salah satunya adalah sebagai sumber energi.

2. Helium

Helium adalah unsur kimia dengan simbol He dan nomor atom 2. Helium tergolong gas mulia dan merupakan unsur paling berlimpah kedua di alam semesta. Helium banyak terdapat di planet gas seperti Jupiter dan Saturnus. Manfaat helium bagi manusia salah satunya adalah sebagai pengisi udara pada balon terbang.

3. Litium

Litium adalah unsur kimia dengan simbol Li dan nomor atom 3. Litium merupakan logam alkali yang lunak dan berwarna perak keputihan. Dalam kondisi standar, Litium merupakan unsur yang paling ringan dan unsur padat paling ringan. Manfaat litium bagi manusia salah satunya adalah sebagai bahan baku baterai litium yang biasa digunakan untuk ponsel.

4. Berilium

Berilium adalah unsur kimia dengan simbol Be dan nomor atom 4. Unsur ini relatif langka di alam semesta. Manfaat berilium bagi manusia salah satunya adalah sebagai bahan kaca jendela helikopter, sensor airbag, dan cakram rem.

5. Boron

Boron adalah unsur kimia dengan simbol B dan nomor atom 5. Boron tidak cukup melimpah di alam semesta dan bumi. Cadangan boron terbesar yang diketahui berada di Turki yang sekaligus sebagai negara penghasil mineral boron terbesar. Manfaat boron bagi manusia salah satunya adalah sebagai bahan baku kaca anti pecah/gores dan bodi tank.

6. Karbon

Karbon adalah unsur kimia dengan simbol C dan nomor atom 6. Karbon merupakan salah satu unsur paling melimpah di alam semesta dan bumi, serta dikenal sebagai unsur umum semua makhluk hidup. Karbon merupakan unsur paling melimpah kedua dalam tubuh manusia setelah oksigen. Manfaat karbon bagi manusia sangat banyak seperti mata bor, body kendaraan ringan, saringan karbon, bahan baku plastik, bahan bakar minyak (karbon merupakan penyusun utama hidrokarbon), dll

7. Nitrogen

Nitrogen adalah unsur kimia dengan simbol N dan nomor atom 7. Nitrogen merupakan unsur utama atmosfer bumi. Nitrogen juga terdapat di semua organisme terutama pada asam amino, asam nukleat, dan ATP. Sekitar 3% dari massa tubuh manusia adalah nitrogen sehingga menjadi unsur paling melimpah keempat dalam tubuh manusia setelah oksigen, karbon, dan hidrogen. Manfaat nitrogen bagi manusia adalah sebagai bahan bakar kendaraan performa tinggi, pupuk, dan TNT.

8. Oksigen

Oksigen adalah unsur kimia dengan simbol O dan nomor atom 8. Oksigen merupakan non logam yang sangat reaktif dan merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta setelah hidrogen dan helium. Dioksigen digunakan dalam respirasi sel. Manfaat oksigen bagi manusia adalah sebagai api, air, tabung oksigen untuk bernapas, dan mesin.

9. Fluor

Fluor adalah unsur kimia dengan simbol F dan nomor atom 9. Fluor merupakan halogan paling ringan dan sangat reaktif. Fluor sangat beracun dalam wujud murninya. Manfaat fluor bagi manusia adalah sebagai tambahan dalam pasta gigi untuk menguatkan email gigi, bahan baku teflon, dll.

10. Neon

Neon adalah unsur kimia dengan simbol Ne dan nomor atom 10. Neon merupakan salah satu gas mulia. Wujudnya tidak berwarna dan tidak berbau. Neon merupakan unsur langka. Hanya mencakup 0,001 persen dari atmosfer. Manfaat neon bagi manusia adalah sebagai bahan laser dan pencahayaan.

11. Natrium

Natrium atau sodium adalah unsur kimia dengan simbol Na dan nomor atom 11. Sodium merupakan logam alkali yang lunak, putih keperakan, dan sangat reaktif. Natrium merupakan salah satu unsur pada garam bersama klor. Manfaat natrium bagi manusia adalah bahan kembang api, baking soda, sabun, dan garam.

12. Magnesium

Magnesium adalah unsur kimia dengan simbol Mg dan nomor atom 12. Magnesium merupakan unsur paling melimpah ke-9 di alam semesta. Manfaat magnesium bagi manusia adalah sebagai bahan baku body kamera, velg ban, kembang api, dan bedak.

13. Aluminium

Aluminium adalah unsur kimia dengan simbol Al dan nomor atom 13. Aluminium merupakan logam boron berwarna putih keperakan, lunak, dan tidak bersifat magnetik. 8% dari kerak bumi merupakan aluminium. Manfaat aluminium bagi manusia adalah sebagai bahan baku kaleng, pakaian tahan panas, raket tenis, aluminium foil, dan pesawat.

