30 Bagian-Bagian Mata Beserta Fungsinya

loading...

Mata adalah organ yang bereaksi dengan cahaya dan tekanan. Sebagai organ indera, mata memungkinkan melakukan penglihatan. Mata manusia dapat membedakan gambar secara tiga dimensi, bergerak, dan berwarna pada siang hari. Sel batang dan kerucut di retina memungkinkan persepsi dan penglihatan cahaya secara sadar termasuk diferensiasi warna dan persepsi kedalaman. Mata manusia dapat membedakan sekitar 10 juta warna. Berikut adalah bagian-bagian mata manusia beserta fungsi dan gambar ilustrasi. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 20+ Penyakit pada Alat Indra Manusia

Bagian-bagian mata beserta Fungsinya

1. Tubuh Vitreous

Tubuh vitreous adalah gel bening yang mengisi ruang antara lensa dan retina bola mata manusia. Sering pula disebut vitreous humour atau hanya vitreous. Fungsi vitreous humour adalah untuk memberi bentuk mata dan meneruskan cahaya dari lensa ke retina.

2. Ora Serrata

Ora serata adalah sambungan bergerigi antara retina dan badan siliaris. Persimpangan ini menandai transisi dari daerah siliaris yang sederhana dan tidak fotosensitif ke daerah retina yang peka dan berlapis-lapis. Fungsi ora serata adalah untuk memisahkan antara retina dan siliaris.

3. Otot Siliaris

Otot siliaris adalah cincin otot polos di lapisan tengah mata (vaskular) yang mengendalikan akomodasi untuk melihat benda pada jarak yang bervariasi dan mengatur aliran aqueous humour ke kanal Schlemm. Aliran tersebut mengubah bentuk lensa mata, bukan ukuran pupil. Fungsi otot siliaris adalah mengatur akomodasi mata dan mengubah bentuk lensa mata.

4. Membran Zinn

Membran Zinn adalah untaian cincin fibrosa yang membentuk zonule (pita kecil) yang menghubungkan tubuh siliaris dengan lensa mata. Serat ini terkadang disebut ligamen suspensori lensa, karena bertindak seperti ligamen suspensori. Fungsi membran Zinn adalah menopang lensa mata agar tetap pada tempatnya.

5. Kanal Schlemm

Kanal Schlemm adalah pembuluh limfatik berbentuk lingkaran di mata yang mengumpulkan aqueous humor dari ruang anterior dan membawanya ke pembuluh darah episkleral melalui vena aqueous. Fungsi kanal Schlemm adalah sebagai jalur keluar aqueous humor.

6. Pupil

Pupil adalah lubang di tengah iris mata yang memungkinkan cahaya menuju retina. Pupil tampak hitam karena sinar cahaya yang memasuki pupil diserap dengan baik oleh jaringan di dalam mata. Pupil manusia berbentuk bulat. Fungsi pupil adalah untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke retina.

7. Ruang Anterior

Ruang anterior adalah ruang berisi cairan di antara iris dan bagian dalam kornea (endothelium). Cairan yang mengisi ruang anterior adalah aqueous humor.

8. Kornea

Kornea adalah bagian depan mata yang transparan dan menutupi iris, pupil, dan ruang anterior. Kornea menyumbang sekitar dua pertiga daya optik total mata. Fungsi kornea adalah membantu fokus mata dan membelokkan cahaya.

9. Iris

Iris adalah struktur pada mata yang berbentuk lingkaran tipis. Fungsi iris adalah untuk mengendalikan diameter dan ukuran pupil sehingga cahaya dapat mencapai retina.

10 dan 11. Lensa

Lensa adalah struktur transparan yang terletak di belakang pupil. Fungsi lensa adalah untuk membantu membiaskan cahaya agar fokus pada retina dan mengubah jarak fokus mata sehingga bisa fokus pada objek pada jarak yang berbeda (disebut akomodasi). Untuk bisa melakukan akomodasi, lensa dapat berubah bentuk.

12. Prosesus Siliaris

Prosesus siliaris lipatan berbagai lapisan koroid. Fungsi prosesus siliaris adalah untuk menghasilkan aqueous humor.

13. Konjungtiva

Konjungtiva adalah lapisan tipis berbentuk garis yang berada di dalam kelopak mata. Konjungtiva terdiri dari dari epitel skuamosa tanpa keratin. Fungsi konjungtiva adalah untuk melindungi sklera (bagian putih mata).

14. Otot Serong Inferior

Otot inferior serong (inferior oblique muscle) adalah otot tipis dan sempit yang berada di dekat batas anterior orbit dan menempel pada tulang rahang atas. Fungsi otot inferior serong adalah melakukan rotasi dan elevasi mata.

