11 Perbedaan Otot Polos dengan Otot Lain

loading...
Otot polos adalah jaringan otot yang dibangun oleh sel otot dengan bentuk seperti gelondong dan ujung-ujungnya yang runcing. Disebut otot polos karena tidak memiliki garis-garis atau polos. Itu dikarenakan otot polos memiliki serabut-serabut fibril. Otot polos bekerja secara tidak sadar dan terdapat di saluran pencernaan, paru-paru, pembuluh darah, dan beberapa organ tubuh lainnya. Berikut adalah perbedaan otot polos dengan otot lain seperti otot lurik dan otot jantung. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Jaringan Otot (Materi Lengkap SMA XI)
Perbedaan otot polos jantung lurik

1. Perbedaan Otot Polos dengan Otot Lurik

  1. Bentuk sel otot polos adalah gelendong dengan ujung-ujungnya yang meruncing. Sedangkan otot lurik berbentuk silindris memanjang.
  2. Jumlah inti sel pada setiap sel otot polos adalah satu. Sedangkan jumlah inti sel pada otot lurik banyak.
  3. Gerakan otot polos berirama, sedangkan otot lurik tidak berirama karena bekerja sesuai kehendak kita atau kehendak gerak refleks.
  4. Letak inti sel pada otot polos berada di tengah, sedangkan pada otot lurik di tepi sel sehingga dapat terlihat jelas dari luar.
  5. Otot polos bekerja secara tidak sadar atau tidak dapat dikendalikan oleh pikiran kita, sedangkan otot lurik bekerja secara sadar sehingga kita dapat mengendalikan gerakannya.
  6. Reaksi otot polos lambat, sedangkan reaksi otot lurik cepat.
  7. Saat otot polos bergerak, tidak akan merasa lelah meskipun bergerak terus menerus tanpa henti. Sedangkan saat otot lurik bergerak akan cepat merasa lelah karena darah yang mengalir terhambat saat terjadi gerakan.
  8. Letak otot polos berada di sistem organ, sedangkan otot lurik melekat pada rangka.

2. Perbedaan Otot Polos dengan Otot Jantung

  1. Bentuk otot polos berupa gelendong-gelendong dengan ujung-ujung yang meruncing, sedangkan bentuk otot jantung silindris memanjang dan memiliki cabang.
  2. Jumlah inti sel pada otot polos hanya satu, sedangkan jumlah inti sel pada otot jantung lebih dari satu.
  3. Letak otot polos berada di sistem organ, sedangkan otot jantung hanya berada di jantung.


Referensi:
  1. Otot Polos (http://biologipedia.blogspot.co.id/2010/09/otot-polos.html)
  2. Perbedaan otot lurik.otot polos. dan otot jantung (http://rezkyhidayat48.blogspot.co.id/2013/10/perbedaan-otot-lurikotot-polos-dan-otot.html)
  3. Pengertian Otot (http://sibukforever.blogspot.co.id/2011/11/pengertian-otot.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment