Fungsi dan Anatomi Hati (Artikel Lengkap)

loading...
Hati (liver) adalah organ vital pada vertebrata dan beberapa hewan lain yang pada manusia terletak di sebelah kanan atas rongga perut dan dibawah diafragma. Fungsi hati sangatlah beragam dan terdiri dari empat lobus dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan fungsi dan anatomi hati.

1. Fungsi Hati
Selengkapnya: 23 Fungsi Hati Manusia (Artikel Lengkap)
Fungsi utama hati adalah berperan penting dalam metabolisme salah satunya yaitu menawar/menetralkan racun. Proses tersebut detoksifikasi. Racun yang diproses oleh hati berupa alk0hol, obat-obatan, f0rmalin, dan zat beracun lainnya.

Fungsi hati lain yang berkaitan dengan metabolisme adalah melakukan metabolisme beberapa zat makanan seperti protein, karbohidrat, dan lipid (lemak). Hati memproses sari-sari makanan yang diserap usus halus sebelum diedarkan ke seluruh tubuh. Jadi, hati juga berperan dalam sistem pencernaan pada manusia.

Hati juga berperan dalam sistem peredaran darah pada manusia yakni merombak sel darah merah yang telah rusak/tua. Hasil perombakan tersebut berupa empedu yang harus dikeluarkan dari tubuh. Sehingga, hati juga merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia.

Selain semua itu, hati juga berfungsi menyimpan glikogen (gula otot) hasil pengubahan dari glukosa oleh hormon insulin dan mengeluarkannya apabila dibutuhkan, membuang kolesterol, mempertahankan suhu tubuh, melakukan fagositosis, dan mengatur komposisi darah.
2. Anatomi Hati
gambar anatomi hati manusia belakang

gambar anatomi hati manusia depan

Selengkapnya: Anatomi Hati Manusia (Artikel Lengkap)
Hati terbagi menjadi empat lobus. Dua lobus berada di depan, dan dua lobus lain berada di belakang. Hati dilapisi oleh membran tipis berlapis dua yang disebut peritoneum. Ada beberapa bagian hati yang menekuk mengikuti bentuk ginjal kanan, duodenum, dan lambung.

Di dalam hati terdiri dari dua jenis sel yaitu sel parenkimal dan non-parenkimal. Sel tersebut membentuk lobulus yang menjalankan berbagai fungsi hati. Darah masuk ke hati melalui vena porta hepatika. Darah tersebut kaya akan sari-sari makanan karena sebelumnya melewati usus halus. Di bagian bawah hati terdapat kantung empedu yang berfungsi menyimpan hasil ekskresi hati.



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment