10 Bagian-Bagian Sitoplasma dan Fungsinya

Sitoplasma adalah bagian dalam sel makhluk hidup yang terletak di antara membran sel dan inti sel. Sitoplasma berperan penting dalam biosintesis dan biogenetika pada sel. Sitoplasma terdiri dari dua bagian yaitu ektoplasma (bagian luar) dan endoplasma (bagian dalam). Berikut adalah bagian-bagian sitoplasma dan fungsinya. 10 bagian termasuk organel yang dipecah menjadi delapan bagian. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Sitoplasma (Artikel Lengkap)

Bagian-bagian sitoplasma sel hewan

Bagian-bagian sitoplasma sel tumbuhan1. Sitosol

Sitosol adalah bagian yang mengisi ruang antar organel dengan volume sekitar 50% dari volume sel. Sebagian besar sitosol terdiri dari air, ion, molekul, enzim, dan protein. Fungsi sitosol adalah untuk menjaga bentuk sel, melindungi organel dari benturan, dan menyimpan bahan kimia untuk kegiatan metabolisme.

2. Organel

Organel adalah satu dari beberapa struktur dengan fungsi khusus yang terapung-apung dalam sitoplasma. Organel merupakan “organ”-nya sel. Berikut adalah macam-macam organel:

  1. Mitokondria adalah organel membran terikat ganda yang ditemukan di semua organisme eukariotik, namun beberapa selnya ada yang tidak memiliki mitokondria (misalnya sel darah merah). Fungsi mitokondria adalah sebagai pusat respirasi sel, metabolisme asam lemak, penghasil energi, homeostasis kalsium, dll.
  2. Plastida adalah organel sel yang menghasilkan warna pada sel tumbuhan. Plastida terdiri dari leukoplas, kloroplas, dan kromoplas. Fungsi plastida adalah untuk melakukan fotosintesis, menyimpan pati, dan mensintesis asam lemak.
  3. Vakuola adalah organel yang berisi cairan dan dibatasi selaput tipis yang disebut tonoplas. Cairan pada vakuola mengandung enzim, lipid, alkaloid, garam mineral, asam, dan basa. Fungsi vakuola adalah untuk menyimpan zat makanan berupa sukrosa dan garam mineral, serta tempat menimbun sisa metabolisme.
  4. Ribosom adalah salah satu organel tidak bermembran yang terdapat pada semua jenis sel baik prokariotik maupun eukariotik. Fungsi ribosom adalah untuk melakukan sintesis protein, transkripsi, elogasi, translasi, inisiasi, elongasi, dan terminasi.
  5. Retikulum endoplasma (RE) adalah organel pada sel eukariotik yang membentuk jaringan kantung membran tertutup yang berbentuk seperti tabung. Terdapat dua jenis RE yaitu RE kasar dan RE halus. Pada RE kasar terdapat bintik-bintik ribosom. Fungsi retikulum endoplasma adalah sebagai tempat penyimpanan kalsium, modifikasi protein, sintesis lemak dan kolesterol, menetralkan racun, dan transportasi molekul.
  6. Badan golgi adalah organel yang berkaitan dengan fungsi ekskresi sel. Strukturnya berupa berkas kantung berbentuk cakram yang bercabang menjadi serangkaian pembuluh yang berukuran sangat kecil di ujungnya. Fungsi badan golgi adalah membentuk dinding sel tumbuhan dan sebagai tempat ekskresi sel.
  7. Lisosom adalah organel membran terikat yang ditemukan di hampir semua sel hewan. Lisosom berupa vesikel bulat yang mengandung enzim hidrolitik yang dapat memecah hampir semua jenis biomolekul.
  8. Sentriol adalah struktur sel berbentuk silinder yang terdiri dari protein yang disebut tubulin yang ditemukan di kebanyakan sel eukariotik. Fungsi sentriol adalah untuk membentuk kutub-kutub untuk pembelahan sel, proses mitosis, dan penyelesaian sitokinesis.

3. Inklusi

Inklusi adalah partikel kecil dari zat-zat larut yang ditahan di dalam sitosol. Zat tersebut terdiri dari substansi bersifat cair maupun padat yang merupakan hasil metabolisme sel. Contoh inklusi adalah amilum, karbohidrat, protein, lemak, tanin, dll. Kandungan zat inklusi berbeda-beda di tiap selnya.


Referensi:

  1. MAKALAH STRUKTUR DAN FUNGSI SITOSOL DAN SITOSKELETON (http://haninasalmah.blogspot.co.id/2016/03/v-behaviorurldefaultvmlo_30.html)
  2. Sitosol (https://sucirahmadanisafitri.wordpress.com/2012/03/26/sitosol/)
  3. Pengertian Mitokondria, Struktur, dan Fungsi Mitokondria (http://woocara.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-mitokondria-struktur-fungsi-mitokondria.html)
  4. STRUKTUR DAN FUNGSI PLASTIDA (http://unisetdc.blogspot.co.id/2012/08/struktur-dan-fungsi-plastida.html)
  5. Fungsi Plastida (http://nurhafifah1506.blogspot.co.id/2015/11/fungsi-plastida.html)
  6. Apa Sajakah Sebenarnya Fungsi Vakuola? (http://kampus-biologi.blogspot.co.id/2014/09/apa-sajakah-sebenarnya-fungsi-vakuola.html)
  7. Organel (http://biologyismine.blogspot.co.id/2010/09/organel.html)
  8. Materi Tentang Ribosom (http://ade12forest.blogspot.co.id/2013/07/materi-tentang-ribosom.html)

Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)
loading...

No comments:

Post a Comment