14. Silikon

Silikon adalah unsur kimia dengan simbol Si dan nomor atom 14. Silikon merupakan padatan kristal yang keras namun rapuh dengan warna biru keabu-abuan. Sekitar 90% mineral yang membentuk batuan di Bumi mengandung silikon. Silikon sangat populer digunakan dalam industri semikonduktor seperti komponen elektronik. Bahkan ada julukan lembah silikon di California yang menjadi kantor pusat banyak perusahaan teknologi ternama di dunia.

15. Fosfor

Fosfor adalah unsur kimia dengan simbol P dan nomor atom 15. Manfaat fosfor bagi manusia adalah sebagai bahan baku serat optik, pupuk, pestisida, korek api, bahkan salah satu unsur dalam DNA.

16. Belerang

Belerang atau sulfur adalah unsur kimia dengan simbol S dan nomor atom 16. Belerang merupakan unsur paling melimpah ke-10 di alam semesta, dan ke-5 di Bumi. Manfaat belerang bagi manusia adalah sebagai bahan baku pembersih kulit, ban vulkanisir, dan aki.

17. Klor

Klor adalah unsur kimia dengan simbol Cl dan nomor atom 17. Manfaat klor bagi manusia adalah sebagai salah satu hasil sekresi yang dikeluarkan lambung yakni asam klorida, salah satu unsur pada garam, bahan baku pemutih, pipa PVC, dll.

18. Argon

Argon adalah unsur kimia dengan simbol Ar dan nomor atom 18. Argon merupakan salah satu gas mulia dan gas paling melimpah ketiga di atmosfer Bumi. Manfaat argon bagi manusia adalah sebagai pengisi celah antara panel kaca untuk mengurangi panas, dalam pengelasan, dan melindungi benda bersejarah di museum.

19. Kalium

Kalium atau potasium adalah unsur kimia dengan simbol K dan nomor atom 19. Kalium merupakan salah satu logam alkali. 0,04% air laut adalah kalium. Kalium juga menjadi bagian dari banyak mineral. Kalium penting bagi tubuh manusia terutama untuk menjaga kinerja otot dan saraf. Pisang dan apokat kaya akan kalium. Manfaat kalium bagi manusia adalah sebagai bahan baku pupuk, sabun, kaca anti gores, dan bubuk mesiu.

20. Kalsium

Kalsium adalah unsur kimia dengan simbol Ca dan nomor atom 20. Kalsium merupakan unsur ke-5 paling melimpah di Bumi dan logam paling melimpah ketiga setelah besi dan aluminium. Kalsium paling banyak ditemukan dalam senyawa kalsium karbonat di batu kapur, gipsum, dll. Kalsium juga merupakan logam paling melimpah di tubuh manusia terutama tulang yang mengandung senyawa kalsium fosfat. Maka dari itu manusia membutuhkan asupan kalsium yang paling banyak terdapat di susu, jeruk, brokoli, dll. Manfaat kalsium bagi manusia adalah sebagai bahan baku obat maag (antasida) dan segala produk olahan kapur.

21. Skandium

Skandium adalah unsur kimia dengan simbol Sc dan nomor atom 21. Unsur ini merupakan salah satu unsur langka di Bumi. Sifat skandium mirip dengan aluminium, yakni logam lunak dan ringan. Manfaat skandium bagi manusia adalah sebagai bahan baku logam ringan seperti untuk pesawat jet kecepatan tinggi.

22. Titanium

Titanium adalah unsur kimia dengan simbol Ti dan nomor atom 22. Unsur ini tersebar luas di kerak Bumi dan litosfer serta ditemukan di hampir semua makhluk hidup, perairan, batuan, dan tanah. Manfaat titanium bagi manusia adalah sebagai bahan baku jam tangan, cat, tabir surya, rompi anti peluru, dll.

23. Vanadium

Vanadium adalah unsur kimia dengan simbol V dan nomor atom 23. Vanadium merupakan logam transisi yang keras namun lunak dan elastis. Warnanya abu keperakan. Manfaat vanadium bagi manusia adalah sebagai bahan baku kunci pas dan pisau logam Damaskus.

24. Krom

Krom adalah unsur kimia dengan simbol Cr dan nomor atom 24. Krom adalah logam yang berkilau, keras, dan rapuh. Manfaat krom bagi manusia adalah sebagai pelapis logam pada kendaraan agar tidak mudah berkarat.

25. Mangan

Mangan adalah unsur kimia dengan simbol Mn dan nomor atom 25. Unsur ini seringkali ditemukan dalam mineral bersamaan dengan besi. Mangan adalah logam penting dalam industri campuran logam, terutama pada stainless steel. Mangan bermanfaat bagi tubuh manusia dan terdapat pada nanas, kacang hazel, dan oat. Manfaat mangan bagi manusia adalah sebagai bahan baterai kering, rel kereta api, dll.

26. Besi

Besi adalah unsur kimia dengan simbol Fe (dari bahasa Latin ferrum) dan nomor atom 26. Besi merupakan unsur paling melimpah di Bumi, yang membentuk sebagian besar inti luar dan dalam Bumi. Besi juga merupakan unsur paling melimpah ke-4 di kerak Bumi. Besi (zat besi) juga bermanfaat bagi manusia dan banyak terdapat dalam makanan seperti bayam. Selain itu, manfaat besi bagi manusia sangat banyak seperti bahan baku pisau, baut, menara, kendaraan, dll.

27. Kobalt

Kobalt adalah unsur kimia dengan simbol Co dan nomor atom 27. Kobalt ditemukan selalu dalam bentuk campuran dengan besi atau logam lain. Manfaat kobalt bagi manusia adalah sebagai bahan baku magnet permanen, bilah turbin pesawat, dll.

28. Nikel

Nikel adalah unsur kimia dengan simbol Ni dan nomor atom 28. Manfaat nikel bagi manusia adalah sebagai bahan baku turbin kapal, senar gitar, pemanggang roti, dll.

29. Tembaga

Tembaga adalah unsur kimia dengan simbol Cu (dari bahasa Latin cuprum) dan nomor atom 29. Tembaga merupakan logam yang lunak dan mengonduksi panas dan listrik dengan sangat baik. Tembaga murni berwarna jingga kemerahan. Manfaat tembaga bagi manusia sangat luas mulai dari kabel listrik, komponen elektronik, sampai terompet.

30. Seng

Seng adalah unsur kimia dengan simbol Zn (zinc) dan nomor atom 30. Dalam beberapa aspek, seng mirip dengan magnesium. Manfaat seng bagi manusia adalah sebagai pelapis besi, perban medis, hand & body lotion, dll.

31. Galium

Galium adalah unsur kimia dengan simbol Ga dan nomor atom 31. Sifatnya mirip dengan logam lain dalam grup yang sama seperti aluminium, indium, dan talium. Titik leleh galium digunakan sebagai titik referensi suhu. Manfaat galium adalah sebagai bahan baku termometer pengganti merkuri yang berbahaya, laser blu-ray, warna merah LED, dan panel surya.

32. Germanium

Germanium adalah unsur kimia dengan simbol Ge dan nomor atom 32. Manfaat germanium bagi manusia adalah sebagai bahan baku lensa kamera, komponen elektronik, dan sensor mobil.

33. Arsen

Arsen adalah unsur kimia dengan simbol As dan nomor atom 33. Arsen seringkali disebut sebagai rajanya racun. Itu dikarenakan semua wujud dari arsen baik itu murni maupun senyawanya sangat beracun bagi hewan termasuk manusia. Racun arsenik telah digunakan selama beberapa abad. Manfaat arsen bagi manusia adalah sebagai bahan baku racun tikus dan aki mobil.

34. Selenium

Selenium adalah unsur kimia dengan simbol Se dan nomor atom 34. Manfaat selenium bagi manusia adalah bahan baku sel surya kalkulator, mesin fotokopi, sampo anti ketombe, dll.

35. Brom

Brom adalah unsur kimia dengan simbol Br dan nomor atom 35. Unsur ini merupakan unsur halogen teringan ke-3. Unsur ini sangat reaktif dan tidak ditemukan bebas di alam serta cukup langka di kerak bumi. Manfaat brom bagi manusia adalah sebagai tabung pemadam api, film negatif, dan pakaian tahan api.

36. Kripton

Kripton adalah unsur kimia dengan simbol Kr dan nomor atom 36. Kripton merupakan gas mulia yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Manfaat kripton bagi manusia adalah sebagai lampu flash kamera, bola plasma, dan lampu hemat energi.

37. Rubidium

Rubidium adalah unsur kimia dengan simbol Rb dan nomor atom 37. Rubidium adalah logam alkali yang lunak dan berwarna putih keperakan. Manfaat rubidium bagi manusia adalah sebagai bahan baku lensa penglihatan malam dan insulator.

38. Strontium

Strontium adalah unsur kimia dengan simbol Sr dan nomor atom 38. Strontium merupakan unsur metalik lunak berwarna putih-perak kekuningan. Manfaat strontium bagi manusia adalah sebagai bahan baku magnet pada loudspeaker dan pasta gigi untuk gigi sensitif.

39. Itrium

Itrium adalah unsur kimia dengan simbol Y dan nomor atom 39. Itrium merupakan logam transisi berwarna abu metalik yang secara kimia mirip dengan lantanida. Itrium hampir selalu ditemukan dalam kombinasi dengan unsur lantanida atau mineral langka lainnya, dan tidak pernah ditemukan dalam unsur bebasnya. Itrium merupakan satu-satunya isotop yang ditemukan di kerak Bumi. Manfaat itrium bagi manusia adalah sebagai bahan baku lampu LED, laser, dan lensa kamera anti guncangan.

40. Zirkonium

Zirkonium adalah unsur kimia dengan simbol Zr dan nomor atom 40. Zirkonium merupakan logam transisi yang kuat dan berwarna abu-abu keputihan. Manfaat zirkonium bagi manusia adalah sebagai bahan baku lampu flash kamera tahun 1960-an.

41. Niobium

Niobium adalah unsur kimia dengan simbol Nb dan nomor atom 41. Sebelumnya bernama columbium dengan simbol Cb. Niobium adalah logam transisi yang lunak, berwarna abu-abu, kristal, dan elastis. Manfaat niobium bagi manusia adalah sebagai bahan nosel roket dan tempat baterai pada alat pacu jantung.

42. Molibden

Molibden adalah unsur kimia dengan simbol Mo dan nomor atom 41. Manfaat molibden bagi manusia adalah sebagai bahan baku oli dan  rangka sepeda ringan.

42. Teknetium

Teknetium adalah unsur kimia dengan simbol Tc dan nomor atom 43. Teknetium merupakan unsur teringan yang semua isotopnya radioaktif dan tidak ada yang stabil. Hampir semua teknetium diproduksi secara sintetis. Manfaat teknetium bagi manusia adalah untuk melakukan pencitraan untuk mempelajari fungsi otak, otot jantung, tiroid, paru-paru, liver, kantung empedu, ginjal, rangka, darah, dan tumor.

43. Ruthenium

Ruthenium adalah unsur kimia dengan simbol Ru dan nomor atom 44. Ruthenium merupakan logam transisi yang langka. Manfaat ruthenium bagi manusia adalah sebagai bahan baku papan sirkuit elektronik dan panel surya berbiaya rendah.

45. Rodium

Rodium adalah unsur kimia dengan simbol Rh dan nomor atom 45. Rodium merupakan unsur langka, berwarna putih keperakan, keras, dan tahan karatan. Manfaat rodium bagi manusia adalah sebagai bahan baku reflektor lampu kendaraan bermotor, pelapis perhiasan, dan pelapis mikroskop.

46. Paladium

Paladium adalah unsur kimia dengan simbol Pd dan nomor atom 46. Paladium memiliki banyak manfaat bagi manusia yakni sebagai detektor karbon monoksida, peralatan medis, emas putih, komponen jam mekanik, ujung pulpen, alat musik flute, dll.

47. Perak

Perak adalah unsur kimia dengan simbol Ag dan nomor atom 47. Banyak yang mengenal perak sebagai perhiasan. Tetapi saat ini pemanfaatannya lebih beragam seperti papan sirkuit dan kacamata.

48. Kadmium

Kadmium adalah unsur kimia dengan simbol Cd dan nomor atom 48. Kadmium merupakan logam lunak berwarna putih kebiruan. Manfaat kadmium bagi manusia adalah sebagai bahan baku mikroskop fluoresens, resistor sensitif cahaya, sekrup, dll. Kadmium pernah digunakan sebagai bahan baku baterai, tetapi sudah tidak lagi karena beracun.

49. Indium

Indium adalah unsur kimia dengan simbol In dan nomor atom 49. Indium merupakan logam transisi yang mencakup 0,21/1.000.000 dari kerak Bumi. Indium sangat lunak dan mirip dengan galium dan talium. Manfaat indium bagi manusia adalah sebagai bahan baku transistor, panel layar sentuh, dan kacamata pelindung saat mengelas.

50. Timah

Timah (bahasa Inggris: tin) adalah unsur kimia dengan simbol Sn (bahasa Latin: stannum) dan nomor atom 50. Manfaat timah bagi manusia adalah sebagai pelapis anti karat.

51. Antimon

Antimon adalah unsur kimia dengan simbol Sb (bahasa Latin: stibium) dan nomor atom 51. Unsur ini telah diketahui sejak zaman kuno dan dimanfaatkan sebagai obat dan kosmetik. Manfaat antimon bagi manusia adalah sebagai bahan baku ujung korek api.

52. Telurium

Telurium adalah unsur kimia dengan simbol Te dan nomor atom 52. Manfaat telurium bagi manusia adalah sebagai bahan baku fiber optik, kaca berwarna merah, dan panel surya.

53. Yodium

Yodium (bahasa Inggris: iodine) adalah unsur kimia dengan simbol I dan nomor atom 53. Yodium dikenal sebagai kandungan dalam garam beryodium dan manfaatnya mencegah gondok bagi manusia. Manfaat lain yodium bagi manusia adalah sebagai bahan baku tinta printer, kacamata polarisasi, dan betadine.

54. Xenon

Xenon adalah unsur kimia dengan simbol Xe dan nomor atom 54. Xenon merupakan gas mulia yang tidak berwarna, padat, dan tidak berbau. Manfaat xenon bagi manusia adalah sebagai bahan baku lampu flash, lampu mobil, dan anestesi.

55. Sesium

Sesium adalah unsur kimia dengan simbol Cs (bahasa Inggris: caesium) dan nomor atom 55. Sesium merupakan satu dari hanya lima logam yang berwujud cair pada suhu ruangan atau mendekati suhu ruangan. Manfaat sesium bagi manusia adalah untuk membuat jam atom.

