Peredaran Darah Jantung (Artikel Lengkap)

Jantung adalah organ tubuh berupa otot berongga berbentuk kerucut terbalik yang berfungsi sebagai pompa pada sistem kardiovaskular. Jantung merupakan organ penting dalam tubuh manusia karena fungsinya yakni memompa darah ke seluruh tubuh. Darah perlu senantiasa disirkulasikan untuk mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh serta mengeluarkan residu dari dalam tubuh. Berikut adalah penjelasan peredaran darah yang terjadi di jantung.
Peredaran darah jantung

1. Aliran Darah pada Jantung

1.1 Aliran Darah pada Jantung Kanan

Jantung kanan mengumpulkan darah terdeoksigenasi (kurang oksigen dan kaya karbon dioksida) dari dua vena yakni vena cava superior dan vena cava inferior menuju serambi (atrium) kanan jantung. Ketika serambi kanan berkontraksi, darah terpompa menuju katup trikuspid menuju bilik (ventrikel) kiri. Kemudian ketika bilik kiri berkontraksi, katup trikuspid menutup dan darah terpompa menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis untuk melepas karbon dioksida dan mengambil oksigen.

1.2 Aliran Darah pada Jantung Kiri

Pada jantung kiri, darah teroksigenasi (kaya oksigen) diterima melalui vena pulmonalis menuju serambi kiri. Darah tersebut kemudian dipompa menuju bilik kiri melalui katup mitral. Dari bilik kiri, darah dipompa ke aorta untuk diedarkan ke seluruh tubuh.
2. Sirkulasi Koroner
Jaringan pada jantung juga membutuhkan pasokan oksigen, nutrien, dan membuang sisa metabolisme seperti halnya jaringan lainnya pada tubuh. Pasokan darah untuk jantung disebut sirkulasi koroner yang terdiri dari arteri, vena, dan pembuluh limfatik yang terdapat di seluruh permukaan jantung. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke miokardium melalui cabang-cabang intramiokardial.
Darah diterima sirkulasi koroner melalui dua arteri yang berada tepat di atas katup aorta. Arteri koroner kiri langsung bercabang menjadi dua pembuluh yakni arteri desendens anterior kiri dan arteri sirkumfleks kiri. Arteri desendens anterior kiri memasok darah pada bagian depan, sisi luar, dan septum bilik kiri. Sedangkan arteri sirkumfleks kiri memasok bagian belakang dan bawah bilik kiri.
Arteri koroner kanan memasok serambi kanan, bilik kanan, dan bagian posterior bawah bilik kiri. Arteri koroner kanan juga memasok darah ke nodus atrioventrikular pada sekitar 90% orang dan nodus sinoatrial pada sekitar 60% orang. Arteri koroner kanan juga melalui bagian belakang jantung.
Sebagian besar darah tersebut dikeluarkan melalui vena kardiak yang berdampingan dengan arteri koroner. Vena kardiak bermuara di sinus koroner yang merupakan vena besar yang berakhir di serambi kanan.
Baca juga:
  1. 2 Gambar Aliran Darah pada Manusia (Beserta Penjelasan)
  2. 12 Bagian-Bagian Jantung Manusia Beserta Fungsinya
  3. Jantung Manusia (Artikel Lengkap)

No comments:

Post a Comment