15. Otot Rektus Inferior

Otot rektus inferior (inferior rectus muscle) adalah otot pada orbit. Fungsi otot rektus inferior adalah menekan, memeras (memutar lateral) mata, dan menekan pupil.

16. Otot Rektus Medial

Otot rektus medial (medial rectus muscle) adalah otot pada orbit. Fungsi otot rektus medial adalah untuk mendekatkan pupil ke garis tengah tubuh.

17. Arteri dan Vena Retina

Arteri dan vena retina adalah pembuluh darah pada retina. Fungsinya adalah untuk memasok nutrisi dan oksigen ke retina.

18. Bintik Buta

Bintik buta (cakram optik) adalah adalah titik keluar akson sel ganglion yang meninggalkan mata. Karena tidak terdapat batang atau kerucut yang menutupi cakram optik, muncullah titik buta kecil. Bintik buta juga merupakan tempat masuknya pembuluh darah yang memasok retina. Fungsi bintik buta adalah untuk menghubungkan saraf optik dengan mata.

19. Dura Mater

Dura mater adalah membran yang mengelilingi saraf optik. Fungsi duramater adalah untuk melindungi saraf optik mata.

20. Arteri Retina Sentralis

Arteri retina sentralis adalah pembuluh nadi yang berada di dalam retina dekat saraf optik. Fungsi arteri retina sentralis adalah untuk memasok semua jaringan saraf yang membentuk saraf optik termasuk yang mencapai fovea.

21. Vena Retina Sentralis

Vena retina sentralis adalah pembuluh balik yang mengalir melalui saraf optik. Fungsi vena retina sentralis adalah mendukung sistem sirkulasi pada retina.

22. Saraf Optik

Saraf optik atau saraf kranial adalah pasangan saraf yang mentransmisikan informasi visual dari retina ke otak. Pada manusia, saraf optik berasal dari batang optik yang terdiri dari akson dan sel ganglion retina. Fungsi saraf optik adalah meneruskan semua informasi visual termasuk persepsi kecerahan, persepsi warna, dan kontras. Selain itu juga berfungsi menyampaikan impuls yang bertanggung jawab pada refleks cahaya dan refleks akomodasi.

23. Vena Vortikosa

Vena vortikosa adalah vena yang berfungsi menguras koroid okuler.

24. Kapsula Tenon

Kapsula tenon (fascia bulbi) adalah selaput tipis yang menyelimuti bola mata dari saraf optik ke limbus. Permukaan dalamnya halus dan terpisah dari permukaan luar sklera oleh kelenjar getah bening perisklera. Fungsi fascia bulbi adalah membantu pergerakan mata.

25. Makula

Makula adalah daerah berpigmen berbentuk oval yang berada di dekat pusat retina mata. Diameternya sekitar 5,5 mm pada manusia. Fungsi makula adalah untuk penglihatan dengan ketajaman tinggi.

26. Fovea

Fovea adalah lubang kecil yang terletak pada kerucut mata pada pusat makula retina. Fungsi fovea adalah untuk membantu membaca dan mengemudi yang membutuhkan detail dan ketajaman visual yang tinggi.

27. Sklera

Sklera adalah bagian putih mata yang mengandung kolagen dan serat elastis. Fungsi sklera adalah untuk melindungi mata dan membantu isyarat visual (orang lain lebih mudah melihat arah mata kita melirik kemana).

28. Koroid

Koroid adalah lapisan vaskuler mata yang mengandung jaringan ikat dan berada di antara retina dan sklera. Tebal koroid bervariasi mulai dari bagian belakang mata yang mencapai 0,2 mm sampai 0,1 mm. Fungsi koroid adalah memasok oksigen dan makanan ke lapisan luar retina.

29. Otot Rektus Superior

Otot rektus superior atau muskulus rektus superior adalah otot pada orbital mata. Fungsi otot rektus superior adalah elevasi mata.

30. Retina

Retina adalah lapisan dalam mata yang merupakan lapisan jaringan yang peka terhadap cahaya. Optik mata menciptakan citra dunia pada retina melalui kornea dan lensa. Fungsi retina adalah menangkap cahaya dan meneruskannya ke otak dalam bentuk impuls saraf. Hal itu membuat fungsi retina mirip sensor kamera. Paparan cahaya pada retina menghasilkan serangkaian aktivitas kimia dan listrik yang memicu impuls saraf.


Referensi:

  1. Anatomi dan Fisiologi Retina Mata (http://dewisitoresmi.blogspot.co.id/2013/01/anatomi-dan-fisiologi-retina-mata.html)


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@merahputih.id atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

loading...

No comments:

Post a Comment

close