5 Arti Pentingnya Hubungan Internasional Bagi Suatu Negara (Artikel Lengkap)

loading...

Hubungan internasional (HI) adalah bidang politik yang mencakup entitas politik seperti negara, organisasi antar pemerintah, LSM internasional, organisasi non-pemerintah, dan perusahaan multinasional serta sistem dunia yang dihasilkan oleh interaksi tersebut. Hubungan internasional adalah bidang akademik dan bidang kebijakan publik karena menganalisis dan merumuskan kebijakan luar negeri suatu negara. Berikut adalah penjelasan arti penting hubungan internasional bagi suatu negara. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 5 Alasan Melakukan Hubungan Internasional

Arti penting hubungan internasional

  1. Di masa kini, tidak hanya manusia yang tidak mampu berdiri dan hidup sendiri, sebuah negara, organisasi, atau perusahaan internasional pun tidak bisa berdiri sendiri, sehingga harus mengandalkan bantuan atau peran serta dari negara, organisasi, atau perusahaan internasional lain. Hal itu disebabkan karena sumber daya alam dan perkembangan ekonomi yang tidak merata di setiap negara. Dengan adanya hubungan internasional, pencapaian tujuan negara akan lebih mudah dilakukan serta perdamaian dunia lebih mudah diwujudkan.
  2. Perdamaian dunia dapat diwujudkan bila setiap negara saling berhubungan satu sama lain. Jika tidak ada hubungan internasional, setiap negara bisa saja menggunakan ego nya masing-masing demi kepentingan negaranya. Hal itu seringkali berakhir dengan peperangan yang sangat merugikan.
  3. Hubungan internasional juga dapat mencegah dan menyelesaikan konflik atau persengketaan antar negara yang dapat mengancam perdamaian dunia. Perselisihan pasti akan terjadi sebagai akibat adanya perbedaan kepentingan masing-masing negara. Hubungan internasional mengutamakan jalan diplomasi ketimbang jalan perang militer, sehingga konflik dapat diselesaikan dengan damai dan adil.
  4. Hubungan internasional dapat membangun solidaritas dan sikap saling menghormati antarbangsa. Dengan adanya solidaritas, negara-negara dunia dapat bersatu untuk membantu negara-negara yang sedang mengalami kesulitan secara ekonomi maupun karena konflik. Sedangkan sikap saling menghormati penting agar negara-negara yang kuat secara ekonomi, politik, militer tidak menganggap remeh negara yang “lebih lemah” sehingga kedudukan setiap negara setara.
  5. Menjamin kelangsungan hidup, keberadaan, dan kehadiran suatu bangsa di tengah bangsa-bangsa lain. Salah satu syarat adanya suatu negara adalah secara de jure yaitu pengakuan dari negara lain. Dengan adanya pengakuan dari negara lain, maka keberadaannya diakui dan keberlangsungan hidup negara tersebut lebih terjamin. Hal ini bisa diwujudkan dengan hubungan internasional yang baik.
  6. Hubungan internasional dapat membantu menjelaskan dan menegakkan kedaulatan dan batas wilayah suatu negara. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengakuan secara de jure merupakan salah satu syarat mutlak berdirinya suatu negara yang berdaulat. Dengan adanya pengakuan, negara tetangga tidak bisa mengklaim wilayah negara tersebut. Jika ada sengketa berkaitan dengan batas wilayah, bisa dibawa ke Mahkamah Internasional sehingga dapat diselesaikan tanpa peperangan. Dengan hubungan internasional, negara-negara di dunia dapat menyepakati batas teritorial laut dan Zona Ekonomi Eksklusif masing-masing negara.


Referensi:
  1. Pentingnya hubungan internasional bagi Suatu Negara (http://fadjrin-yahya.blogspot.co.id/2012/05/pentingnya-hubungan-internasional-bagi.html)
  2. Pentingnya Hubungan Internasional bagi Suatu Negara (http://bikelase.blogspot.co.id/2014/11/pentingnya-hubungan-internasional-bagi.html)


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

loading...

No comments:

Post a Comment

close