3 Klasifikasi Kingdom Plantae

Kingdom plantae adalah kelompok klasifikasi makhluk hidup multiseluler dan sebagian besar merupakan eukariotik berfotosintesis. Umumnya disebut tumbuhan hijau, meskipun ada beberapa jenis alga yang termasuk ke dalam kingdom ini. Ciri utama kingdom plantae adalah pada sel-selnya terdapat dinding sel, multiseluler, berfotosintesis, autotrof, dan umumnya tidak dapat bergerak dengan bebas. Berikut adalah klasifikasi kingdom plantae. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Kingdom Plantae (Artikel Lengkap)
Klasifikasi kingdom plantae

Kingdom plantae terbagi menjadi tiga divisi yaitu bryophyta, pteridophyta, dan spermatophyta. Berikut adalah penjelasan ketiganya:

1. Bryophyta

Bryophyta adalah istilah yang merujuk kepada semua tumbuhan non vaskuler. Biasanya disebut lumut. Tumbuhan ini tidak memiliki organ sejati seperti akar, batang, dan daun. Meskipun demikian, tumbuhan ini memiliki beberapa jaringan terspesialisasi untuk transportasi air. Tumbuhan ini memiliki siklus hidup yang disebut gametofit. Cara bereproduksinya tidak melalui bunga atau biji, tetapi melalui spora. Tumbuhan ini hidup di tempat teduh dan lembab dengan cara menempel di tanah dengan bantuan rhizoid.

2. Pteridophyta

Pteridophyta adalah tumbuhan vaskuler (dengan xylem dan floem) yang bereproduksi melalui spora yang muncul dengan proses metagenesis. Tumbuhan dalam divisi ini sering disebut tumbuhan paku. Sama seperti lumut, tumbuhan paku tidak memproduksi bunga maupun biji. Tumbuhan ini hidup di daerah tropis di daratan dan beberapa jenis dapat hidup mengapung di air. Tumbuhan paku telah memiliki jaringan pengangkut dan organ sejati.

3. Spermatophyta

Spermatophyta terdiri dari tumbuhan yang memproduksi biji. Istilah lainnya adalah tumbuhan berbiji. Biji merupakan hasil pembuahan antara sel jantan dan sel betina di dalam bunga. Biji tersebut berisi embrio dan jika ditempatkan di tempat yang sesuai maka biji tersebut akan berkecambah dan menjadi tumbuhan baru. Terdapat dua subdivisi pada divisi ini, yaitu gymnospermae (berbiji terbuka) dan angiospermae (berbiji tertutup). Tumbuhan ini umumnya tumbuh di darat, namun ada beberapa jenis yang tumbuh di air seperti teratai.


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

loading...

No comments:

Post a Comment