Vertigo

loading...

ilustrasi orang vertigo

Dihimbau untuk tidak terlalu lama melihat gambar ilustrasi orang vertigo di atas. Karena dapat menyebabkan mual dan pusing.

1. Pengertian Vertigo

Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut atau bisa berlanjut sampat beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Benign Paroxysmal Positional Vertigo merupakan penyakit yang sering ditemukan, dimana vertigo terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari 1 menit. Perubahan posisi kepala (biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang) biasanya memicu terjadinya episode vertigo ini. Penyakit ini tampaknya disebabkan oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanalis semisikularis di dalam telinga bagian dalam.

Vertigo jenis ini terasa mengerikan, tetapi tidak berbahaya dan biasanya menghilang dalam beberapa minggu atau bulan. Tidak disertai hilangnya pendengaran maupun telinga berdenging.

2. Penyebab Vertigo

Anda yang pernah mengalami vertigo mungkin sering bertanya-tanya, “Mengapa ya saya mengalami vertigo?” Tubuh merasakan posisi dan mengendalikan keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam. Organ ini memiliki saraf yang berhubungan dengan area tertentu di otak.

Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang tiba-tiba.

3. Penyebab Umum dari Vertigo

  1. Keadaan lingkungan/mabuk(mabuk darat, mabuk laut)
  2. Obat-obatan seperti alkohol dan gentamisin
  3. Kelainan sirkulasi
  4. Kelainan di telinga
  5. Kelainan neurologis
  6. Zat kimia (seperti timbal, merkuri, timah) dapat menyebabkan ototoksitas, yang mengakibatkan kerusakan pada telinga bagian dalam atau saraf kranial VIII dan menyebabkan vertigo
  7. Pada beberapa kasus, penyebab vertigo tidak diketahui

4. Gejala Vertigo

Gejala-gelaja vertigo dapat berupa:

  1. Pusing
  2. Kepala terasa ringan
  3. Rasa terapung, terayun
  4. Mual
  5. Keringat dingin
  6. Pucat
  7. Muntah
  8. Sempoyongan waktu berdiri atau berjalan Nistagmus

5. Bagaimana Mengatasi Vertigo?

Vertigo dapat diatasi dengan beberapa cara, bergantung pada penyebabnya.

Jika vertigo terjadi akibat penggunaan obat, maka kurangi dosisnya atau hentikan obat yang diduga sebagai penyebab munculnya vertigo. Pemilihan metode untuk mengatasi vertigo dapat anda konsultasikan dengan dokter anda. Berikut beberapa metode yang dapat anda coba dalam mengatasi vertigo yang mengganggu.

Terapi rehabilitasi vestibular merupakan terapi fisik untuk menyembuhkan vertigo. Tujuan terapi ini adalah untuk mengurangi pusing, meningkatkan keseimbangan, dan mencegah seseorang jatuh dengan mengembalikan fungsi sistem vestibular. Pasien melakukan latihan agar otak dapat menyesuaikan dan menggantikan penyebab vertigo. Keberhasilan terapi ini bergantung pada beberapa faktor pasien yang meliputi usia, fungsi kognitif (memori, kemampuan mengikuti petunjuk), kemampuan koordinasi dan gerak, dan kesehatan pasien secara keseluruhan (termasuk sistem saraf pusat), serta kekuatan fisik. Pasien yang datang ke dokter, akan menjalani beberapa latihan yang akan melatih keseimbangan dalam tingkat yang lebih tinggi, meliputi gerakan kepala, gerakan mata, dan berjalan.


Sumber:

  1. Brosur RSUP SANGLAH DENPASAR tentang Vertigo
loading...

2 comments:

close