8 Syarat-Syarat Menjadi Warga Negara Indonesia

Syarat-syarat menjadi warga negara IndonesiaBerdasarkan UU No. 12 Th. 2006 Pasal 8 yang berbunyi, “Kewarganegaraan Republik Indonesia dapat juga diperoleh melalui pewarganegaraan.”. Arti kata ‘pewarganegaaraan’ sendiri adalah ‘tata cara bagi orang asing untuk memperoleh kewarganegaraan suatu negara melalui suatu permohonan. Ini berarti, setiap orang berhak memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia. Namun, harus melalui berbagai persyaratan. Syarat-syarat menjadi warga negara Indonesia tercantum dalam UU No. 12 Th. 2006 Pasal 9 yang berbunyi:

Permohonan pewarganegaraan dapat diajukan oleh pemohon jika memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a. telah berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin;
b. pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima ) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut;
c. sehat jasmani dan rohani;
d. dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
e. tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 1 (satu) tahun atau lebih;
f. jika dengan memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia, tidak menjadi berkewarganegaraan ganda;
g. mempunyai pekerjaan dan/atau berpenghasilan tetap; dan
h. membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara.

Artikel spesial Dirgahayu Republik Indonesia Ke-67

94 comments:

  1. Tambah bagus aja ini blog, udah naik pagerank apa belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe Makasii :) udah, tapi baru PR 1 :D

      Delete
    2. Saya Mau Tanya apa harus tinggal di Indo untuk 5 thn. Sedangkan Saya Baru nikah 1 thn. Dan suami Saya Mau jadi WNI. Apa engga Ada cara lain?? Yang express gitu.. Thx

      Delete
  2. kalau tidak sehat jasmani dan rohani berarti bukan warga indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk itu adalah syarat menjadi WNI bukan ciri-ciri WNI :D

      Delete
  3. saya mau tanya boleh kn..kalau istri org indo sdngkan suami warga asing.
    Bgaimana suami menjadi wni sdgkn dy blum tinggal 5th.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dia sudah pernah tinggal di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut :)

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. Mau tanya kalau mau tinggal di Indonesia selama 5 thn ijin tinggal nya kayak apa ya,gak ngerti soalnya, Mohon infonya makasih.

      Delete
  4. Mantap Gan, jadi Ane bisa ngumpulin tugas dari Guru.
    Terima Kasih Gan . . .

    ReplyDelete
  5. selama 5 th berturut-turut tinggal di indonesia sebagai wna bagaimana caranya agar mendapat ktp sementara?kalau dengan cara memperpanjang visa setiap bulan bagi kami terlalu berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada KTP sementara. Anda harus menjadi Warga Negara Indonesia untuk mendapatkan KTP.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. Untuk Orang asing pemegang KITAS bisa diuruskan SKTT.. untuk orang asing pemegang KITAP.. bisa dibikin KTP dgn masa berlaku mengikuti masa berlaku KITAP..

      #GBLESS
      #smngt

      Delete
  6. di tempat saya ada orang asing (korea) dia menikahi penduduk lokal dan dia mempunyai ktp. yang saya ingin tanyakan, bagaimana caranya mengecek ke sahan bahwa dia sudah benar-benar wni. dokumen apa saja yg harus dia miliki. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup perlihatkan KTP nya. Jika dia telah memiliki KTP yang asli, berarti dia Warga Negara Indonesia.

      Delete
  7. Kira2 makan biaya berapa kalau untuk pindah menjadi wni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran kewarganegaraan Anak: Rp 1.000.000
      Pendaftaran Kewarganegaraan melalui Peryataan: Rp 500.000

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete

  8. Hai Hedi Sasrawan,jd selama 5 thun di indo kita harus extand visanya setiap bln apa ada cara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visa kan berlaku selama 5 tahun :)

      Delete
    2. sekedar tambahan info: tergantung visa apa yang dimiliki. salah satu syarat untuk mengajukan permohonan untuk menjadi wni bagi orang asing adl sebagai pemegang kitap yang berlaku 5 th. :)

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. Richard Aji Wibowo Jangan Nyepam dong...!
      Kamu bikin Iklan aja "Calo WNI" gitu lhoh...
      Malu dong sama dunia, calo kok go international...

      Delete
  9. terima kasih banyak hedi,atas infonya sangat2 berarti bt kmi sekeluarga.
    byr berapa untuk visa yg 5thn?
    dan sebaiknya apa sy memohon dlu untuk jd WNI klo dah proofs br lepaskan WNAnya apa gmn yg sebaiknya.terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  10. langkah pertama apa yg hrs km lakukan,katanya nggak bs klo trus minta visa yg 5thn,pkai kitas klo kitas brp thun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. Richard Aji Wibowo Jangan Nyepam dong...!
      Kamu bikin Iklan aja "Calo WNI" gitu lhoh...
      Malu dong sama dunia, calo kok go international...

      Delete
  11. kalo misalnya seorang penyandang disabilitas, sehingga dinyatakan tidak sehat secara jasmani. Menurut saudara, apakah dengan syarat tersebut UU telah melanggar HAM dari orang itu? terima kasih

    ReplyDelete
  12. Saya Wna Singapura sudah menikah secara terdaftar dan syariah bersama WNI. Saya sudah pegang Kitas selama 1 tahun tetapi sudah tinggal di Indonesia diluar Kitas berdasarkan APEC card selama 3 tahun keluar masuk setiap 2 bulan. Gimana pak perhitungan nya? Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Saya Wna Singapura sudah menikah secara terdaftar dan syariah bersama WNI. Saya sudah pegang Kitas selama 1 tahun tetapi sudah tinggal di Indonesia diluar Kitas berdasarkan APEC card selama 3 tahun keluar masuk setiap 2 bulan. Gimana pak perhitungan nya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  14. Saya ingin menikah dgn se orang BangladeshI dan dia ingin menjadi WNI, bagaimana dan syarat apa yang harus kami persiapkan

    ReplyDelete
  15. Thx... For you Information :)

    ReplyDelete
  16. di kantor mana untuk melakukan pengurusan WNI

    ReplyDelete
  17. bagaimana dengan tetangga saya yang baru pindah ke komplek rumah saya baru 4 bulan tapi sudah ada ktp komplek sini ?

    ReplyDelete
  18. Istri saya udah tinggal 10 th,tapi masih belum punya Kitap,masalahnya waktu Kitas habis exit keluar terus masuk lagi ke Indonesia.kira-kira bisa nggak ajukan WNI?
    estimasi biaya berapa ya? kalau ngurus Kitap berapa biayanya ya,,,,Trimakasih infonya semoga barokah

    ReplyDelete
  19. semua kan pasti ada pengaruhnya,, terus apah pengaruhnya terhadap indonesia ?

    ReplyDelete
  20. Teman dekat saya ingin tinggal di indonesia untuk membuka usaha toko bersama saya. Bagaimana caranya apa saya bisa mensponsorinya.Karena dia tidak tahu cara mendapatkan sponsor a company karena dia masih dinegaranya.Dia ingin tinggal di Indonesia mohon masukannya mas Hadi.

    ReplyDelete
  21. Teman dekat saya orang asing ingin tinggal di indonesia dan membuka usaha toko kue dengan saya. Apa saya bisa mensponsori sebagai pribadi..mohon masukanya mad Hedi ditunggu.tks.

    ReplyDelete
  22. Apa persyaratan pindah warga negara ikut suami

    ReplyDelete
  23. Apa persyaratan pindah warga negara ikut suami

    ReplyDelete
  24. sehat jasmani dan rohani tuh gimana maksdunya? apa yang cacat dan penyakitan tidak bisa masuk jadi wni?

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Thanks gan
    Udah membantu ni dalam memgerjakan pr :D

    ReplyDelete
  27. Terima kasih gan blog yg berguna membantu mengerjakan pr

    ReplyDelete
  28. Tidak segampang itu mnjdi wni. Syarat emang gmpng sekali di ikuti. Tp bgitu mau apply utk jd wni. Wow.... pejabat lngsung matanya ijo liat bule yg apply jd wni, sogokan tentunya biar lncar. Ga mau nyogok? Siap2 di pingpong sampe puyeng. Udah nikah d bkin susah, di persulit utk dpt dokumen. Lalu ap untungny jd wni? Ga ad sm sekali. Akhirny sayalah yg hrs ikut suami hdup enak di negeri paman sam tanpa ada kesulitan soal visa dll.

    ReplyDelete
  29. Makasi jadi bisa jawab pertanyaan geografi

    ReplyDelete
  30. yg di maksud dengan tinggal 5 thn berturut artinya tidak boleh keluar dari indonesia selama 5 thn walau utk perjalanan dinas keluar negeri?

    ReplyDelete
  31. Kalo gak tinggal d indonesia gimana?? Dan bahsa indonesia nya kurang lancar tapi mau jadi wni??

    Bisa d bantu gak..

    ReplyDelete
  32. Mau nanya saya ada teman sebelumnya wni sejak kecil diajak ortu di belanda , dannsaat.ini.mau balik ke wni bahasa indonesia lancar apa sama persyaratannya,

    ReplyDelete
  33. Saya mau jadi WNI di indonesia..tapi saya tidak tau caranya,,saya susah 4 thn tinggal di indonesia bersama keluarga sayaa..gimana caranyaa ya hedi??

    ReplyDelete
  34. Saya mau nanya boleh khan,,,
    Saya sekarang ini mau nikah sama orang myanmar trus dia mau tinggal menetap di indonesia, tapi Gimana Caranya ya Hedi?tolong kasih info ya,,,

    ReplyDelete
  35. Contohnya sebutin dong gan

    ReplyDelete
  36. Terima kasih kak, sangat membantu skali penjelasanya

    ReplyDelete
  37. pak numpang nanya nih, teman saya dulu WNI tapi sudah menjadi warga taiwan, nah sekarang dia mau pindah jadi WNI lagi dan sebelumnya dia sudah bikin KTP tapi belum ada paspor indonesia,apakah bisa pulang pakai paspor taiwan?....itu bagaimana ya prosedurnya biar bisa jadi WNI lagi? terimakasih banyak atas infonya

    ReplyDelete
  38. haruka setahun lagi jadi bisa jadi WNI tuh hahaha, tapi sayangnya belom nikah :v

    ReplyDelete
  39. saya mau tanya. kalau wna yg sudah lama menetap di indo dan pindah jadi wni, bagaimana status istri dan anaknya yang wna? apakah secara otomatis anak dan istri wna juga harus ikut jadi wni? bisakah hanya suami saja yg menjadi wni, sementara anak dan istri tetap berkewarganegaraan asing? jikalau bisa hanya salah satu pasangan yg jadi wni, bagaimana dengan status kepemilikan harta yang dimiliki suami istri tersebut di hukum indo? sbg info tambahan anak dan istri juga menetap di indo dengan identitas KITAS.

    ReplyDelete
  40. saya maw nanyak, klo saya menikah dgan org asing dan dia ingin menjadi WNI , trus persyratanx apasaja? dan butuh biaya berapa ? mohon infox

    ReplyDelete
  41. brati anak kecil bukan wni.
    ini mungkin maksutnya syarat bikin ktp

    ReplyDelete
  42. Mau tanya... apakah 8 syarat itu d penuhi atau cuma 1 aja?

    ReplyDelete
  43. berarti syarat jadi wni sama dengan syarat naturalisasi biasa ya??

    ReplyDelete
  44. Asalamualaikum ...saya mau tanya gimana caranya dan harus pergi kemana kalau mau jdi WNI dan biyayanya kira2 berapa .mohon bantu jwb .soalnya pacar saya mau nikahin saya di indo dan sekalian dia mau jdi WNI dia dari negara pilipinas mohon penjelasan nya

    ReplyDelete
  45. Asalamualaikum saya mau tanya gimana caranya menjadi WNI.dan persaratan nya apa aja .terus kita harus melapor kemana soalnya suwami saya mau jdi WNI tolong bantu saya untuk penjelasannya dan butuh biyaya berapa kira2 sampi jdi WNI .mohon penjelasannya .terimakasih

    ReplyDelete
  46. Saya mahu tanya cara2 bagaimana orang singapore tukar menjadi penduduk tetap WNI dan saya punya istri dan serta 4 anak, boleh jelaskan cara2 nya kerna sya pingin tinggal bersama mereka setiap masa dan ingin membuka niaga disana hasil saya dari uang tambungan perkeejaa setiap tahun dan saya berkerja selama 30 tahun di Singapore ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam kasus ini semua harus di slidiki....
      Pertama
      Dari tukang,, apakah sudah benar benar kuat saat membaut... takunya banyak baut yg doll tapi tidak di ganti....

      Kedua sang aplikator harus di tanya pembuatan desain gambar kuda kuda dan jarak kuda kuda sudah standar apa belum.... apakah ada yg di kurangi dari segi matrialnya untuk mencari keuntungan... apakah jarak kuda2 sudah sesuai standar beban genteng tanah...

      Smoga ada yg di tangkap polisi untuk mempertanggung jawabkan kesalahan ini....

      Delete
  47. Bloger yang bagus! begitu mudahnya persyaratannya jadi WNI,Peluang besar untuk menjajah indonesia.

    ReplyDelete
  48. Bisa minta contact person ? Karna ada hal yg ingin saya tanyakan secara pribadi.
    Thanks

    ReplyDelete
  49. Lumayan bisa tuntas pr tepat waktu.
    Thanks Bro!

    ReplyDelete
  50. mau tanya nih kalok tertera sehat jasmani rohani apakah penyandang difabel tidak diperkenankan menjadi wni ?

    ReplyDelete
  51. Mau tanya.... ini seumpama....
    Saya WNI mau pindah jadi WNA dengan alasan ingin bekerja... setelah sekian tahun(5thn) saya ingin menjadi WNI lagi... apakah saya bisa menjadi WNI lagi

    ReplyDelete
  52. Mau tanya....bagaimana klo seorg pengungsi dari afganistan yg sudah 4th 7 bln tinggal di indonesia. Dia pengen kerja disini tp pemerintah tdk mengijinkan pengungsi untuk bekerja disini. Dan dia jg mau pindah negara jg tidak bs. dia kan manusia yg butuh makan, pekerjaan dan sex jg. Mau menikah jg tidak diijinkan. Apa ini adil untuk dia. MOhon penjelasannya untuk kelangsungan hidup dia, apa yg hrs dia lakukan ? 4th 7 bln bkn wkt yg singkat.

    ReplyDelete
  53. Saya mau menikah dengan orang pakistan , tapi dia belum sama sekali tinggal di indonesia dan belum bisa bahasa indonesia , mohon bantuannya . Terimakasih

    ReplyDelete
  54. Sya tinggal di Indonesia Udh Lebih 10 thn tetapi urusannya ribet tidak ada yg benar. Uu itu cuma untuk dibaca aja Tapi tdk berguna...

    ReplyDelete
  55. Pak saya kurang setahun di Indonesia selamat 9 th guna kitas Bissau Banta jadi wni. Asal tempat lahir Indonesia

    ReplyDelete
  56. Suami saya sudah lebih 5 tahun di bali ,2 mingu kerja di negaranya 1 mingu di bali tapi dia hanya bisa sedikit bahasa indonesia ,apakah sudah bisa bikin kita

    ReplyDelete
  57. Suami saya orang singapore apa bisa pindah menjadi warga negara indonesia?

    ReplyDelete
  58. Singkat cerita aja yah, ketemu di app waplog, dia warga negara lebanon(beirut) dia janda anak 3, karna di negara nya lagi genjatan senjata dia mau kabur ke Indonesia, ngajak nikah, jadi gimana tuh min, gua sendiri bingung haha, thx

    ReplyDelete
  59. Saya mau tanya cara bagaimna klo 5 thn tak boleh balik negara asal, pakai visa atau apa ya

    ReplyDelete