Syarat-Syarat Menjadi Warga Negara Indonesia

Syarat-syarat menjadi warga negara IndonesiaBerdasarkan UU No. 12 Th. 2006 Pasal 8 yang berbunyi, “Kewarganegaraan Republik Indonesia dapat juga diperoleh melalui pewarganegaraan.”. Arti kata ‘pewarganegaaraan’ sendiri adalah ‘tata cara bagi orang asing untuk memperoleh kewarganegaraan suatu negara melalui suatu permohonan. Ini berarti, setiap orang berhak memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia. Namun, harus melalui berbagai persyaratan. Syarat-syarat menjadi warga negara Indonesia tercantum dalam UU No. 12 Th. 2006 Pasal 9 yang berbunyi:


Permohonan pewarganegaraan dapat diajukan oleh pemohon jika memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a. telah berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin;

b. pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima ) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut;

c. sehat jasmani dan rohani;

d. dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

e. tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 1 (satu) tahun atau lebih;

f. jika dengan memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia, tidak menjadi berkewarganegaraan ganda;

g. mempunyai pekerjaan dan/atau berpenghasilan tetap; dan

h. membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara.


Artikel spesial Dirgahayu Republik Indonesia Ke-67

41 comments:

  1. Tambah bagus aja ini blog, udah naik pagerank apa belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe Makasii :) udah, tapi baru PR 1 :D

      Delete
  2. kalau tidak sehat jasmani dan rohani berarti bukan warga indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk itu adalah syarat menjadi WNI bukan ciri-ciri WNI :D

      Delete
  3. saya mau tanya boleh kn..kalau istri org indo sdngkan suami warga asing.
    Bgaimana suami menjadi wni sdgkn dy blum tinggal 5th.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dia sudah pernah tinggal di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut :)

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  4. Mantap Gan, jadi Ane bisa ngumpulin tugas dari Guru.
    Terima Kasih Gan . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samasama.. Senang bisa membantu Anda :)

      Delete
  5. selama 5 th berturut-turut tinggal di indonesia sebagai wna bagaimana caranya agar mendapat ktp sementara?kalau dengan cara memperpanjang visa setiap bulan bagi kami terlalu berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada KTP sementara. Anda harus menjadi Warga Negara Indonesia untuk mendapatkan KTP.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  6. di tempat saya ada orang asing (korea) dia menikahi penduduk lokal dan dia mempunyai ktp. yang saya ingin tanyakan, bagaimana caranya mengecek ke sahan bahwa dia sudah benar-benar wni. dokumen apa saja yg harus dia miliki. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup perlihatkan KTP nya. Jika dia telah memiliki KTP yang asli, berarti dia Warga Negara Indonesia.

      Delete
  7. Kira2 makan biaya berapa kalau untuk pindah menjadi wni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran kewarganegaraan Anak: Rp 1.000.000
      Pendaftaran Kewarganegaraan melalui Peryataan: Rp 500.000

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete

  8. Hai Hedi Sasrawan,jd selama 5 thun di indo kita harus extand visanya setiap bln apa ada cara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visa kan berlaku selama 5 tahun :)

      Delete
    2. sekedar tambahan info: tergantung visa apa yang dimiliki. salah satu syarat untuk mengajukan permohonan untuk menjadi wni bagi orang asing adl sebagai pemegang kitap yang berlaku 5 th. :)

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    4. Richard Aji Wibowo Jangan Nyepam dong...!
      Kamu bikin Iklan aja "Calo WNI" gitu lhoh...
      Malu dong sama dunia, calo kok go international...

      Delete
  9. terima kasih banyak hedi,atas infonya sangat2 berarti bt kmi sekeluarga.
    byr berapa untuk visa yg 5thn?
    dan sebaiknya apa sy memohon dlu untuk jd WNI klo dah proofs br lepaskan WNAnya apa gmn yg sebaiknya.terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  10. langkah pertama apa yg hrs km lakukan,katanya nggak bs klo trus minta visa yg 5thn,pkai kitas klo kitas brp thun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. Richard Aji Wibowo Jangan Nyepam dong...!
      Kamu bikin Iklan aja "Calo WNI" gitu lhoh...
      Malu dong sama dunia, calo kok go international...

      Delete
  11. kalo misalnya seorang penyandang disabilitas, sehingga dinyatakan tidak sehat secara jasmani. Menurut saudara, apakah dengan syarat tersebut UU telah melanggar HAM dari orang itu? terima kasih

    ReplyDelete
  12. Saya Wna Singapura sudah menikah secara terdaftar dan syariah bersama WNI. Saya sudah pegang Kitas selama 1 tahun tetapi sudah tinggal di Indonesia diluar Kitas berdasarkan APEC card selama 3 tahun keluar masuk setiap 2 bulan. Gimana pak perhitungan nya? Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Saya Wna Singapura sudah menikah secara terdaftar dan syariah bersama WNI. Saya sudah pegang Kitas selama 1 tahun tetapi sudah tinggal di Indonesia diluar Kitas berdasarkan APEC card selama 3 tahun keluar masuk setiap 2 bulan. Gimana pak perhitungan nya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  14. Saya ingin menikah dgn se orang BangladeshI dan dia ingin menjadi WNI, bagaimana dan syarat apa yang harus kami persiapkan

    ReplyDelete
  15. Thx... For you Information :)

    ReplyDelete
  16. di kantor mana untuk melakukan pengurusan WNI

    ReplyDelete