56. Barium

Barium adalah unsur kimia dengan simbol Ba dan nomor atom 56. Karena sangat reaktif, barium tidak pernah ditemukan di alam sebagai unsur bebas. Manfaat barium bagi manusia adalah sebagai bahan baku busi, gelas kaca, dan untuk mengecek kondisi saluran pencernaan.

57. Lantanium

Lantanium adalah unsur kimia dengan simbol La dan nomor atom 57. Lantanium cukup lunak untuk dipotong dengan pisau. Manfaat lantanium bagi manusia adalah untuk mengurangi warna kuning pada lampu dan bahan baku kaca pada lensa kamera.

58. Serium

Serium adalah unsur kimia dengan simbol Ce dan nomor atom 58. Serium merupakan logam yang lunak. Manfaat serium bagi manusia adalah sebagai bahan baku panel LED.

59. Praseodimium

Praseodimium adalah unsur kimia dengan simbol Pr dan nomor atom 59. Praseodimium merupakan anggota ketiga lantanida.

60. Neodimium

Neodimium adalah unsur kimia dengan simbol Nd dan nomor atom 60. Manfaat neodimium adalah memberi warna pink pada gelas kaca.

61. Prometium

Prometium adalah unsur kimia dengan simbol Pm dan nomor atom 61. Semua isotopnya merupakan radioaktif dan sangat langka. Hanya terdapat sekitar 500-600 gram pada kerak Bumi. Manfaat prometium bagi manusia adalah sebagai tenaga listrik pada misil.

62. Samarium

Samarium adalah unsur kimia dengan simbol Sm dan nomor atom 62. Unsur ini merupakan salah satu dari kelompok lantanida.

63. Europium

Europium adalah unsur kimia dengan simbol Eu dan nomor atom 63. Unsur ini dinamai dari benua Eropa. Unsur ini merupakan logam yang cukup keras dan berwarna keperakan. Unsur ini digunakan dalam uang kertas euro dan Inggris agar mengeluarkan sinar tertentu saat dibawah sinar UV.

64. Gadolinium

Gadolinium adalah unsur kimia dengan simbol Gd dan nomor atom 64. Gadolinium ditemukan di alam hanya dalam bentuk oksidasinya. Manfaat gadolinium bagi manusia adalah untuk mendapatkan hasil MRI scan yang lebih baik.

65. Terbium

Terbium adalah unsur kimia dengan simbol Tb dan nomor atom 65. Terbium dinamai berdasarkan nama desa Ytterby di Swedia. Manfaat terbium bagi manusia adalah untuk membuat magnet kuat yang digunakan di speaker.

66. Disprosium

Disprosium adalah unsur kimia dengan simbol Dy (dysprosium) dan nomor atom 66. Unsur ini sangat langka bahkan namanya berasal dari bahasa Yunani dysprositos yang berarti “susah didapat”. Manfaat disprosium bagi manusia adalah sebagai bahan baku magnet untuk baterai mobil hibrida, turbin PLTB, dan generator.

67. Holmium

Holmium adalah unsur kimia dengan simbol Ho dan nomor atom 67. Holmium merupakan bagian dari lantanida. Manfaat holmium adalah untuk memberi warna merah pada batu akik buatan.

68. Erbium

Erbium adalah unsur kimia dengan simbol Er dan nomor atom 68. Erbium merupakan lantanida yang langka dan umumnya ditemukan di pertambangan gadolinit di Ytterby. Desa Ytterby memang dikenal kaya akan unsur-unsur langka seperti yttrium (Y), erbium (Er), terbium (Tb), dan ytterbium (Yb).

69. Tulium

Tulium adalah unsur kimia dengan simbol Tm dan nomor atom 69. Tulium merupakan unsur lantanida. Manfaat tulium adalah sebagai bahan baku mesin x-ray portabel.

70. Iterbium

Iterbium adalah unsur kimia dengan simbol Yb (ytterbium) dan nomor atom 70. Manfaat iterbium bagi manusia adalah untuk membuat pemotong logam laser.

71. Lutetium

Lutetium adalah unsur kimia dengan simbol Lu dan nomor atom 71. Lutetium tidak tahan karat di udara lembab. Manfaat lutetium adalah sebagai bahan campuran minyak bumi pada menara distilasi.

72. Hafnium

Hafnium adalah unsur kimia dengan simbol Hf dan nomor atom 72. Keberadaannya sempat diprediksi oleh Dmitri Mendeleev pada tahin 1869, namun baru ditemukan pada tahun 1923 oleh Coster dan Hevesy. Manfaat hafnium bagi manusia adalash sebagai salah satu bahan baku dalam mikrochip.

73. Tantalum

Tantalum adalah unsur kimia dengan simbol Ta dan nomor atom 73. Manfaat tantalum bagi manusia adalah sebagai bahan baku kapasitor dan jam tangan mewah.

