26 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

loading...
Hubungan internasional adalah hubungan antar bangsa dalam segala aspeknya untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut. Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, sehingga harus berhubungan dengan orang lain. Sama seperti sebuah negara yang tidak bisa hidup sendiri sehingga harus berhubungan dengan orang lain. Alasan terjadinya hubungan internasional kebanyakan dilatarbelakangi oleh politik, hukum, ekonomi, dan lainnya. Berikut adalah pengertian hubungan internasional menurut para ahli dan beberapa referensi. Langsung saja kita simak yang pertama:
Bagian dari: Pengertian Hubungan Internasional (Artikel Lengkap)
Pengertian hubungan internasional menurut para ahli

1. Eko Cahyono

Hubungan internasional adalah segala bentuk interaksi dari masyarakat sipil maupun pemerintah dalam suatu negara dengan negara lain yang melewati batas yuridiksi wilayah masing-masing.

2. Juwono Sudarsono

Hubungan internasional adalah suatu studi tentang hubungan-hubungan yang ada di antara entitas politik yang berdaulat yang hampir anarkhis sifatnya.

3. Perwita dan Yani

Hubungan internasional adalah interaksi aktor-aktor yang tindakan dan kondisinya memiliki konsekuensi penting terhadap aktor lain di luar yuridiksi efektif unit politiknya.

4. Couloumbis dan Wolfe

Hubungan internasional adalah studi yang sistematis mengenai fenomena-fenomena yang dapat diamati dan mencoba mendapatkan variabel-variabel dasar untuk menerangkan perilaku serta mengungkapkan karakteristik-karakteristik atau tipe-tipe hubungan antara unit-unit sosial.

5. Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri Indonesia (Renstra)

Hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa dalam segenap aspeknya yang dilakukan suatu negara yang meliputi aspek politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam dalam rangka mencapai tujuan nasional bangsa itu.

6. Citra Aditya Bakti

Baca juga: 5 Alasan Melakukan Hubungan Internasional
Hubungan internasional adalah sekumpulan aktivitas guna mencapai tujuan-tujuan bersama (keamanan bersama dan perdamaian) yang dapat dilakukan dan dicapai tanpa perlu menggunakan instrumen militer.

7. K.J. Holsti

Hubungan internasional adalah semua interaksi diantara masyarakat yang berlainan, baik yang disponsori pemerintah maupun tidak.

8. Warsito Sunaryo

Hubungan internasional adalah studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

9. Suwardi Wiraatmaja

Hubungan internasional adalah kajian yang mempelajari berbagai fenomena yang melintas batas negara yang dilakukan oleh apa yang disebut state actor dan non-state actor yang meliputi individu, bangsa, dan kelompok bangsa dalam masyarakat dunia dan kekuasaan, tekanan-tekanan proses yang menentukan cara hidup, cara bertindak, dan cara berpikir manusia.

10. Dewi Rossalia, M.Pd.

Hubungan internasional adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari fenomena interaksi antarnegara dari perspektif sosial, ekonomi, dan politik.

11. Teuku May Rudi

Hubungan internasional adalah mencakup berbagai macam hubungan atau interaksi yang melintasi batas-batas wilayah negara dan melibatkan pelaku-pelaku yang berbeda kewarganegaraan, berkaitan dengan segala bentuk kegiatan manusia.

12. Drs. Chotib

Hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa yang dilakukan melalui hubungan langsung maupun tidak langsung.

13. Amelia Novrida

Hubungan internasional adalah suatu bentuk interaksi antara faktor atau anggota masyarakat yang satu dengan aktor maupun dengan anggota masyarakat yang lain.

14. Bachrawi Sanusi

Hubungan internasional adalah kegiatan yang menyangkut segi-segi strategis militer dan politik yang ke semuanya mempunyai pengaruh timbal balik dengan aspek perekonomian.

15. Robert Jackson dan Georg Sorensen

Hubungan internasional adalah hubungan dan interaksi antar negara-negara, termasuk aktivitas dan kebijakan pemerintah, organisasi internasional, organisasi non-pemerintah, dan perusahaan multirateral.

16. Tygve Nathiessen

Hubungan internasional adalah bagian dari ilmu politik dan meliputi politik internasional, organisasi dan administrasi internasional, dan hukum internasional.

17. Mc. Clelland

Baca juga: Hubungan Internasional (Materi Ringkasan SMA XI)
Hubungan internasional adalah studi tentang interaksi antara jenis-jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

18. Karen A. Mingsti

Hubungan internasional adalah kajian tentang interaksi antara berbagai aktor (pelaku) yang berpartisipasi dalam percaturan politik internasional, yang meliputi negara-negara dan organisasi-organisasi.

19. Tulus Warsito

Hubungan internasional adalah studi tentang interaksi dari politik luar negeri dari beberapa negara.

20. Mohamad Sabir

Hubungan internasional adalah satu istilah yang mencakup totalitas hubungan-hubungan di kalangan bangsa-bangsa dan kelompok dalam masyarakat dunia.

21. Kenneth W. Thompson

Hubungan internasional adalah studi tentang rivalitas antar bangsa beserta kondisi-kondisi dan institusi-institusi yang memperbaiki atau memperburuk rivalitas tersebut.

22. J.C. Johan

Hubungan internasional adalah sebuah studi tentang interaksi yang berlangsung diantara negara-negara berdaulat, disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non-negara (non states actors) yang perilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas negara.

23. Raymond Aron

Hubungan internasional adalah hubungan antar unit politik yang masing-masing mengklaim diri berhak menentukan keadilan dan menjadi penengah bagi keputusan untuk berperang atau tidak.

24. The Dictionary of World Politics

Hubungan internasional adalah istilah yang digunakan untuk melihat seluruh interaksi antara aktor-aktor negara dengan melewati batas-batas negara.

25. Tini Rustini, S.Pd.

Hubungan internasional adalah hubungan antarnegara dalam berbagai aspek kehidupan untuk memenuhi kepentingan masing-masing.

26. Nudya Lissofa

Hubungan internasional adalah hubungan yang melintasi batas negara yang dengan adanya hubungan internasional dapat menghilangkan sekat-sekat yang ada yang menjadi penghalang para aktor hubungan internasional dalam menjalin hubungan.


Referensi:
  1. Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli….. (https://faisal94thobhone.wordpress.com/2013/09/26/pengertian-hubungan-internasional-menurut-para-ahli/)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment