30 Contoh Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder tidak mendesak untuk dipenuhi dan tidak mengancam keberlangsungan hidup manusia apabila tidak memenuhinya. Namun, kebutuhan sekunder seringkali dibutuhkan untuk membantu memudahkan hidup manusia. Berikut adalah beberapa contoh kebutuhan sekunder. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Kebutuhan dan Kelangkaan Sumber Daya (Materi Lengkap)

Contoh kebutuhan sekunder

  1. Televisi
  2. Ponsel. Meskipun sudah dianggap sebagai kebutuhan primer manusia modern, namun hidup manusia tidak akan terancam jika tanpa ponsel.
  3. Jam Tangan
  4. Komputer dan laptop
  5. Radio
  6. Kendaraan. Manusia masih bisa berjalan kaki untuk menuju suatu tempat. Bahkan kendaraan bisa dikatakan kebutuhan tersier. Namun karena di Indonesia tidak ada alternatif lain selain kendaraan pribadi, kendaraan pribadi masih menjadi kebutuhan sekunder.
  7. Lemari
  8. Lemari es
  9. Pariwisata
  10. Pendidikan. Meskipun dikatakan pendidikan adalah sangat penting dan mempengaruhi kemampuan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup, pendidikan tetap tidak mengancam keberlangsungan hidup manusia secara langsung.
  11. Surat Kabar
  12. Buku
  13. Majalah
  14. Olahraga. Meskipun dikatakan olahraga baik bagi kesehatan dan jika tidak melakukannya maka dapat menimbulkan penyakit, olahraga tetap termasuk kebutuhan sekunder karena tidak secara langsung mengancam keberlangsungan hidup manusia.
  15. Peralatan memasak. Meskipun digunakan untuk mengolah pangan, tetapi hal itu tidak terlalu mendesak karena masih banyak alternatif lain.
  16. Internet. Sama seperti ponsel, kehidupan manusia tidak akan terancam tanpanya.
  17. Kamera
  18. Konsol permainan (Baca juga: 18 Contoh Kebutuhan Primer (Beserta Foto))
  19. Tablet PC
  20. Kipas angin
  21. Mesin cuci
  22. Lampu
  23. Sepatu dan alas kaki. Meskipun termasuk sandang, manusia masih dapat bertahan hidup tanpa alas kaki dan auratnya dapat dikatakan tertutup.
  24. Tempat tidur.
  25. Aksesoris tubuh, seperti gelang, cincin, kalung, dll.
  26. Camilan. Meskipun termasuk makanan, manusia tidak dapat bertahan hidup hanya dengan memakan camilan.
  27. AC
  28. Oven
  29. Printer
  30. Kompor gas

No comments:

Post a Comment

close