3 Cara Untuk Berfikir Positif

berfikir positifSetiap orang pasti menginginkan yang positif. Hanya orang yang tidak/kurang berpendidikan saja yang ingin yang negatif. Awal dari keinginan positif adalah dengan berfikir positif. Berfikir positif sangat dahsyat. Kenapa? Karena dengan berfikir positif, kita bisa merubah sesuatu yang buruk menjadi baik. Berfikir negatif malah akan membuat yang baik menjadi buruk atau yang buruk akan tambah buruk lagi. Jadi, berfikirlah yang positif walaupun dalam situasi yang buruk. Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara untuk berfikir positif? Nah sekarang Artikel Motivasi akan memberikan beberapa cara dan tipsnya. Langsung saja kita simak yang pertama:

 

1. Hindari berkata yang bersifat negatif

berkataCobalah untuk memperbaiki kata-kata anda yang bersifat negatif seperti tidak, jangan, dan lain sebagainya. Hilangkan kata yang bersifat negatif tersebut dengan kata yang bersifat positif. Dengan itu, kita bisa termotivasi dengan kalimat yang bersifat positif. Jika kita mengucapkan kalimat bersifat negatif, kita malah akan merasa putus asa dan menjadi tidak bersemangat untuk melakukan hal yang sebenarnya bisa kita lakukan. Seperti contoh: "aku tidak mau jadi orang miskin!" kalimat tersebut bersifat negatif. Coba kita rubah menjadi kalimat positif, hasilnya "aku mau jadi orang kaya!". Nah kan itu lebih baik dan bersifat menyemangati. Rasakan perbedaannya dan cobalah untuk kalimat yang lain. Dengan mengucapkan kalimat yang bersifat positif, otak kita jadi terstimulasi ke yang positif dan hormon penyemangat kita akan terangsang(secara ilmiah | di tubuh kita, ada hormon yang memicu semangat dan fikiran kita sangat memengaruhi hormon tersebut). Itulah kenapa berfikir positif bisa memicu semangat kita.

“setiap kata yang anda keluarkan sangat memengaruhi diri anda sendiri. jadi, berkatalah yang positif”

2. Hindari berprasangka negatif

cemburuNah, ini juga merupakan salah satu ciri orang yang suka berfikir negatif. Janganlah langsung berprasangka negatif/buruk terhadap orang lain jika anda tidak tahu yang sebenarnya terjadi. Misalnya, anda sedang berpacaran dengan 'Dya' tapi anda melihatnya sedang duduk berdua dengan lawan jenisnya(entah itu orang lain atau teman anda). Anda jangan berprasangka buruk dengan mengira kalo Dya sedang berselingkuh dengan orang lain dan memarahinya juga memusuhi orang yang anda benci itu(biasa disebut ‘cemburu’). Akhirnya Dya mengira bahwa anda adalah orang yang tidak baik dan tidak cocok jadi pasangannya. Akhirnya anda akan bertengkar dengannya dan selanjutnya putus. Nah, kalo begitu kan lebih baik begini jika anda melihat Dya dan lawan jenisnya duduk berdua: anda tersenyum dan ikut bergabung dengan mereka, anggap saja mereka itu temenan/sahabatan/saudara sehingga hal tersebut tidak menyakiti hati anda dan hubungan anda dengan Dya akan semakin langgeng.

Mulai sekarang, cobalah untuk tidak berprasangka buruk kepada siapapun. Karena setelah berprasangka buruk, anda pasti akan menyesal dikemudian hari saat anda tahu kalau prasangka anda salah.

“cobalah untuk tidak berprasangka buruk kepada siapapun. Karena setelah berprasangka buruk, anda pasti akan menyesal dikemudian hari saat anda tahu kalau prasangka anda salah”

3. Cobalah untuk melakukan aktivitas/kegiatan yang bersifat positif

kerja baktiIni sangat berpengaruh terhadap kepribadian anda(bisa juga kepribadian anda memengaruhi macam kegiatan anda). Jadi, supaya anda berkepribadian yang baik(atau bisa disamakan dengan posirif) anda juga harus melakukan aktivitas-aktivitas yang positif/baik juga. Hindarilah aktivitas yang bersifat negatif seperti kebut-kebutan, mencuri, berbuat curang, dan lain-lain. Itu hanya akan merusak image anda menjadi buruk. Lakukan hal yang positif seperti berolahraga, belajar kelompok, atau('dan' lebih baik) melakukan kegiatan sosial. Itu akan membuat citra anda makin baik dan makin dikenal oleh masyarakat. Jadi, lakukanlah aktivitas yang positif maka hasil yang anda dapatkan akan positif juga.

“lakukanlah aktivitas yang positif maka hasil yang anda dapatkan akan positif juga”

Intinya adalah: berfikir, berkata, dan bertindak yang positif saja. Yang negatif dikurangi(jangan terlalu dihilangkan. Karena yang negatif belum tentu tidak baik sama halnya dengan yang positif delum tentu baik). Dengan itu, semoga kita menjadi pribadi yang lebih positif dan dipantaskan untuk menjadi sukses. Astungkara(dalam agama Hindu | sama artinya dengan 'Amin')

“Intinya adalah: berfikir, berkata, dan bertindak yang positif saja dan yang negatif dikurangi”

 

Tetap Semangat!

Artikel Motivasi

tetap kunjungi hedisasrawan.blogspot.com yaa

3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...