Pertanggungjawaban atau Pertanggung Jawaban?

Baiklah langsung saja ke inti…

Yang benar adalah Pertanggungjawaban.

Kenapa? Berikut adalah beberapa alasannya:

  1. Kata “pertanggungjawaban” muncul di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang berarti 1 perbuatan (hal dan sebagainya) bertanggung jawab; 2 sesuatu yang dipertanggungjawabkan.
  2. Aturan umum pembentukan kata dalam Bahasa Indonesia untuk dua kata dasar membentuk gabungan kata yang mendapatkan awalan sekaligus akhiran, maka spasi dihilangkan sehingga unsur gabungan ditulis serangkai. Contoh lain dari kata tersebut adalah “menggarisbawahi” dan “melipatgandakan”. Jika misalnya hanya terdapat awalan atau akhiran maka harus dipisah dengan spasi. Misalnya “bertanggung jawab”.

Meskipun demikian, masih banyak yang menulis kata ini dengan salah. Hal ini dibuktikan dengan hasil pencarian Google yang menemukan sekitar 515.000 konten web yang mengandung kata “pertanggung jawaban”. Sedangkan untuk konten yang menggunakan kata “pertanggungjawaban” jauh lebih banyak yakni sekitar 3.250.000 konten web.


Referensi

  1. Pertanggungan jawab atau pertanggungjawaban (https://fathulwahid.wordpress.com/2011/02/16/pertanggungan-jawab-atau-pertanggungjawaban/)


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@merahputih.id atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

No comments:

Post a Comment

close