74. Tungsten

Tungsten adalah unsur kimia dengan simbol W (wolfram) dan nomor atom 74. Manfaat tungsten bagi manusia adalah sebagai pemberat pancing dan mata bor.

75. Renium

Renium adalah unsur kimia dengan simbol Re dan nomor atom 75. Renium merupakan salah satu unsur terlangka di kerak Bumi. Manfaat renium bagi manusia adalah sebagai penahan panas pada pesawat jet tempur.

76. Osmium

Osmium adalah unsur kimia dengan simbol Os dan nomor atom 76. Manfaat osmium adalah untuk menampilkan sidik jari yang menempel dengan serbuk sidik jari.

77. Iridium

Iridium adalah unsur kimia dengan simbol Ir dan nomor atom 77. Manfaat iridium adalah sebagai pelindung dari sengatan matahari pada satelit buatan, busi, dan kompas.

78. Platina

Platina adalah unsur kimia dengan simbol Pt dan nomor atom 78. Platina atau platinum sering disebut emas putih sehingga kerap kali digunakan sebagai perhiasan.

79. Emas

Emas adalah unsur kimia dengan simbol Au (bahasa Latin: aurum) dan nomor atom 79. Dalam bentuk murninya, emas merupakan logam berwarna terang, kuning kemerahan, berkilau, dan lunak. Emas banyak digunakan sebagai perhiasan. Selain itu, emas juga digunakan dalam pelapis kaca helm astronot, konduktor berkualitas tinggi, dan mesin F1.

80. Raksa

Raksa adalah unsur kimia dengan simbol Hg (hydrargyrum) dan nomor atom 80. Raksa merupakan satu-satunya unsur logam yang berwujud cair dalam kondisi suhu dan tekanan udara standar. Raksa paling umum digunakan sebagai cairan pada termometer.

81. Talium

Talium adalah unsur kimia dengan simbol Tl dan nomor atom 81. Manfaat talium bagi manusia adalah sebagai bahan baku lensa kacamata tipis.

82. Timbal

Timbal (bahasa Inggris: lead) adalah unsur kimia dengan simbol Pb (bahasa Latin: plumbum) dan nomor atom 82. Timbal merupakan logam berat yang lebih padat daripada material pada umumnya. Timbal bersifat lunak, mudah ditempa, dan memiliki titik leleh relatif rendah. Timbal saat ini sangat jarang dimanfaatkan karena sifatnya yang beracun.

83. Bismut

Bismut adalah unsur kimia dengan simbol Bi dan nomor atom 83. Tidak seperti kebanyakan unsur, bismut dalam wujud cair lebih berat dibandingkan dalam wujud padat. Manfaat bismut bagi manusia adalah sebagai bahan baku pendingin pada kulkas portabel, gliter kutek, dan obat pencernaan.

84. Polonium

Polonium adalah unsur kimia dengan simbol Po dan nomor atom 84. Unsur ini merupakan logam sangat radioaktif dengan isotop tidak stabil. Polonium pernah digunakan sebagai bahan baku bom atom.

85. Astatin

Astatin adalah unsur kimia radioaktif dengan simbol At dan nomor atom 85. Unsur ini merupakan unsur terlangka pada kerak Bumi. Unsur ini tidak stabil, sehingga pecah setelah beberapa jam menjadi unsur yang lebih ringan seperti bismut.

86. Radon

Radon adalah unsur kimia dengan simbol Rn dan nomor atom 86. Radon merupakan unsur gas mulia yang bersifat radioaktif, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa.

87. Fransium

Fransium adalah unsur kimia dengan simbol Fr dan nomor atom 87. Fransium sangat radioaktif. Fransium merupakan unsur terlangka di Bumi.

88. Radium

Radium adalah unsur kimia radioaktif dengan simbol Ra dan nomor atom 88. Pada awal abad ke-20, radium sangat populer digunakan untuk segala hal barang sehari-hari seperti jam tangan agar dapat bersinar di kegelapan, kosmetik, minuman berenergi, pasta gigi, dll. Penggunaannya dihentikan pada tahun 1940-an setelah diketahui bahwa radium sangat berbahaya dan dapat memicu kanker.

89. Aktinium

Aktinium adalah unsur kimia dengan simbol Ac (bahasa Inggris: actinium) dan nomor atom 89. Penggunaannya sangat terbatas. Isotopnya digunakan untuk terapi radiasi untuk menangani kanker.

90. Torium

Torium adalah unsur kimia dengan simbol Th (bahasa Inggris: thorium) dan nomor atom 90. Torium merupakan logam radioaktif yang paling umum ditemukan di alam.

91. Protaktinium

Proaktinium adalah unsur kimia dengan simbol Pa dan nomor atom 91. Protaktinium berarti “sebelum aktinium”. Ini dikarenakan atom uranium yang meluruh menjadi atom proaktinium dengan cepat menjadi atom aktinium. Proaktinium dalam jumlah kecil ditemukan di pasir atau lumpur purba. Sehingga dapat digunakan untuk menghitung berapa usia pasir tersebut.

92. Uranium

Uranium adalah unsur kimia dengan simbol U dan nomor atom 92. Uranium merupakan unsur radioaktif yang pertama kali diketahui. Bentuk tidak stabilnya yakni uranium-235 digunakan sebagai bahan bakar reaktor nuklir dan bom atom.

93. Neptunium

Neptunium adalah unsur kimia dengan simbol Np dan nomor atom 93. Unsur ini muncul dalam jumlah kecil. Manfaat neptunium masih belum diketahui.

94. Plutonium

Plutonium adalah unsur kimia dengan simbol Pu dan nomor atom 94. Manfaat plutonium adalah sebagai bahan bakar nuklir.

95. Amerisium

Amerisium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Am dan nomor atom 95. Amerisium dinamai berdasarkan benua Amerika. Unsur ini tidak ditemukan di alam, melainkan diproduksi di dalam reaktor nuklir ketika atom uranium atau plutonium di bombardir oleh neutron. Manfaat amerisium bagi manusia adalah sebagai bahan baku detektor asap.

96. Curium

Curium adalah unsur kimia radioaktif transuranium dengan simbol Cm dan nomor atom 96. Unsur ini merupakan unsur aktinida dan dinamai untuk menghormati Marie Curie dan Pierre Curie yang dikenal akan penelitiannya tentang radioaktif. Manfaat curium bagi manusia adalah sebagai bahan baku perangkat X-ray pada kendaraan luar angkasa.

97. Berkelium

Berkelium adalah unsur kimia radioaktif dengan simbol Bk dan nomor atom 97. Nama berkelium diambil dari nama kota Berkeley, California yang merupakan lokasi Lawrence Berkeley National Laboratory (kini University of California Radiation Laboratory) tempat unsur ini ditemukan. Berkelium tidak ada manfaatnya selain untuk membentuk unsur yang lebih berat.

98. Kalifornium

Kalifornium adalah unsur kimia radioaktif dengan simbol Cf (californium) dan nomor atom 98. Unsur ini pertama kali di sintesis pada tahun 1950 di Lawrence Berkeley National Laboratory di California (yang juga menjadi asal nama unsur ini). Manfaat kalifornium bagi manusia adalah sebagai penanganan kanker dan detektor air di dalam tanah.

99. Einsteinium

Einsteinium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Es dan nomor atom 99. Unsur ini dinamai dari Albert Einstein. Hanya beberapa miligram einsteinium yang dihasilkan setiap tahun. Unsur ini hanya dimanfaatkan untuk membuat unsur yang lebih berat seperti mendelevium.

100. Fermium

Fermium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Fm dan nomor atom 100. Unsur ini dinamai dari Enrico Fermi, seorang fisikawan. Beliau membuat reaktor nuklir pertama pada tahun 1942 dan seringkali disebut sebagai bapak era atomik. Fermium pertama kali ditemukan dalam debu uji coba bom atom pada 1953. Unsur ini tidak stabil sehingga tidak diketahui manfaatnya.

101. Mendelevium

Mendelevium adalah unsur kimia dengan simbol Md (sebelumnya Mv) dan nomor atom 101. Unsur ini dinamai dari Dmitri Mendeleev, seorang kimiawan dan penemu tabel periodik Mendeleev.

102. Nobelium

Nobelium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol No dan nomor atom 102. Unsur ini dinamai untuk menghormati Alfred Nobel, penemu dinamit dan dermawan ilmu pengetahuan melalui Hadiah Nobel.

103. Lawrensium

Lawrensium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Lr (sebelumnya Lw) dan nomor atom 103. Unsur ini dinamai sebagai bentuk kehormatan kepada Ernest Lawrence, penemu siklotron yakni mesin akselerator yang mempercepat partikel secara melingkar dan berguna untuk menemukan banyak unsur radioaktif buatan.

104. Rutherfordium

Rutherfordium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Rf dan nomor atom 104, dinamai berdasarkan nama fisikawan Ernest Rutherford. Rutherford adalah pemberi teori bahwa semua atom memiliki nukleus (inti atom).

105. Dubnium

Dubnium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Db dan nomor atom 105. Dubnium sangat radioaktif dan tidak terdapat secara alami di Bumi. Unsur ini dinamai berdasarkan nama kota Dubna, Rusia yang merupakan tempat Soviet Joint Institute for Nuclear Research, tempat unsur ini pertama kali ditemukan pada tahun 1968.

106. Seaborgium

Seaborgium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Sg dan nomor atom 106. Unsur ini dinamai menurut nama kimiawan nuklir Amerika Serikat Glenn T. Seaborg. Unsur ini sangat mudah pecah bahkan hanya bertahan sekitar tiga menit, sehingga sangat sedikit hal yang diketahui dari unsur ini.

107. Bohrium

Bohrium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Bh dan nomor atom 107. Unsur ini dinamai berdasarkan fisikawan Denmark Niels Bohr. Setengah sampel bohrium pecah dalam 61 detik. Sehingga tidak banyak yang diketahui dari unsur ini.

108. Hassium

Hassium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Hs dan nomor atom 108. Unsur ini dinamai berdasarkan nama salah satu negara bagian Jerman yakni Hessen yang merupakan lokasi Centre for Heavy Ion Research, tempat hassium pertama kali disintetis. Ilmuwan berpikir bahwa hassium merupakan unsur logam, tetapi mereka belum mampu memproduksi atom hassium dengan jumlah cukup untuk mempelajarinya. Kebanyakan atomnya pecah hanya dalam beberapa detik.

109. Meitnerium

Meitnerium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Mt dan nomor atom 109. Isotop paling stabil yang diketahui dari unsur ini yakni meitnerium-278, memiliki umur hanya 7,6 detik. Unsur ini dinamai berdasarkan nama fisikawan Austria Lise Meitner.

110. Darmstadtium

Darmstadtium adalah unsur kimia dengan simbol Ds dan nomor atom 110. Isotop paling stabil yang diketahui dari unsur ini yakni darmstadtium-281 memiliki umur hanya 10 detik. Unsur ini pertama kali dibuat pada tahun 1994 di GSI Helmholtz Centre for Heavy Ion Research dekat kota Darmstadt, Jerman yang juga merupakan asal mula unsur ini dinamai.

111. Roentgenium

Roentgenium adalah unsur kimia dengan simbol Rg dan nomor atom 111. Isotop paling stabil yang diketahui dari unsur ini yakni roentgenium-282, memiliki umur hanya 2,1 detik. Unsur ini pertama kali dibuat pada tahun 1994 oleh GSI Helmholtz Centre for Heavy Ion Research dan dinamai berdasarkan fisikawan Wilhelm Röntgen yang merupakan penemu X-ray.

112. Kopernisium

Kopernisium adalah unsur kimia dengan simbol Cn (copernicium) dan nomor atom 112. Isotop paling stabil yang diketahui dari unsur ini yakni kopernisium-285, memiliki umur 29 detik. Kopernisium pertama kali dibuat pada tahun 1996 oleh GSI Helmholtz Centre for Heavy Ion Research dan dinamai berdasarkan nama astronomer Nicolaus Copernicus yang mengemukakan teori bahwa planet kita yang mengorbit matahari.

113. Nihonium

Nihonium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Nh dan nomor atom 113. Isotop paling stabil yang diketahui dari unsur ini yakni nihonium-286, memiliki umur sekitar 10 detik. Nihonium dinamai berdasarkan kata dalam bahasa Jepang nihon yang berarti “Jepang”. Dinamai demikian karena unsur ini pertama kali disintesis di Jepang.

114. Flerovium

Flerovium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Fl dan nomor atom 114. Nama unsur ini berasal dari ilmuwan Rusia Georgy Flerov, pendiri Joint Institute for Nuclear Research di Dubna, Rusia yang merupakan tempat unsur ini pertama kali diproduksi.

115. Moskovium

Moskovium adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Mc dan nomor atom 115. Unsur ini pertama kali disintetis pada tahun 2003 di Joint Institute for Nuclear Research di Dubna, Oblast Moskwa, Rusia. Nama moskovium diambil dari nama Oblast Moskwa yang merupakan tempat unsur ini disintesis pertama kali. Isotop paling stabil yang diketahui dari unsur ini yakni moskovium-290, memiliki umur hanya 0,8 detik.

116. Livermorium

Livermorium adalah unsur kimia dengan simbol Lv dan nomor atom 116. Nama unsur ini diambil dari Lawrence Livermore National Laboratory di Amerika Serikat. Sedangkan nama laboratorium tersebut diambil dari kota Livermore, California yang merupakan tempat laboratorium itu berada. Isotop paling stabil yang diketahui dari unsur ini yakni livermorium-293, memiliki umur hanya 60 milidetik.

117. Tenesin

Tenesin (tennessine) adalah unsur kimia dengan simbol Ts dan nomor atom 117. Unsur ini adalah unsur termuda yang ditemukan di tabel periodik yakni pada tahun 2011 di Dubna, Rusia. Unsur tersebut dinamai dari salah satu negara bagian Amerika Serikat yakni Tennessee yang merupakan tempat Oak Ridge National Laboratory berada. Disana terdapat reaktor nuklir skala besar pertama yang dibuat.

118. Oganeson

Oganeson adalah unsur kimia sintetis dengan simbol Og dan nomor atom 118. Unsur ini pertama kali disintesis pada tahun 2002 oleh Joint Institute for Nuclear Research di Dubna, Rusia. Oganeson merupakan unsur terberat yang pernah dibuat. Unsur ini dinamai berdasarkan nama pemimpin tim peneliti di Dubna yakni Yuri Ogannesian.

No comments:

Post a Comment