5 Bagian-Bagian Atom Beserta Penjelasan

loading...

Atom adalah unit terkecil dari setiap unsur kimia dan materi. Setiap benda padat, cair, dan, gas terdiri dari atom. Ukuran atom sangat kecil dengan rata-rata ukuran sekitar 100 pm. Meskipun atom merupakan unit terkecil dari setiap benda, atom ternyata memiliki beberapa bagian. Berikut adalah bagian-bagian atom lengkap dengan penjelasan fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Struktur Atom (Materi Ringkasan)

Bagian-bagian atom

1. Inti Atom

Baca juga: Pengertian Atom (Artikel Lengkap)

Inti atom adalah bagian tengah atom yang berukuran sangat kecil dan padat. Inti atom disebut juga nukleus atom. Inti atom terdiri dari proton dan neutron yang saling terikat bersama dan membentuk gaya nuklir. Inti atom ditemukan oleh Ernest Rutherford pada tahun 1911. Ukuran inti atom sangat kecil bila dibandingkan dengan atom. Meskipun begitu, hampir semua massa atom berada di inti atom.

2. Partikel Subatom

Partikel subatom (terkadang disebut partikel subatomik) adalah partikel yang berukuran jauh lebih kecil daripada atom. Jika disandingkan dengan sel, maka partikel subatom itu adalah organelnya. Partikel subatom terdiri dari elektron, proton, dan neutron dimana ketiganya itu termasuk fermion. Ada juga beberapa unsur yang tidak memiliki keseluruhannya seperti atom hidrogen yang tidak memiliki neutron dan ion hidron yang tidak memiliki elektron.

3. Elektron

Baca juga: 5 Perkembangan Teori Atom (Artikel Lengkap)

Elektron adalah partikel subatom yang memiliki muatan negatif. Simbol elektron adalah e- atau β-. Elektron tidak memiliki komponen lain sehingga sering dianggap sebagai partikel dasar. Massa elektron sekitar 1/1836 kali massa proton. Jumlah elektron sama dengan jumlah proton.

4. Proton

Proton adalah partikel subatom yang memiliki muatan positif. Simbol proton adalah p atau p+. Massa proton dan neutron sama dan keduanya dapat bergabung menjadi nukleus atom. Jumlah proton didefinisikan sebagai nomor atom. Dalam model standar fisika partikel, proton terdiri dari tiga quark.

5. Neutron

Neutron adalah partikel subatom yang tidak memiliki muatan (netral). Simbol neutron adalah n atau n0. Proton dan neutron terikat bersama melalui gaya nuklir. Neutron memiliki massa dan diameter yang hampir sama dengan proton. Dalam model standar fisika partikel, neutron terdiri dari tiga quark dan gluon.


Referensi:

  1. Atom (https://en.wikipedia.org/wiki/Atom)
  2. Pengertian inti atom (http://www.pengertianpengertian.com/2013/03/pengertian-inti-atom.html)
  3. SEKILAS TENTANG ATOM, PROTON, NEUTRON & ELEKTRON (https://www.facebook.com/notes/kf-bumi-alam-semesta/sekilas-tentang-atom-proton-neutron-elektron/162900670441912/)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment