Pengertian Geografi (Artikel Lengkap)

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi di bumi serta persamaan, perbedaan, fenomena, dan kemudian manusianya. Geografi menggambarkan segala sesuatu yang ada di permukaan bumi. Awalnya geografi disebut ilmu bumi karena lebih ditekankan pada nama tempat dan bentukan alam seperti gunung, danau, sungai, dll. Tetapi geografi memiliki ruang lingkup yang lebih luas termasuk gejala alam pada atmosfer. Geografi memiliki sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
Pengertian geografi

1. Asal Mula Kata Geografi
Etimologi geografi berasal dari bahasa Yunani geo yang berarti “bumi” dan graphien yang berarti “pencitraan”. Sehingga secara harfiah geografi berarti pencitraan bumi atau penggambaran bumi. Istilah tersebut pertama kali diperkenalkan oleh Erastosthenes, seorang ilmuwan Yunani pada tahun 200 SM.
2. Arti Kata Geografi
Berikut adalah arti kata geografi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Geografi merupakan nomina (kata benda) yang berarti:
  • Ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.
3. Pengertian Geografi Menurut para Ahli
  1. Menurut Claudius Ptolomaeus, geografi adalah suatu penyajian melalui peta sari sebagaian atau seluruh permukaan Bumi.
  2. Menurut Karl Rither, geografi adalah suatu telaah tentang bumi sebagai tempat hidup manusia.
  3. Menurut Bisri Mustofa, geografi adalah ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil-hasil yang diperoleh dari Bumi.
  4. Menurut John Mackinder, geografi adalah satu kajian mengenai kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.
  5. Menurut Immanuel Kant, geografi adalah ilmu yang sumber objek studinya berupa benda-benda, gejala, atau hal-hal yang tersebar luas di muka Bumi.
  6. Menurut Erastothenes, geografi adalah penulisan tentang bumi.
  7. Menurut Herioso Setiyono, geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horizontal di permukaan Bumi.

1 comment: