Ciri-Ciri Pinjaman Uang Online Terpercaya


Semakin banyak aktifitas masa kini yang dilakuakan secara online. Yang sering dilakukan adalah belanja, order jasa trasportasi dan memesan tiket pesawat yang semua dapat dilakukan saat online. Selain itu, kemudahan untuk menikmati fasilitas keuangan juga Anda bisa dapatkan melalui online, salah satu keuntungan yang popular adalah pinjaman uang online.

Berbeda dengan jaman dulu saat ingin meminjam uang harus ke bank atau perusahaan multifinance. Sekarang, pengajuan pinjaman dapat dilakukan lewat smartphone. Selain lebih mudah, mengajukan pinjaman daung online pastinya lebih efisien, karena waktu yang tidak banyak terbuang hanya dengan mengurus pengajuan pinjaman.

Tetapi, di balik kemudahannya, Anda juga perlu tau dan waspada dengan bebrapa hal lainnya. Apalagi pinjamam asal uang dari pinjaman online tidak selamanya dari bank! 
Sekarang, banyak yang menyediakan pinjaman uang online yang bermunculan yang bisa juga disebut perusahaan financial technology (fintech). Karena jumlah yang banyak inilah mengapa Anda harus waspada dan selektif sebelum Anda mengajukan pinjaman. 
Terdapat beberapa ciri yang menentukan terpercayanya pinjaman online. Berikut ciri-ciri pinjaman online yang terpercaya. 
Pinjaman online yang terdaftar OJK
Ini merupakan poin yang paling penting yang harusnya Anda cek terdahulu. Salah satu ciri penyedia pinjaman online yang terpercaya dapat dicek di Otoritas Jasa Keuangan(OJK), dan pastikan juga sudah terdaftar dan terawasi oleh OJK.
karena semua fintech melaksanakan kegiatannya dalam bagian keuangan, maka OJK bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan. OJK akan memberi informasi yang jelas kepada masyarakat tentang perusahaan-perusahaan yang terdaftar di OJK.

Tentunya perusahaan yang sudah terdaftar di OJK sudah dianggapp sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan tidak mungkin merugikan. Dan OJK akan menindak perusahaan yang dapat memberi masalah. 
Mendapat review positif

Selain menginstall aplikasi, pengguna aplikasi juga dapat memberi review sebagai bentuk pengalaman dan kesan mereka saat menggunakan layanan pinjaman, dan tentunya, penyedia pinjuaman uang online terpercaya bakal memberi testimoni yang bagus.
Melainkan dengan penyedia pinjaman yang tidak dapat dipercaya, dimana penggunanya bakal memberi penyedia aplikasi tersebut dengan keluhan dan komplain mereka yang akhirnya mengkategorikan terpercaya atau tidaknya sebuah pinjaman online.

Selain review dan testimoni para pengguna, Anda juga dapat mencari tau penyedia pinjaman uang online terpercaya atau tidak dari banyaknya bintang yang diberikan pada Play Store. Jika aplikasi dihujani bintang yang banyak, berarti aplikasi tersebut dapat dipercaya.    
Memberi bunga yang wajar

Dalam pemberian bunga dalam pinjaman uang online oleh fintech sebenarnya masih belum jelas. OJK juga mengaku bahwa urusan pengaturan bunga tidak termasuk kewajibannya.
Lalu bagaimana membedakan bunga pinjaman yang wajar dengan yang tidak? Tidak susah. Anda tinggal membandingkan bunga-bunga pinjaman yang ditawarkan. Jika tetap ada penyedia pinjaman yang memberi bunga yang sangat tinggi dibandingkan yang lain, maka lebih baik untuk tidak meminjam di perusahaan tersebut.

Jangan sampai Anda memasuki perangkap rentenir online, dimana Anda hanya menikmati meminjam uang di awal, tetapi setelah kredit berjalan, perlahan-lahan akan merasa dikejar bunga yang diberikan.
Bunga yang dikenakan pun tidak sama, ada yang mengenakan bunga 1 persen per hari, dengan total sebulan menjadi 30 persen. Ada juga yang sampai mengenakan bunga 1 persen untuk 12 jam! Oleh karena itu, disarankan untuk lebih selektif dari sekian banyak pinjaman online yang ada, dan jangan sampai Anda dirugikan karena bunga yang besar.

Berikut adalah ciri-ciri pinjaman online yang terpercaya agar Anda dapat meminjam dengan gampang dan aman. Credy merupakan salah satu pinjaman online yang terpercaya, dan akan segera melayani masyarakat Indonesia. Agar dapat mengintip website credy, pastikan Anda menggunakan VPN terlebih dahulu.
(*Adv)

1 comment: