7 Fungsi Manajemen (Artikel Lengkap)

loading...

Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Fungsi manajemen mencakup elemen-elemen yang melekat dalam kegiatan manajemen yang dijadikan sebagai suatu acuan oleh seorang manajer pada waktu melaksanakan suatu kegiatan guna mencapai suatu tujuan tertentu. Manajer memastikan semuanya berjalan lancar sesuai tujuan. Berikut adalah fungsi-fungsi manajemen. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Proses Manajemen (Artikel Lengkap)
Fungsi Manajemen

1. Merencanakan

Manajer merencanakan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan. Perencanaan tersebut meliputi apa yang harus dilakukan dan berapa anggarannya. Perencanaan juga termasuk agenda, upaya, dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Tujuan juga ditentukan saat pertama kali melakukan perencanaan. Hasilnya berupa rencana, baik rencana jangka panjang maupun jangka pendek.

2. Mengorganisasikan

Manajer mengorganisasikan suatu perencanaan. Setelah perencanaan selesai dirancang, manajer akan menentukan siapa-siapa saja yang melakukan kewajiban tertentu dan ditempatkan di posisi tertentu. Hasil dari proses pengorganisasian adalah kelompok atau organisasi dengan masing-masing tugasnya. Manajer juga harus mampu mencegah terjadinya kekosongan dalam suatu posisi sehingga perencanaan tidak dapat berjalan dengan baik. Selain itu, pengaturan sumber daya selain manusia juga diatur dalam fungsi ini.

3. Mengarahkan

Manajer mengarahkan seluruh bawahannya untuk dapat menjalankan tugasnya masing-masing sesuai perencanaan. Manajer harus mampu memotivasi dan mengarahkan supaya hasil pekerjaan mereka berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

4. Menkoordinasi

Manajer mengendalikan atau menkoordinasi bawahannya supaya proses berjalan sesuai rencana. Manajer juga memandu bawahannya supaya bekerja sesuai rencana dan membuat mereka saling bekerjasama. Selain itu, manajer juga berperan mencegah perselisihan antar bawahan.

5. Mengawasi

Manajer mengawasi seluruh proses organisasi dan memastikan semuanya berjalan dengan baik. Manajer senantiasa memeriksa dan mengoreksi setiap hasil pekerjaan supaya sesuai dengan rencana. Hal ini bertujuan untuk menghindari hambatan-hambatan dalam mencapai tujuan. Manajer juga harus mampu mencari solusi alternatif bila salah satu perencanaan sebelumnya tidak bisa berjalan dengan lancar.

(Tambahan)

6. Mengevaluasi

Hasil akhir juga harus dievaluasi untuk menilai seberapa dekat hasil pekerjaan dengan tujuan, atau bahkan melampaui tujuan. Sehingga manajer dapat melakukan evaluasi supaya perencanaan selanjutnya bisa lebih baik lagi.

7. Hubungan Dengan Pihak Eksternal

Biasanya, pihak luar ketika ingin menemui suatu organisasi atau perusahaan, mereka akan bertemu dengan pihak manajemen terlebih dahulu. Terutama pertemuan yang menyangkut perusahaan atau organisasi secara keseluruhan. Hal ini karena manajer yang paling banyak mengetahui seluk beluk organisasi atau perusahaan.


Referensi:

  1. Ini 4 Fungsi Manajemen dan Pembahasannya (http://nichonotes.blogspot.sg/2015/02/fungsi-manajemen.html)
  2. 4 Fungsi Utama dalam Manajemen (http://kiteklik.blogspot.sg/2010/11/4-fungsi-utama-dalam-manajemen.html)
  3. Fungsi Manajemen (http://seputarpendidikan003.blogspot.co.id/2015/04/fungsi-manajemen.html)
  4. Fungsi Fungsi Manajemen (https://vickyindiarto.wordpress.com/2010/10/10/fungsi-fungsi-manajemen/)


Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

loading...

No comments:

Post a Comment