2 Jenis Pernapasan pada Manusia

loading...

Pernapasan adalah proses memasukkan udara dari luar tubuh ke paru-paru kemudian dikeluarkan lagi ke luar tubuh. Setiap makhluk hidup melakukan respirasi atau pernapasan. Bernapas diperlukan untuk mengambil oksigen yang berguna bagi proses metabolisme serta membuang limbah metabolisme berupa uap air dan karbon dioksida. Proses pernapasan pada manusia terdiri dari dua jenis, yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Berikut adalah penjelasan jenis-jenis pernapasan pada manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Sistem Pernapasan pada Manusia (Artikel Lengkap)

1. Pernapasan DadaPernapasan dada


Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antar tulang rusuk. Ketika terjadi inspirasi (menghirup udara), otot antar tulang rusuk berkontraksi sehingga tulang rusuk dan tulang dada terangkat. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru menurun sehingga udara luar masuk ke dalam paru-paru melalui saluran pernapasan. Ketika terjadi ekspirasi (menghembuskan udara), otot antar tulang rusuk berelaksasi sehingga posisi tulang rusuk dan tulang dada kembali normal. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru meningkat sehingga udara dari dalam paru-paru keluar dari tubuh melalui saluran pernapasan.

2. Pernapasan Perut

Pernapasan perut

Pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Ketika terjadi inspirasi, otot diafragma berkontraksi sehingga dada menjadi terangkat dan membesar. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru menurun sehingga udara luar masuk ke dalam paru-paru. Ketika terjadi ekspirasi, otot diafragma berelaksasi sehingga posisi dada kembali normal. Akibatnya tekanan udara di dalam paru-paru meningkat sehingga udara di paru-paru keluar.


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)
loading...

No comments:

Post a Comment

close