7 Fungsi Pankreas

loading...

Pankreas adalah organ kelenjar pada sistem pencernaan dan sistem endokrin. Letak pankreas pada manusia berada di rongga perut di belakang lambung. Pankreas memproduksi beberapa hormon seperti insulin, glukagon, somatostatin, dan polipeptida pankreas yang disirkulasikan di dalam darah. Pankreas juga merupakan salah satu organ pencernaan dengan mensekresikan getah pankreas yang mengandung enzim pencernaan yang membantu pencernaan dan penyerapan nutrien di usus halus. Berikut adalah beberapa fungsi pankreas. Langsung saja kita simak yang pertama:

Fungsi pankreas

  1. Mengatur kekurangan kadar gula dalam darah dengan mensekresikan glukagon yang mempercepat pelepasan gula dari hati.
  2. Menjaga kadar gula dalam darah agar tidak berlebih dengan mensekresikan hormon insulin yang mempercepat aliran glukosa ke sel tubuh terutama otot dan merangsang hati mengubah glukosa menjadi glikogen dan disimpan di sel-sel hati.
  3. Menghasilkan enzim lipase untuk memecah lemak menjadi asam lemak.
  4. Menghasilkan kemotripsin dan tripsin untuk mencerna protein menjadi pepton/polipeptida.
  5. Menghasilkan enzim amilase untuk mengurai amilum menjadi glukosa.
  6. Menetralkan pH makanan yang akan masuk ke duodenum agar bersifat basa. Makanan yang terlalu asam dapat melukai usus dan enzim menjadi tidak berfungsi.
  7. Menghasilkan hormon somatostatin yang membuang penghambat hormon pertumbuhan, hormon stimulasi tiroid, dan hormon gastrointestinal.

Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)
loading...

No comments:

Post a Comment

close