8 Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

loading...
Monokotil dan dikotil adalah pengelompokan tumbuhan berbiji tertutup berdasarkan jumlah keping bijinya. Monokotil adalah tumbuhan berbiji tertutup berkeping satu (mono = satu). Sedangkan dikotil adalah tumbuhan berbiji tertutup berkeping dua (di = dua). Perbedaan pada tumbuhan monokotil dan dikotil tidak hanya terbatas pada jumlah keping bijinya saja, namun juga ada beberapa perbedaan lain yang mencolok. Berikut adalah perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil dalam bentuk tabel. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Organ pada Tumbuhan (Materi Lengkap)
Perbedaan Monokotil dan Dikotil
Dilihat Dari
Monokotil
Dikotil
Bentuk akar Serabut, yaitu terdiri dari banyak serabut akar yang kecil dan tipis. Tunggang, yaitu terdiri dari satu akar besar dan kuat dengan banyak cabang yang berukuran besar dan kecil.
Keping biji (kotiledon) Berkeping satu. Berkeping dua.
Bentuk daun Bentuk memanjang seperti pita. Melengkung atau simetris.
Tulang daun Melengkung atau sejajar. Menyirip atau menjari.
Batang Tidak berkambium, sehingga tidak berkayu. Berkambium, sehingga berkayu.
Jumlah kelopak bunga Kelipatan tiga. Kelipatan empat atau lima.
Letak berkas pengangkut (untuk mengangkut air dan hasil fotosintesis) Tidak teratur dan tersebar. Teratur.
Tudung akar (kotiledon/kaliptra) Ada Tidak ada


Referensi:
  1. Perbedaan Monokotil dan Dikotil Pada Tumbuhan dan Contohnya (http://perbedaanterbaru.blogspot.co.id/2015/08/perbedaan-monokotil-dan-dikotil-pada.html)
  2. Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil (http://www.cpuik.com/2012/11/perbedaan-tumbuhan-monokotil-dan-dikotil.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment