8 Ciri Khas Zaman Berburu dan Meramu

loading...
Zaman berburu dan meramu (masa berburu, mengumpulkan makanan, dan meramu) adalah zaman dimana peradaban manusia masih dalam tahap mengetahui teknik berburu dan meramu makanan. Mereka belum mengenal cara bertani dan berternak sehingga sangat bergantung pada alam. Berikut adalah ciri khas zaman berburu dan meramu. Langsung saja kita simak yang pertama:
Bagian dari: Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan (Artikel Lengkap)
Ciri khas masa berburu dan meramu
  1. Hidup berkelompok dengan anggota sekitar 20 sampai 50 orang. Tidak pernah ada interaksi maupun transaksi dengan kelompok lain.
  2. Nomaden dan tinggal di gua-gua alami.
  3. Mulai mengenal sistem kepercayaan dan cara menguburkan jenazah.
    Baca juga: Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia (Materi Ringkasan)
  4. Telah mengenal alat sederhana untuk berburu dan meramu seperti kapak perimbas dan kapak genggam.
  5. Telah mengenal api dan cara menggunakannya.
  6. Telah mengenal teknik pembagian tugas antar anggota kelompok.
  7. Hidup bergantung pada perburuan hewan dan mengumpulkan makanan. Hasil buruan dan pengumpulan makanan itu hanya digunakan untuk kelompok sendiri. Makanan berupa daging hanya diolah dengan cara dibakar sebentar.
    Baca juga: Masa Prasejarah di Bali (Artikel Lengkap)
  8. Masih menggunakan isyarat dan bahasa tubuh.


Referensi:
  1. Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan (Artikel Lengkap) (http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2014/12/masa-berburu-dan-mengumpulkan-makanan.html)
  2. Ciri-Ciri Kehidupan Pada Masa Berburu dan Meramu & Ciri - Ciri Kehidupan Manusia Purba Pada Masa Bercocok Tanam (http://agnesiaakhira.blogspot.co.id/2011/05/ciri-ciri-kehidupan-pada-masa-berburu.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment