Lensa Bagus atau Kamera Bagus yang Diutamakan?

Ini pertanyaan yang sering ditanyakan, terutama oleh pemula. Apa lebih baik membeli lensa L dulu atau Canon 5D / 1D dulu? Karena keduanya sangat bagus untuk dimiliki. Namun karena budget terbatas, terpaksa kita memilih salah satu yang terbaik dan mengorbankan yang lain untuk sementara waktu. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari. Berikut adalah penjelasannya.

Lensa Bagus atau Kamera Bagus yang Diutamakan?


Berbagai sumber (salah satunya video ini) mengatakan bahwa jauh lebih baik berinvestasi pada lensa yang bagus ketimbang membeli kamera bagus. Karena bodi kamera adalah benda elektronik yang sama seperti elektronik lain: tidak terlalu awet dan selalu diperbarui oleh vendor. Setiap tahun, ada saja bodi kamera keluaran baru dengan fitur dan peningkatan yang menarik. Sama halnya dengan ponsel, bodi kamera tidak habis untuk diikuti. Sedangkan lensa, meskipun ada versi baru, perubahannya tidak terlalu signifikan. Serta jika dirawat dengan baik, lensa akan tetap awet. Harga jual lensa bekas juga lebih tinggi dibandingkan bodi kamera.

Untuk pemula yang memiliki dana banyak, lebih baik membeli kamera full frame termurah serta membeli beberapa jenis lensa termurah dahulu. Sehingga kamu bisa mencoba beberapa jenis lensa. Jika kamu sudah menemukan passion terhadap jenis fotografi yang hanya memerlukan satu jenis lensa, kamu bisa menjual semua lensa lain. Atau bahkan kamu mulai bisa membeli beberapa lensa premium (misalnya lensa L untuk Canon, Zeiss, dll) yang sesuai dengan aliran fotografi kamu. Sedangkan bodi kamera sebaiknya tidak diganti sampai rusak atau ketika kamu memang benar-benar membutuhkan fitur kamera yang lebih mahal (misalnya continuous shooting yang lebih tinggi atau titik autofokus yang lebih banyak). Ketika harus mengganti bodi kamera, barulah kamu mencari kamera tertinggi yang sesuai dengan kebutuhan dan dana kamu.

Baca juga: Setiap Fotografer Punya Karakter Masing-Masing

Sedangkan untuk pemula yang memiliki dana terbatas, DSLR termurah dengan lensa kit dan lensa fix 50mm f/1,8 sudah sangat cukup untuk fotografi segala kondisi. Lensa kit untuk segala kondisi, sedangkan lensa fix untuk potrait photography atau di situasi sedikit cahaya agar menghasilkan efek bokeh maksimal. Jika misalnya kamu memilih Canon EOS 1300d atau Nikon d3300 dengan lensa kit dan lensa fix, budget yang dikeluarkan sekitar Rp 8 juta.

Untuk profesional, berapapun kemampuan dananya, tentu saja kalian sudah paham mengenai lensa dan kamera apa yang kalian butuhkan. Jadi, ikuti saja kebutuhan dan kemampuan danamu.

Ada satu hal yang perlu diingat bahkan dunia fotografi tidak hanya soal bodi kamera dan lensa. Karena ada beberapa aksesoris pendukung lain seperti flash eksternal, tripod, monopod, filter lensa, dan lain sebagainya. Jadi, sebaiknya jangan hanya menghabiskan budget untuk membeli lensa dan bodi kamera.


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

No comments:

Post a Comment

close