6 Cabang-Cabang Seni Dan Contohnya

Seni adalah ekspresi perasaan manusia ke dalam suatu media nyata yang memiliki unsur keindahan. Seni merupakan usaha manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah dan membawa kesenangan. Seni mengandung imajinasi dan gagasan sang pembuat yang dirancang sedemikian rupa agar tersampaikan ke setiap orang yang menikmati hasil karyanya. Seni terdiri dari berbagai macam cabang. Berikut adalah cabang-cabang seni. Langsung saja kita simak yang pertama:


1. Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang menghasilkan karya seni yang dapat dilihat oleh indera penglihatan dan diraba oleh indera peraba. Hal ini sesuai dengan arti kata “rupa” yang berarti keadaan yang tampak dari luar (bentuk). Seni rupa terbagi menjadi dua jenis berdasarkan fungsinya yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Fungsi seni rupa murni adalah sebagai pajangan atau hiasan sehingga keindahannya dapat dinikmati oleh orang lain. Sedangkan fungsi seni rupa terapan adalah sebagai alat untuk membantu kehidupan manusia. Contoh seni rupa adalah lukisan, patung, kerajinan keramik, arsitektur, pakaian (fashion), dan senjata tradisional.

2. Seni Tari

Seni tari adalah cabang seni yang menghasilkan suatu gerak tubuh yang mengikuti irama tertentu. Seni tari menggabungkan tiga unsur yaitu wiraga (raga/gerak badan), wirama (irama), dan wirasa (rasa/penjiwaan). Tarian umumnya dipadukan dengan pertunjukan musik untuk mendukung irama, baik itu musik tradisional maupun musik modern, atau kolaborasi keduanya. Contoh seni tari adalah tari pendet, tari saman, tari kecak, tari tor-tor, dan berbagai macam tari kreasi seperti tari manuk rawa yang berasal dari Bali.

3. Seni Musik

Seni musik adalah cabang seni yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung lagu, irama, dan keharmonisan. Suara tersebut dapat berasal dari alat musik maupun suara vokal manusia. Seni musik digunakan secara luas baik sebagai sarana hiburan, pendidikan, komersial, ritual upacara, dll. Seni musik dibagi menjadi tiga jenis yaitu musik klasik, populer, dan tradisional. Contoh seni musik adalah musik keroncong, musik gamelan, musik rock, musik jazz, dll.

4. Seni Sastra

Seni sastra adalah cabang seni yang menggunakan rangkaian kata-kata membentuk suatu tulisan yang dapat dinikmati oleh pembacanya. Seseorang dapat menikmati seni sastra baik dengan cara membacanya atau dibacakan orang lain. Seni sastra dibagi menjadi dua yaitu puisi dan prosa. Puisi adalah seni sastra yang menggunakan kaidah dan pedoman tertentu sehingga lebih kaku. Sedangkan prosa adalah seni sastra yang tidak terikat dengan kaidah atau pedoman tertentu. Contoh seni sastra adalah puisi, novel, cerpen, pantun, dll.

5. Seni Teater

Seni teater adalah seni peran yang dimainkan oleh beberapa orang sesuai peran masing-masing. Seni teater menggabungkan unsur seni tari, seni sastra, seni rupa, dan seni musik. Proses menciptakan seni teater terdiri dari penyusunan/pemilihan naskah, penggarapan, penafsiran, dan penyajian/pementasan di hadapan publik. Secara luas, seni teater juga berarti seluruh kegiatan adegan/peran di atas panggung walaupun tidak dimainkan oleh beberapa orang seperti wayang. Contoh seni teater adalah ketoprak, wayang, lenong, dll.

6. Seni Berwawasan Teknologi

Seni berwawasan teknologi adalah cabang seni tambahan yang menggunakan teknologi tinggi yang menggabungkan semua seni. Munculnya seni berwawasan teknologi pertanda bahwa seni mampu berpadu dengan teknologi sehingga menciptakan seni dan pengetahuan baru. Contohnya adalah seni sinema (film).

7. Perbedaan Setiap Cabang Seni dalam Bentuk Tabel

Berikut adalah perbedaan antara enam macam seni dalam bentuk tabel.

Cabang Seni

Bentuk Media

Indera Penikmat

Matra/Dimensi

Seni rupa Benda Penglihatan, perabaan dwimatra (dua dimensi atau trimatra (tiga dimensi)
Seni tari Gerakan tubuh, musik Penglihatan, pendengaran Trimatra, waktu
Seni musik Vokal, instrumen musik Penglihatan, pendengaran Trimatra, waktu
Seni sastra Tulisan Penglihatan, pendengaran (apabila dibacakan) Dwimatra
Seni teater Gerakan tubuh, peran, adegan, musik, benda (properti) Penglihatan, Pendengaran Trimatra, waktu
Seni berwawasan teknologi Gerakan tubuh, peran, adegan, musik, benda (properti), teknologi Penglihatan, Pendengaran Trimatra,dwimatra, waktu

Baca juga:

  1. Seni (Artikel Lengkap)
  2. Seni Musik (Artikel Lengkap)
  3. Seni Rupa (Artikel Lengkap)

No comments:

Post a Comment