Top 9 2017 Instagram @HediSasrawan

Akhir-akhir ini saya melihat banyak sekali orang yang mengunggah foto berisi top 9 foto di akun Instagram mereka. Saya pikir itu fitur baru Instagram untuk menyambut Tahun Baru. Namun setelah saya cari bahkan sampai update aplikasi, fitur tersebut tetap tidak ada. Sampai saya cari di internet. Dan ternyata itu aplikasi pihak ketiga. Tapi saya tertarik mencobanya untuk mengetahui foto apa yang terbaik sepanjang 2017. Berikut adalah kesembilan fotonya:

hedisasrawan_full

Sebenarnya saya sudah memiliki akun Instagram sejak beberapa tahun lalu (http://instagram.com/hedisasrawan). Tapi beberapa bulan yang lalu saya menghapus semuanya setelah saya merasa isi feed foto saya tampak “memalukan” (waktu itu saya baru bergabung komunitas fotografi dan minder juga melihat hasil foto mereka). Semoga saja arsip foto Instagram lama saya masih tersimpan di laptop.

Kembali lagi, gambar di atas adalah sembilan foto terbaik saya menurut jumlah likes fotonya. Aplikasi ini juga menghitung ada 8.976 likes pada 46 foto yang saya unggah pada tahun 2017. Berikut penjelasannya:

IMG_1943

Foto di atas adalah foto sepupu saya yang saya foto di Pantai Melasti. Perpaduan pakaian yang dikenakannya serasi dengan pantai di latar belakangnya. Saya juga baru pertama kali menguasai teknik memotret manusia dan titik fokus. Saya baru tahu bahwa rahasia potret adalah titik fokus yang tepat mengenai mata objek. Hasilnya berupa foto yang indah dengan fokus sempurna. Pantas saja foto ini menjadi foto terbaik di Instagram saya. Foto diambil dengan menggunakan Canon EOS 800D lensa fix 50mm f/1,8 1/800sec ISO 100.

IMG_1718-2

Masih bersama sepupu saya. Akhir bulan Desember 2017 saya memang menemaninya jalan-jalan saat dia libur semesteran. Banyak tempat yang sudah dikunjungi. Salah satunya adalah Bukit Tjampuhan di Ubud. Saya ambil fotonya di dekat pura jadi bukitnya belum tampak. Foto ini diambil dengan menggunakan Canon EOS 800d lensa fix 50mm f/1,8 1/400sec ISO 100.

IMG_5879

Sepertinya bukan foto dengan tone ini yang saya unggah di Instagram. Saya telah berulangkali mengunggah ulang foto ini di Instagram dengan tone yang berbeda. Namun tetap saja popular. Difoto dengan Canon EOS M10 lensa kit 15-45mm pada 15mm f/3,5 1/400sec ISO 160.

Foto di atas adalah foto saat saya melakukan studi aplikasi bersama teman kampus. Salah satunya di Candi Prambanan. Mungkin foto tersebut adalah foto selfie (groufie) terbaik yang pernah saya foto, dari sisi kualitas, komposisi, dan ekspresi. Foto ini sekaligus membuktikan bahwa foto bersama banyak orang cenderung lebih disukai ketimbang foto sendiri atau foto dengan objek non manusia.

IMG_2576

Difoto dengan Canon EOS 800D Lensa kit 18-135mm pada 18mm f/3,5 1/100sec ISO 400.

Kembali bersama sepupu saya, tapi kali ini sepupu yang lain (bukan yang di foto pertama dan kedua). Foto ini tampak sangat eksotis. Dia tampak seperti menikmati pemandangan dari atas kaldera di Desa Pinggan, Batur. Tampak Gunung Batur di depannya dan Gunung Abang di belakangnya. Saya ubah sedikit tone nya agar lebih eksotis dan indah.

IMG_6752

Diambil dengan Canon EOS M10 dengan lensa kit 15-45mm pada 15mm f/3,5 1/400sec ISO 100.

Ini foto saya, hehe. Saya ambil foto ini di salah satu sudut Beachwalk. Mall paling bergengsi di Bali dengan gerai-gerai merek ternama dan konsepnya yang unik.

IMG_2668

Diambil dengan Canon EOS 800D lensa fix 50mm f/1,8 1/200sec ISO 100.

Seharusnya foto ini bisa lebih bagus lagi, jika saya ubah tone nya menjadi sedikit lebih kuning dan jingga sehingga rumput-rumput disana lebih berwarna. Saya ambil foto ini di kawasan yang disebut black lava di kaldera Gunung Batur. Butuh perjuangan untuk sampai ke sini.

IMG_3291-2

Difoto dengan Canon EOS M10 lensa kit 15-45mm pada 44mm f/6,3 1/60sec ISO 500. Setting yang buruk memang.

Ini adalah praktek pertama foto prawedding. Diambil di Sangeh. Kebetulan saya punya kenalan yang hendak foto prawedding. Jadi, saya ikutan saja bersama fotografer profesional. Memang hasilnya tidak begitu bagus karena minim peralatan dan minim skill.

IMG_1584

Difoto dengan Canon EOS 800D lensa fix 50mm f/1,8 1/500sec ISO 2500. Shutter speed sengaja dinaikkan untuk membekukan objek.

Foto ini diambil di Pasar Sindu, Sanur, Denpasar yang kini sedang naik daun. Wisatawan asing senang belanja di pasar ini karena rapi, bersih, dan nyaman. Saya ke sini dalam rangka menjadi objek foto di kawasan Sanur untuk ikut lomba. Meskipun tidak menang, saya puas dengan hasil fotonya.

IMG_0925-2

Difoto dengan Canon EOS 800D lensa kit 18-135mm pada 35mm f/8 1/250 sec ISO 400.

Nah, foto ini diambil dari dekat rumah saya. Tampak Gunung Agung (kanan) dan Gunung Abang (Kiri). Foto ini diambil dua hari setelah peristiwa erupsi Gunung Agung. Saya baru mendapatkan fotonya karena selama erupsi cuaca tidak bagus, sehingga gunung tertutup awan. Tampak sedikit asap dari puncaknya. Bedakan dengan awan yang tampak memanjang. Pada saat Gunung Agung mencapai level awas untuk pertama kalinya, saya mengunggah foto yang saya ambil di puncak Gunung Agung dua tahun yang lalu. Dan foto itu seketika viral.


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

No comments:

Post a Comment